√ 5 Cara Ternak Kambing Modern Mudah Yang Menguntungkan

2 min read

5 Cara Ternak Kambing Modern Mudah Yang Menguntungkan

5 Cara Ternak Kambing Modern Mudah Yang Menguntungkan – Kambing adalah salah satu hewan ternak yang mayoritas dikalangan masyarakat, sebab hewan yang satu ini sebenarnya bisa dibilang susah susah mudah untuk di budidayakan, tetapi sangat disayangkan apabila anda ternak kambing dibilang tidak menghasilkan, sebab jika anda ternak kambing dijalani dengan serius maka hasilnyapun sangat menguntungkan.

5 Cara Ternak Kambing Modern Mudah Yang Menguntungkan

Penjualan dalam bentuk ekoran atau masih dalam kondisi hidup untuk berkorban atau untuk aqikah pun sangat cepat, apalagi dalam bentuk sudah dipotong dan dijual dipasar daging, maka anda tidak akan kesulitan dalam penjualannya, oleh sebab itu Berkebun akan memberikan penjelasan tentang cara ternak kambing modern yang mudah dengan langkah – langkah sebagai berikut :

1.  Persiapkan Kandang Kambing

Kandang kambing adalah salah satu kebutuhan utama pada usaha peternakan kambing. Untuk pembuatan kandang sebaiknya mencari tempat yang mendapatkan cukup sinar matahari, tempat yang cukup tinggi agar terhindar dari gangguan atau berbagai bentuk  ancaman.

2. Bibit  Kambing Yang Baik

Untuk bibit kambing ini anda harus benar – benar pandai dalam memilih, sebab ini adalah proses awal yang akan menentukan keberhasilan usaha anda selanjutnya. Ada beberapa kriteria untuk mencari atau memilih bibit kambing yang unggul diantara :

  • Memiliki bentuk tubuh yang padat atau berisi
  • Mempunyai garis punggung yang lurus tidak bengkok
  • Memiliki bulu yang lebat dan mengkilap
  • Memiliki bentuk dada dalam dan luas
  • Dan yang pastinya memiliki badan yang sehat lengkap dan tidak cacat
Baca Juga:  Cara Merawat Ikan Guppy

3. Pemberian Pakan Kambing

Proses pemberian pakan kambing untuk kandungan proteinnya lebih tinggi 18% – 20% jangan disamakan dengan pakan domba yang kandungan proteinnya tentu lebih sedikit. Pakan  yang baik adalah ampas tahu, tetapi jangan terlalu sering untuk pemberian pakan ampas tahu ini, pemberian pakan ini dilakukan 1 atau 2 hari sekali, selain itu anda harus rajin memberi pakan aslinya sesuai apa yang disukai oleh kambing tersebut, biasanya adalaha rerumputan atau daun ubi / singkong,

Pemberian pakan yang perlu diperhatikan kebutuhan pakan terpenuhi dan mempertimbangkan kandungannya. Pemberian suplemen/vitamin pada hewan ternak, suplemen ini berfungsi untuk kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

4. Perawatan Kambing

Berilah Suntik Vaksin. Sebagian kambing sangat mudah terkena parasit internal atau cacing, dan harus diberi vaksin dalam waktu yang rutin. Cacing yang umum memangsa kambing adalah strongyle (cacing darah), cacing tambang dan spesies cacing lainnya yang dikenal sebagai coccidia. Tergantung dari lingkungannya, parasit bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan (bahkan kematian) seperti penurunan berat badan, bulu yang jelek, kegagalan reproduksi dan banyak problem untuk pertumbuhannya.

  • Kambing muda sebaiknya menerima vaksin parasit mereka di usia antara 7 – 9 minggu. Terdapat vaksin parasit bagi kambing yang tersedia di toko makanan hewan di daerah Anda. Pastikan untuk mengikuti petunjuk pada label atau anda juga bisa mengundang dokter hewan untuk memberikan vaksin.
  • Namun, sebagian besar vaksin parasit kambing tidak efektif terhadap coccidia, yang terutama bisa berbahaya pada kambing muda dan tua atau kambing yang daya tahan tubuhnya terganggu. Ada beberapa produk tersedia untuk pengobatan coccidia, tapi yang paling banyak tersedia adalah Corid. Gejala berkembang biaknya coccidia termasuk kesulitan dalam menaikkan berat badan, terlihat lesu, kurangnya nafsu makan dan berjalan dengan berat, jika anda melihat gejala yang mencurigai sebainya anda segera mengobatinya dengan mendatangkan dokter hewan, agar tidak tertular pada kambing peliharaan lainnya.
  • Jika ada keraguan apakah ada masalah cacing di kawanan kambing Anda, minta dokter hewan Anda menjalankan beberapa analisa feses pada kambing yang berbeda-beda. Hal ini akan memberikan jawaban yang pasti, dan dokter hewan Anda akan dapat merekomendasikan pengobatan yang tepat.
Baca Juga:  Cara Merawat Ikan Koi

5. Penjualan Kambing

5 Cara Ternak Kambing Modern Mudah Yang Menguntungkan
5 Cara Ternak Kambing Modern Mudah Yang Menguntungkan

Untuk proses penjualan ini anda tidak perlu khawatir atau bingung sebab kambing dengan hasil yang baik dan sehat banyak yang meminatinya, biasanya digunakan untuk aqikah,  hewan kurban, atau bisa juga di jual dengan bentuk sudah dipotong dengan memiliki daging yang segar pasti daging kambing anda akan terjual dengan cepat.

Inilah 5 Cara Ternak Kambing Modern Mudah Yang Menguntungkan mudah mudahan bermanfaat bagi pembaca, bagai mana, apakah anda tertarik untuk mencoba ternak kambing, selamat mencoba dan tidak lupa salam sukses.

 

Kandungan Gizi Ikan Kakap

admin
1 min read

Makanan Yang Mengandung Fosfor

admin
2 min read

Budidaya Bekicot Dalam Drum

admin
2 min read