Jenis Jenis Ikan Arwana dan Julukannya

4 min read

Jenis Jenis Ikan Arwana dan Julukannya

Jenis Jenis Arwana dan Julukannya – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Jenis Arwana dan Julukannya. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Jenis Jenis Ikan Arwana dan Julukannya


Arwana ialah ikan bertulang air tawar dari keluarga Osteoglossidae, pula dikenal bagaikan ikan lidah bertulang( nama terakhir dikala ini sering digunakan buat Arapaimidae).

Pada famili ikan ini, kepalanya bertulang dan tubuh yang memanjang ditutupi sisik- sisik yang besar dan berat, dengan pola kanal yang mozaik.

Sirip punggung dan sirip dubur memiliki sinar yang lembut dan dasar yang panjang, kebalikannya sirip dada dan perut berukuran kecil.

Nama“ bonytongues” berasal dari tulang bergigi di dasar mulut,“ lidah”, dilengkapi dengan gigi yang menggigit gigi di atap mulut.

Arwana yakni penghirup hawa fakultatif dan dapat memperoleh oksigen dari hawa dengan menghisapnya ke dalam kantung renangnya, yang dilapisi dengan pembuluh kapiler semacam jaringan paru- paru.

Ikan air tawar dengan nama ilmiah Osteoglossidae ini memiliki berbagai ukuran tergantung pada jenis, tempat asal, dan zona hidupnya.


Sejarah dan Julukan Ikan Arwana

Ada begitu banyak jenis ikan arwana di dunia, namun sebagian jenis yang bisa dipelihara berasal dari Asia, Amerika Selatan, Australia, hingga Afrika.

Di wilayah Indonesia sendiri, jenis ikan arwana banyak ditemui di daerah Papua dan Kalimantan.

Apabila kamu ingin menaikkan koleksi ikan hias, berikut ini ialah jenis ikan arwana tercantik dan terpopuler yang direkomendasikan para pecinta ikan hias.

Ikan arwana tercantum salah satu spesies ikan air tawar yang sangat digemari, tercantum buat dibudidayakan karena bernilai ekonomi besar ini bermacam- berbagai.

Harga ikan arwana tergantung jenis, ukuran, dan bukti diri yang jadi tenaga tarik tertentu.

Arwana yakni ikan bertulang air tawar dari keluarga Osteoglossidae yang sudah ada sejak masa Cretaceous( masa Kapur), periode terakhir dari masa Mesozoikum( 252- 65 juta tahun setelah itu).

Jadi, ikan arwana dapat dikategorikan bagaikan ikan purba. Populasi dan persebaran ikan arwana terdapat di berbagai seluruh belahan dunia, dari Amerika Selatan, dari Amerika Selatan, Afrika, Asia, terlebih Australia.

Ikan arwana yang banyak terdapat di Indonesia tercantum dalam tipe arwana Asia yang mempunyai bukti diri tertentu.

Ciri khas ikan arwana Asia antara lain bentuk badannya yang panjang, letak sirip dubur yang jauh di balik badan, dan umumnya bercorak perak.

Baca Juga:  Cara Budidaya Singkong Gajah Yang Baik Dan Benar

Ikan arwana Asia, kerap berhubungan dengan mitologi naga dalam tradisi masyarakat Tionghoa sehingga sering diucap pula bagaikan“ ikan naga”.

Berikut merupakan sebagian julukan ataupun istilah dari bermacam tempat buat ikan arwana.

  • Ikan Naga( Dragon Fish)
  • Barramundi
  • Saratoga
  • PlaTapad
  • Kelesa
  • Siluk
  • Kayangan
  • Peyang
  • Tangkelese
  • Aruwana
  • Arowana

Jenis Ikan Arwana dan Harganya


  • Ikan Arwana Red Tail Golden

Ikan arwana red tail golden dikenal pula dengan nama golden red berasal dari wilayah Pekanbaru, Riau, dan sebagian wilayah Sumatra yang lain.

Sifat naturalnya yang agresif menjadikan jenis ikan arwana red tail golden ini susah buat ditangkap.

Karakteristik warna ikan arwana red tail golden ialah biru, hijau, dan keemasan. Wujud tubuh fisiknya bisa tumbuh hingga 90 centimeter( cm). Jenis ikan arwana ini biasanya dihargai dekat Rp 4, 5 juta.

  • Ikan Arwana Brasil( Silver Arowana)

Ikan arwana ini yakni yang sangat sering ditemui di Indonesia, karena harga terjangkau. Ukuran ikan berumur bisa mencapai 1 meter( m).

Kemampuan unik dari ikan silver arowana ialah ia mampu melompat ke hawa dari dalam air buat menangkap mangsanya, semacam serangga.

Karakteristik dari jenis ikan arwana Brasil ialah bentuk tubuh dan sirip panjang dengan warna silver di seluruh tubuhnya. Jenis ikan arwana ini biasanya ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 2 juta.

  • Ikan Arwana Banjar( Banjar Red Arowana)

Arwana Banjar memiliki warna merah tingkatan 2, namun tidak terlihat semacam ikan arwana merah. Panjang total jenis ikan arwana Banjar bisa mencapai 90 cm.

Buat memelihara ikan Banjar red arowana, dibutuhkan kapasitas akuarium besar karena mereka butuh bergerak dan sangat aktif.

Karakter raga yang sangat menonjol dari ikan arwana Banjar ialah warna sirip oranye, ekor yang bercorak kekuningan. Banjar red arowana biayanya sama semacam arwana Brasil, yakni Rp 2 jutaan.

  • Ikan Arwana Black Golden( Golden Based Black)

Salah satu jenis ikan arwana termahal yang pernah ada. Ikan arwana black golden memiliki warna emas dengan sisi pada sisik bercorak kehitaman.

Ikan ini sering ditemui di wilayah Penang, Malaysia. Hendak tetapi, tidaklah mudah menghasilkan ikan arwana black golden berkeliaran di rawa yang memunculkan biayanya sangat mahal, yakni dekat Rp 18 jutaan.

  • Ikan Arwana Luar biasa Red

Arwana luar biasa red sebetulnya yakni jenis ikan arwana Asia. Arwana jenis ini mempunyai warna merah yang mencolok dan atraktif, jadi salah satu peliharaan terfavorit para kolektor.

Luar biasa red arowana sendiri biasanya dapat ditemui hidup liar di sungai Kapuas dan dekat danau di bagian Barat Kalimantan, Indonesia.

Soal biayanya, arwana dengan nama latin Scleropages legendrei ini biasanya dibanderol mulai dari Rp 2 jutaan hingga Rp 48 juta.

  • Ikan Arwana Cross Back Golden

Arwana cross back golden mempunyai cukup banyak nama, yakni Pahang golden, Malayan bonytongue, Taiping golden, dan Malaysian gold.

Ikan bernama latin Scleropages formosus ini memiliki sebagian tipe warna, namun yang sangat mencolok ialah warna emas di bagian punggung yang jadi ciri khas.

Baca Juga:  Cara Menanam Asam Jawa Cepat Tumbuh Lebat

Ikan ini banyak ditemui di Malaysia, yakni di sekitaran Perak, Tyrengganu, danau Bukit Merah, hingga Johor.

Harga ikan ini cukup mahal, karena cukup sulit ditemui di pasaran. Karena itu, biayanya biasanya ditawarkan mulai dari dekat Rp 18 juta.

  • Ikan Arwana Papua( Jardini Arowana)

Arwana jardini pula dikenal dengan sebutan arwana Papua, gulf saratonga, maupun arwana Australia. Ikan bernama latin Scleropages jardinii ini memanglah yakni ikan yang aslinya berasal dari Australia dan Papua.

Tampilan arwana jardini sendiri mirip ikan arwana Asia, namun warnanya lebih kuning keemasan, namun tidak sangat terang maupun mencolok.

Arwana Papua bisa tumbuh hingga ukuran 90 cm dan berat sampai 17 kilogram( kg). Ikan ini biasa dijual dengan harga dekat Rp 4 juta.

  • Ikan Arwana Hijau( Green Arowana)

Green arowana maupun arwana hijau pula yakni jenis ikan yang berasal dari Asia.

Ikan yang pula dikenal dengan nama arwana golden pino ini bisa ditemui di sebagian negara, semacam Thailand, Malaysia, Myanmar, Indonesia, Vietnam, dan Kamboja.

Ikan ini mempunyai warna unik, terlihat semacam perpaduan antara kuning, emas dan hijau yang samar. Ikan ini mampu tumbuh berumur hingga panjang 90 cm.

Salah satu yang mencolok tidak cuma warnanya, green Asian arowana mempunyai kepala yang sedikit lebih besar dibanding ikan arwana Asia yang lain. Arwana ini biasanya dihargai dekat Rp 4 juta.

Jenis Jenis Ikan Arwana dan Julukannya

  • Ikan Arwana Batik( Myanmar Arowana)

Arwana Myanmar memiliki corak tubuh yang begitu unik nan mempesona. Tubuhnya dipenuhi dengan sisik yang berbentuk semacam pola kain batik, semacam itu alibi mengapa ikan ini pula diucap dengan arwana batik.

Warnanya tubuh ikan ini sendiri terlihat dominan semacam warna perunggu yang berpadu dengan warna silver.

Dengan corak yang unik, berbeda dengan segala jenis arwana yang lain, batik arowana dibanderol dengan harga dekat Rp 56 jutaan.

  • Ikan Arwana Platinum

Arwana platinum ialah ikan arwana tercantik, dan terlebih jadi ikan dengan harga termahal di dunia yang pernah ada.

Platinum arowana memiliki warna tubuh yang begitu mempesona dan terlihat mengilap semacam platinum, sesuai dengan namanya.

Apabila melihatnya dari dekat, kamu hendak sangat kagum hendak keelokan tubuh ikan ini yang mempunyai tekstur begitu halus.

Dengan tampilannya yang sangat indah itu, tidak heran apabila arwana platinum dihargai sangat mahal, terlebih biayanya mencapai dekat Rp 5, 7 miliar!

Demikian ulasan mengenai Jenis Ikan Arwana dan Julukannya, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.