Cara Ternak Anak Ayam Baru Menetas Agar Tidak Cepat Mati (Panduan Lengkap)

5 min read

Cara Ternak Anak Ayam Baru Menetas Agar Tidak Cepat Mati (Panduan Lengkap)

Cara Ternak Anak Ayam Baru Menetas Agar Tidak Cepat Mati (Panduan Lengkap) – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Ternak Anak Ayam.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Ternak Anak Ayam Baru Menetas Agar Tidak Cepat Mati (Panduan Lengkap)


Dikala memutuskan buat jadi peternak ayam, ayam yang dipelihara tidak cuma ayam indukan yang berdimensi besar saja.Telur telur yang menghasilkan anak ayam pula wajib dicermati perkembangannya.

Terlebih memelihara anak ayam mempunyai efek kematian yang besar dibanding dengan ayam indukan.Dalam perawatan anak ayam kampung sampai berkembang besar wajib jadi prioritas utama.

Pada umur masih dini kira- kira 0- 2 minggu merupakan umur sangat kritis anak ayam kampung, sebab belum mempunyai bulu lengkap buat melindungi serta menghangatkan badan dari pengaruh cuaca area.

Anak ayam tersebut pula gampang terkena penyakit, antara lain: berak kapur yang dapat mematikan ayam umur 1- 10 hari serta penyakit pilek/ snot/ coryza yang tidak begitu mematikan namun membatasi perkembangan.

Perihal semacam ini pasti saja wajib dihindari. Sebab masuk umur kritis, hingga metode menjaga ayam kampung anakan haruslah lebih intensif, ada pula tipsnya semacam berikut.

Pemisahan serta pemeliharaan anak ayam kampung ialah salah satu aspek terutama dalam usaha budidaya ayam buras.

Tingginya tingkatan kematian anak ayam kampung diakibatkan sebab sistem pemeliharaan yang kurang pas, dimana pada biasanya induk ayam kampung dibiarkan mengurus anaknya hingga disapih.

Membiarkan anak ayam diurus induknya secara bersama- sama hingga disapih secara natural hendak menimbulkan persentase keberhasilan usaha ternak ayam kampung terus menjadi rendah.

Tujuan utama pemisahan anak ayam dari induknya merupakan untuk tingkatkan penciptaan telur serta kurangi tingkatan kematian anak ayam.

Induk ayam kampung yang dipisahkan dari anak- anaknya akan lekas bertelur kembali sehingga tingkatan produktifitas lebih besar.


Metode Ternak Anak Ayam Supaya Umur Panjang


Memilah Tipe Ayam Unggul

Tipe anak ayam wajib disesuaikan dengan tujuan owner. Bila mau menciptakan ayam petelur hingga seleksi tipe ayam yang dibesarkan di Australia ataupun ayam black australorps.

Ini di karenakan ayam tipe itu sanggup memproduksi telur dengan mutu bagus. Sedangkan bila menginginkan ayam petelur tetapi mempunyai mutu daging bagus, hingga hendaknya memilah ayam dengan ras buff Orpington

Tidak hanya itu pula dapat memilah ayam dengan tipe silver laced wyandottes yang mempunyai badan besar. tipe ayam tersebut mempunyai kualifikasi ayam dengan guna ganda ialah, petelur serta pedaging.

Bila kamu menginginkan anak ayam spesial buat aduan pasti anak ayam tersebut mempunyai ciri khusus . Identitas tersebut bisa nampak dari bagian tubuh anak ayam kamu

 Anak ayam aduan yang bermutu? Berikut ciri- cirinya adalah :

  • Mempunyai paruh dengan identitas ada garis di bagian tengah atas, dan mempunyai corak paruh yang nyaris sama dengan ruas kakinya. Dengan karakteristik paruh tersebut bisa diindikasikan kalau anak ayam tersebut mempunyai keahlian buat mematuk dengan kokoh.
  • Mempunyai mata yang berupa bundar, jernih serta agak masuk ke dalam rongga mata, perihal tersebut menunjukkan kalau anak ayam kamu mempunyai penglihatan yang teliti;
  • Mempunyai sisik kaki yang agak kering, dan kaki yang balance;
  • Mempunyai kepala yang tipis serta halus, dan panjang serta agak besar;
  • Mempunyai tulang leher serta tulang dada yang besar, memanjang serta rapat.
Baca Juga:  Budidaya Lele Untuk Pemula (Pengetahuan Lengkap)

Pelihara Lebih Dari 1 Ekor Ayam

Ayam diketahui bagaikan hewan berkelompok yang lagi berhubungan dengan yang lain. Buat itu metode menjaga anak ayam yang baik merupakan dengan memelihara lebih dari satu ekor ialah 3 sampai 6 ekor.

Tidak hanya buat menciptakan ayam yang lebih banyak pula buat menfasilitasi kerutinan bergerombol dari ayam tersebut. Dengan mempunyai anak ayam yang banyak pula mengestimasi terdapatnya anak ayam yang mati.

Cara Ternak Anak Ayam Baru Menetas Agar Tidak Cepat Mati (Panduan Lengkap)

Mengendalikan Temperatur Kandang

Anak ayam mempunyai keadaan raga yang belum sangat kokoh serta sangat rentan terhadap temperatur hawa yang berganti.

Terlebih bila anak ayam baru menetas, keadaan temperatur di dalam telur serta di ruangan sangat berbeda sehingga memerlukan menyesuaikan diri.

Ayam betina dapat senantiasa bertelur meski tanpa dibuahi oleh ayam jantan. Namun telur yang tidak dibuahi akan jadi telur yang infertil ataupun yang tidak hendak bisa jadi menetas jadi anak ayam.

Pakai brooder supaya anak ayam senantiasa sehat. Brooder terbuat sendiri dari kardus ataupun membelinya di toko ternak yang sediakan perlengkapan tersebut.

Tambahkan lampu ataupun pemanas yang lain bagaikan penghangat.Anak ayam wajib dicek secara berlaku buat memandang perkembangannya.

Dapat pula dengan meletakkan termometer ataupun mengecek penyebaran anak ayam menghindari ataupun mendekati pemanas.Perihal itu dapat bagaikan indikator bila mendekati dapat saja anak ayam masih merasa dingin.

Memilah Alas yang Tepat

Memilah alas pada brooder dengan pas jadi salah satu metode menjaga anak ayam supaya senantiasa sehat serta tidak gampang mati.

Litter ataupun alas lantai kadangkala mempunyai guna buat meresap air dan meminimalkan lepuh pada dada serta kaki.Tidak cuma itu litter pula melindungi supaya kandang senantiasa hangat.

Dalam memilah litter mengunakan bahan yang gampang meresap air ataupun dapat mengunakan alas yang dibuat dari serbuk kayu.Litter wajib teratur dibersihkan serta ditukar bila litter basah .

Kebersihan jadi sangat penting disebabkan anak ayam masih sangat rentan terhadap bermacam berbagai penyakit.Bila butuh bagikan larutan desinfektan terlebih dulu saat sebelum alas digunakan.

Pemberian Makanan serta Minuman

Berikan santapan serta minuman pada anak ayam haruslah dicermati jatah serta waktu pemberiannya. Umumnya santapan yang diberikan berbentuk pur ataupun sentrat yang dapat didapatkan di toko pakan ternak.

Santapan diberikan secara bertahap serta kerap perihal ini supaya anak ayam tidak kekurangan santapan. Minuman dapat berasal dari air apapun asalkan bersih serta dingin ataupun air minum yang dijual di toko peternakan.

Beri Vitamin serta Santapan Tambahan

Metode menjaga anak ayam tidak cuma dengan membagikan makan serta minum yang pas, tetapi pemberian vit pula wajib dicermati.

Vit dapat ditambahan pada minuman anak ayam berbentuk obat antisetres dikala anak ayam baru datang dan 3 hari saat sebelum serta setelah dicoba vaksinisasi.

Vit lain yang dapat diberikan buat menaikkan konsumsi karbohidrat ialah gula merah yang dicairkan.

Vit dapat diperoleh dari bahan- bahan semacam minyak ikan, tomat, serta telur puyuh rebu buat melindungi supaya keadaan ayam senantiasa prima.

Baca Juga:  Cara Ternak Ayam Kampung Bagi Pemula (Sukses)

Santapan bonus dapat berbentuk cacing ataupun serangga serta jangan membagikan santapan dari tanaman sebab dapat beresiko buat anak ayam.

Vaksinasi Rutin

Buat memperoleh anak ayam yang sehat serta panjang usia vaksin pula dibutuhkan. Vaksin dapat diberikan pada dikala anak ayam berusia 4 hari dengan membagikan tetes mata.

Ayam memiliki harapan hidup sampai 12 tahun sebab ketahanan badannya yang cukup baik. Tetapi wajib dirawat dengan baik pula.

Pada dikala anak ayam berumur 7 hari dapat dicoba vaksinasi ND dengan metode menyuntikkan. Berikutnya vaksin dapat dilarutkan pada air minum.

Agenda vaksin hendaknya di jalani secara tertib sebagai salah satu metode menjaga anak ayam yang mempunyai usia panjang.

Memindahkan Anak Ayam

Sehabis anak ayam berusia 2 bulan hingga anak ayam dapat dipindahkan keluar dari booler asalkan tidak pada masa hujan.

Anak ayam dipindahkan ke kandang yang mempunyai proteksi baik dari cuaca kurang baik ataupun predator yang dapat memangsa anak ayam.

Yakinkan kandang yang baru senantiasa hangat dan mempunyai ruang yang lumayan luas dengan ventilasi yang baik. Dimensi kandang yang dianjurkan ialah 4×8 kaki dengan isi 3 sampai 5 ekor anak ayam.

Menganti Pakan serta Minum Dengan Teratur

Santapan buat anak ayam yang telah berusia 2 bulan bukanlah sama dengan tadinya. Santapan yang diberikan masihlah bertekstur halus tetapi dengan alterasi yang lebih banyak misalnya sisa dapur ataupun sayur- mayur.

Pemberian makan ini wajib disesuikan dengan bentuk badan badan dari anak ayam. Jadi metode menjaga anak ayam berikutnya, santapan pada ayam tidak boleh basah serta kotor sebab dapat jadi penyebaran kuman untuk anak ayam.

Cara Ternak Anak Ayam Baru Menetas Agar Tidak Cepat Mati (Panduan Lengkap)2

Berinteraksi Dengan Ayam

Kesehatan pada hewan tidak cuma pada fisiknya saja, melainkan kesehatan mental pula di butuhkan. Dengan mengajak ayam bermain serta benterikasi membuat ayam tidak stress sehingga senantiasa sehat.

Tidak cuma itu dengan berhubungan owner pula dapat mengenali watak serta kerutinan dari ayam peliharaannya. Owner pula dapat memprediksi siklus bila mencermati ayamnya dengan baik serta lebih kerap.

Owner wajib betul- betul mencermati anak ayam dengan baik, misalnya semacam mengecek pantat ayam dari kotoran yang melekat. Perihal ini wajib dibersihkan sebab dapat menimbulkan peradangan pada wilayah tersebut.

Mengerti kah Kalian, Riset menunjukan kalau ayam memiliki keahlian buat mengingat sampai 100 wajah orang. Meski otaknya kecil tetapi ayam memiliki keahlian yang cukup luar biasa

Metode membersihkannya merupakan dengan mengunakan air hangat serta kain yang lembut supaya tidak melukai kulit anak ayam tersebut.

Memelihara anak ayam bukanlah sulit bila telah mengenali apa yang boleh serta tidak boleh dicoba.Kala anak ayam telah besar keuntungan semacam mempunyai telur yang banyak serta daging yang bagus dapat didapatkan.

Perihal ini pasti dapat jadi ladang bisnis yang menjanjikan mengingat ayam masih jadi bahan santapan yang banyak digemari.Kesehatan anak ayam jadi perihal utama supaya jadi ayam yang besar serta bertelur banyak.

Demikian ulasan mengenai Cara Ternak Anak Ayam Baru Menetas Agar Tidak Cepat Mati (Panduan Lengkap), yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih