Manfaat Daun Labu Kuning Dan Bahaya Efek Sampingnya

2 min read

Manfaat Daun Labu Kuning Dan Bahaya Efek Sampingnya

Manfaat Daun Labu Kuning Dan Bahaya Efek Sampingnya – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Daun Labu Kuning . Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Manfaat Daun Labu Kuning Dan Bahaya Efek Sampingnya


Labu kuning maupun yang dikenal dengan sebutan Waluh biasa dihidangkan dalam bentuk kolak disaat Ramadan.Labu kuning berasal dari daratan Amerika sangat utama di Negara Meksiko dan Palu.

Dikala ini labu kuning sudah menyebar ke seluruh dunia spesialnya di negara- negeri tropis semacam, Filipina, Malaysia, sebagian negara di Afrika dan Indonesia.

Masyarakat luar menguasai labu dengan sebutan Pumpkin. Kebalikannya di Indonesia diucap dengan labu. Di berbagai tempat di Indonesia labu cukup dikenal.

Tanaman labu ini memiliki sebagian nama daerah semacam, Waluh( Jawa), Labu Parang( Melayu) dan Jambe( karo).

Labu tercantum jenis tanaman yang cukup mudah dibudidayakan. Terlebih tanpa perawatan sekalipun, labu hendak tetap tumbuh dan berbuah.

Ciri khas daun labu ialah sayur- mayur berdaun hijau gelap. Daunnya sangat fleksibel dan dapat dikenali bagaikan obat jitu buat menyembuhkan penyakit.

Daun labu yakni daun yang berasal dari tanaman labu yang tergolong dalam keluarga curcubita. Daun labu memiliki sebagian karakteristik yang membedakannya dengan tanaman lain.

Daun labu yakni daun tunggal yang memiliki pertulangan daun majemuk menjari. Daunnya menyebar di sepanjang batang. Dari bentuknya daun labu lebih mirip semacam jantung dengan warna hijau gelap dan memiliki tangkai.

Baca Juga:  Cara Menanam Labu Kuning Untuk Pemula (sukses)

Disamping itu, daun labu tampaknya menyimpan manfaat yang melimpah buat kesehatan. Sehingga, daun labu dipercaya bisa digunakan bagaikan obat tradisional.


Morfologi serta Manfaat Daun Labu Kuning

Tanaman labu tumbuh merambat dengan daun yang lebar dan berbulu. Buah labu berbentuk bulat pipih.

Ukuran pertumbuhannya kilat sekali dekat 350 gram per hari, tanaman labu berbentuk semak yang menjalar ke atas.

Buahnya besar dan bercorak hijau apabila masih muda dan bercorak kuning orange sampai kuning kecokelatan apabila sudah berusia tua.

Dilansir dari Health Guide, Selasa( 14/ 5), ada berbagai manfaat dari daun labu buat kesehatan.

  • Atasi Kejang

Pilih daun labu muda sehabis itu diiris dan dicampur dengan garam serta air kelapa. Sehabis itu ditaruh dalam botol, diminun buat mengatasi kejang. Namun Mengenai ini harus dikonsultasikan dulu dengan dokter.

  • Turunkan Kolesterol

Daun labu memiliki akibat hipolipidemik dan bahan penyembuhan yang berguna pada hiperkolesterolemia.

  • Tingkatkan Kesuburan

Sesuatu studi menunjukkan jika daun labu memiliki kemampuan buat meregenerasi kehancuran testis dan tingkatkan spermatogenesis.Daun labu dipercaya bisa tingkatkan kesuburan.

  • Sembuhkan Anemia

Daun labu dan labu kaya zat besi. Sehingga dapat digunakan buat menyembuhkan anemia.

  • Mengatur Isi Gula Darah

Daun labu baik buat penderita diabetes karena memiliki akibat mengurangi gula darah.

  • Antibakteri

Daun labu pula memiliki manfaat antibakteri. Sehingga bisa melawan berbagai penyakit yang berasal dari bakteri.

  • Tingkatkan Tenaga Tahan Tubuh

Daun labu bisa tingkatkan sistem imunitas tubuh. Daun labu pula memiliki isi protein yang besar.

Kandungan Gizi Pada Daun Labu

Daun labu memiliki isi vit A yang cukup banyak. Vit A yakni senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh sangat utama buat kesehatan organ mata

Daun labu pula memiliki isi vit C yang dapat memantapkan imunitas tubuh dan menyembuhkan penyakit sariawan. Tidak cuma itu, masih banyak sekali manfaat yang diberikan oleh daun labu.

Baca Juga:  Cara Budidaya Terong Putih Agar Berbuah Lebat

Daun labu hampir sama semacam buahnya, yakni memiliki isi vit A yang sangat besar. Vit A pada daun labu dapat berfungsi bagaikan antioksidan dan pula buat melindungi biar organ mata tetap sehat.

Tidak cuma itu daun labu pula memiliki senyawa selenium di dalamnya yang memiliki guna buat menetralisiri senyawa hidrogen peroksida yang beracun di dalam tubuh jadi air netral[1]

Daun labu pula mempunyai senyawa mangan yang berguna bagaikan senyawa pembuat tulang dan melindungi kesehatan organ reproduksi pada badan

Manfaat Daun Labu Kuning Dan Bahaya Efek Sampingnya

Efek Samping Daun Labu Kuning

Tidak hanya mempunyai khasiat, daun labu pula mempunyai sebagian berbagai dampak samping yang bisa terjalin. Berikut ini sebagian berbagai dampak samping yang ditimbulkan

  • Pemicu Batu Ginjal

Daun labu mempunyai isi asam oksalat. Meski tidak begitu besar serta tidak dikategorikan beracun, tetapi bila disantap secara kelewatan bisa berimbas , semacam batu ginjal.

Senyawa asam oksalat bisa berikatan dengan kalsium yang membentuk senyawa tidak larut serta tidak bisa di cerna. Senyawa ini hendak mengendap pada bagian ginjal serta menimbulkan batu ginjal

  • Menimbulkan Hiperkalemia

Daun labu banyak memiliki senyawa kalium, sangat banyak komsumsi santapan kaya kalium hendak memunculkan hiperkalemia.

Hiperkalemia merupakan keadaan badan sangat banyak senyawa kalium yang akibatkan detak jantung melambat ataupun apalagi bisa menyudahi, terjalin kerusakan sampai kematian

Demikian ulasan mengenai Daun Labu Kuning, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih