Daun Tespong

2 min read

Daun Tespong

Daun Tespong – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Daun Tespong. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Daun Tespong


Daun tespong merupakan daun yang biasa digunakan untuk lalapan. Selain itu daun ini sangat gurih, terutama yang digunakan untuk lalapan adalah daun taoge.

Daun tespong juga sering digunakan untuk keperluan pengobatan karena memiliki kandungan yang sangat bermanfaat yaitu vitamin E yang sangat tinggi.

Banyak mengandung kalsium dan juga zat besi yang juga mengandung fiboflavin dan askorbat tingkat tinggi.

Seperti daun biasa, daun ini banyak mengandung klorofil yang dapat menghambat aktivasi karsinogen.

Mari kita lihat lebih dekat struktur Tespong serta manfaat nya. Isi khasiat daun tespong tentunya hendat membuat badan semakin sehat.


Isi daun Tespong

Daun tespong merupakan bahan pangan nabati yang umum dikonsumsi di Indonesia. Daun tespong mengandung energi 59 kilokalori, protein 2,9 gram, karbohidrat 13,9 gram, lemak 0,3 gram, kalsium 155 miligram, fosfor 65 miligram, dan zat besi 3 miligram.

Kecuali itu, daun Tespong me ngandung 2.500 IU vit A, vit B1 0.05 miligram dan vitamin C 21 miligram. Hasilnya 100 gram daun Tespong yang dapat dikonsumsi hingga 60%.


Manfaat daun Tespong

  • Tingkatkan daya tahan

Daun tespong dapat digunakan untuk menambah stamina, sehingga mengkonsumsi daun tespong membantu meningkatkan stamina.

Selain itu, daun Tespong dapat dikonsumsi sebagai sayuran segar. Maka lebih mudah mengkonsumsinya.

  • Memperbaiki sirkulasi darah

Niscaya, kelancaran peredaran darah bisa membuat tubuh lebih sehat dan segar. Dan tahukah Anda bahwa sirkulasi cairan juga bisa membuat otak Anda lebih pintar?

Baca Juga:  Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma Yang Baik Dan Benar

Daun tespong dapat memperlancar peredaran darah dengan senyawa di dalam daunnya.

  • Mata sehat

Kandungan dalam daun tespong adalah vitamin A. Oleh karena itu sangat baik untuk nutrisi mata, karena kita tahu bahwa mata membutuhkan vitamin A yang cukup agar tetap sehat.

  • Pertajam memori

Memori dapat diperkaya dan ditingkatkan sehingga memungkinkan darah beredar dengan lancar.

Salah satu khasiat daun Tespong adalah dapat memperlancar peredaran darah. Itulah mengapa daya ingat bisa diasah dengan mengonsumsi daun Tespong.

  • Menutrisi kulit

Kulit membutuhkan banyak nutrisi yang sehat. Sementara itu, ternyata hampir semua nutrisi yang dibutuhkan kulit Anda ada pada daun Tespong.

Oleh karena itu, menggunakan daun Tespong untuk mengatasi berbagai masalah kulit merupakan keputusan yang sangat baik. Dengan daun Tespong, tidak hanya kulit yang sehat, tubuh pun menjadi lebih sehat.

  • Tingkatkan nafsu makan

Nafsu makan harus dijaga. Kita tahu bahwa mengurangi nafsu makan juga menurunkan kekebalan tubuh.

Semakin banyak makanan tidak di konsumsi, slebih sedikit sistem kekebalan yang ada di dalam tubuh. Untuk menjaga kekebalan tubuh, konsumsi Tespong meningkatkan nafsu makan.

  • Mengatasi nyeri maag

Penyakit maag biasanya disebabkan karena terlalu banyak makan makanan yang pedas. Tak hanya itu, terlambat makan juga bisa menyebabkan seseorang menderita sakit maag.

Dapatkan manfaat daun Tespong saat sakit maag mulai meresap, karena daun ini bisa digunakan secara efektif untuk mengobati sakit maag.

  • Membantu menetralkan racun

Racun dari tubuh harus dihilangkan. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi daun Tespong.

Kandungan daun Tespong membantu menetralkan racun dari dalam tubuh. Saat semua racun di dalam tubuh berkurang, tubuh menjadi lebih sehat.

Daun Tespong


Efek samping daun Tespong

  • Memicu sakit maag

Selain dapat menyembuhkan penyakit maag, ternyata daun tespong memiliki efek samping yang dapat menyebabkan sakit maag.

Baca Juga:  Cara Menanam Tebu : Persiapan Lahan, Pembibitan, Penanaman, Hama dan Pemanenan

Hal ini dikarenakan daun tespong memiliki kandungan asam askobar yang tinggi dan jika terlalu banyak mengkonsumsi daun tespong dapat merusak dinding. perut dan bisa menyebabkan sakit maag.

  • Menyebabkan diare

Menurut sebuah penelitian, daun tespong memiliki efek samping yang bisa menyebabkan buang air besar (diare) jika terlalu banyak makan daun tespong tersebut karena daun ini mengandung senyawa yang sangat asam.

  • Menyebabkan anemia

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa daun tespong mengandung senyawa betaine dan asam askorbat yang dapat menurunkan produksi sel darah.

Yang dapat membuat kadar darah tidak stabil dalam tubuh, sehingga meningkatkan risiko anemia.

  • Menyebabkan radang sendi

Pada dasarnya kandungan asam yang tinggi pada daun tespong memiliki manfaat untuk sistem imun dalam tubuh namun berbahaya bagi kesehatan persendian tulang, untuk itu konsumsi daun tespong secara normal dan tidak berlebihan.

  • Memicu risiko stroke dan serangan jantung

Daun tespong memiliki khasiat kesehatan yang tinggi bahkan memiliki banyak manfaat yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Namun jangan mengkonsumsi daun testpong secara berlebihan karena dapat menimbulkan efek samping kerusakan pada organ tubuh dan memicu penyakit jantung dan hati yang berbahaya.

  • Menyebabkan gejala asam urat

Sebenarnya daun tespong mengandung antiinflamasi dan antioksidan yang cukup baik, namun daun tespong juga memiliki senyawa yang sangat asam, sehingga mengkonsumsinya secara berlebihan dapat memicu gejala asam urat.

  • Menyebabkan osteoporosis

Daun tespong memiliki senyawa asam seperti betaine dan asam pantotenat tingkat tinggi.

Sehingga mengkonsumsinya secara berlebihan dapat merusak jaringan sel tulang dan dapat menyebabkan keropos tulang.

Demikian ulasan mengenai Daun Tespong, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.