Cara Menanam Bawang Bombay : Persiapan, Pembibtan, Perawatan Dan Pemanenan

2 min read

Cara Menanam Bawang Bombay : Persiapan, Pembibtan, Perawatan Dan Pemanenan

Cara Menanam Bawang Bombay : Persiapan, Pembibtan, Perawatan Dan Pemanenan – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Bawang Bombay.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Menanam Bawang Bombay : Persiapan, Pembibtan, Perawatan Dan Pemanenan


Bawang ini disebut bawang karena berasal dari daerah Bombay, India. Hampir semua orang tahu bawang ini.

Bawang ini masih satu jenis dengan bagian bawah merah dan putih, tetapi memiliki ukuran yang jauh lebih besar, bawang juga memiliki lapisan daging yang sangat tebal.

Bawang dianggap lebih efisien dalam penggunaan dibandingkan dengan bawang, sehingga mereka banyak digunakan dalam memasak. Bawang juga memiliki aroma yang kuat dan memiliki karakter yang agak manis.

Selain itu, bawang mengandung karbohidrat, protein, vitamin B6, vitamin C, mangan, besi, fosfor, magnesium, folat, potasium, kalsium, sulfur dan antioksidan kuersetin. Karena itu, bawang merah memiliki nilai ekonomi tinggi.


Menanam Bawang Bombay

Persiapan Tanah

Persiapan lahan adalah langkah pertama bagaimana menanam bawang. Bawang tanam akan tumbuh dengan baik di daerah sekitar 18° –  20°C.

Daerah pegunungan adalah lokasi terbaik untuk menanam bawang. Anda di dataran rendah sebenarnya bisa menanam bawang.

Tetapi pertumbuhan dan perkembangannya tidak akan optimal sehingga hasil panen Anda juga tidak optimal. Tanah untuk menanam bawang merah memiliki kriteria sebagai berikut:

  • Minimal 200 m di atas permukaan laut
  • Terkena sinar matahari langsung selama setidaknya 10 jam sehari
  • Memiliki keasaman tanah (pH) sekitar 5,5 – 7,5
  • Dekat dengan sumber air
  • Tanah gembur
  • Memiliki kandungan nutrisi yang cukup
Baca Juga:  Cara Menanam Tomat : Pembibitan, Alat, Perawatan Dan Proses Panen

Setelah menemukan lahan tanam yang cocok, lakukan penyiangan dari tanaman yang mengganggu sinar matahari.

Penggeburan Tanah

Penggeburan bertujuan untuk meratakan kandungan nutrisi dalam tanah. Selain itu, tanah yang gembur akan memfasilitasi akar tanaman.

Untuk mengendurkan tanah, Anda bisa menggunakan cangkul atau mesin bajak modern. Setelah semua tanah gembur maka lanjutkan ke metode penanaman bawang berikutnya.

Persiapan Benih

Biji bawang yang baik berasal dari umbi tanaman bawang berkualitas.

Kualitas yang dimaksud adalah varietas unggul, tidak cacat, memiliki pertumbuhan yang relatif cepat dan bebas dari hama dan penyakit. Umbi yang sudah disiapkan kemudian ditabur.

Cara menanam

Cara menanam dengan biji harus dimulai dengan penyemaian, sedangkan jika umbi dipilih sebagai biji, maka perlu membuat lubang untuk merendam beberapa umbi.

Sebelum menanam “setidaknya sehari sebelumnya” potong ujung umbi dan keringkan. Perhatikan jarak antar umbi, idealnya umbi bawang ditanam 25 – 40 cm terpisah antara baris dan 10 – 40 cm antara umbi berturut – turut.

Pemeliharaan Tanaman Bawang Bombay

Sebelum dan ketika bibit mulai tumbuh dan daun bawang Bombay mulai bermunculan hingga waktu panen, pemeliharaan harus dilakukan dengan benar.

Unsur-unsur pemeliharaan tanaman bawang Bombay termasuk sejumlah poin penting yaitu penyiraman, penyiangan dan pemberantasan penyakit dan hama yang akan mengganggu pertumbuhan bawang Bombay.

Penyiraman harus dilakukan secara teratur, ketika pertumbuhan baru dimulai tanaman membutuhkan lebih banyak air.

Seiring bertambahnya usia tanaman, irigasi dapat dilakukan dalam periode yang tidak terlalu sering, karena kebutuhan air juga berkurang. Lakukan penyiraman dengan mengalirkan air dari parit di sekitar tempat tidur.

Untuk penyiangan saat pohon berumur tiga minggu, lakukan lagi enam minggu sesudahnya. Kegiatan ini harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak tanaman.

Baca Juga:  Cara Menanam Durian Montong Agar Cepat Berbuah (Ilmu Berkebun)

Selain itu, kendurkan tanah yang mulai mamadat saat penyiangan. Akhirnya pengendalian penyakit dan hama dengan menyemprotkan pestisida, lakukan 7-10 hari untuk mencegah datangnya hama dan penyakit.

Cara Menanam Bawang Bombay : Persiapan, Pembibtan, Perawatan Dan Pemanenan


Panen Bawang Bombay

Bawang dapat dipanen setelah berumur 4 hingga 5 bulan setelah tanam. Berikut cara memanen bawang dengan benar:

  • Gali sedikit tanah di sekitar umbi bawang merah, lalu tarik keluar dengan hati – hati agar umbi bawang ditarik keluar dengan utuh.
  • Bersihkan tanah dari umbi
  • Simpan bawang di tempat kering yang sejuk dan hindari sinar matahari langsung
  • Bawang harus disimpan dengan cara digantung agar umbi bawang tidak tumbuh

Bawang ini tergolong tahan lama untuk disimpan seperti bawang merah dan bawang putih. Karena itu Anda dapat menyimpannya sementara sambil menunggu harga naik.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Bawang Bombay : Persiapan, Pembibtan, Perawatan Dan Pemanenan, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.

Cara Menanam Daun Salam

admin
3 min read

Cara Menanam Pohon Kersen

admin
4 min read

Cara Menanam Murbei

admin
3 min read