Cara Membuat Bonsai Kelapa Untuk Pemula (Sukses)

2 min read

Cara Membuat Bonsai Kelapa Untuk Pemula (Sukses)

Cara Membuat Bonsai Kelapa Untuk Pemula (Sukses) – Hai sobat berkebun.co.id kali ini kita akan membahas tentang cara membuat bonsai kelapa, yang mana pada kesempatan kali ini akan di tuliskan melalui artikel berikut ini :

Cara Membuat Bonsai Kelapa Untuk Pemula (Sukses)

Bonsai adalah tanaman yang dikerdilkan di dalam pot dangkal dengan tujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas. Yang dijadikan sebuah tanaman yang sangat indah dan dijadikan sebuah hiasan rumah.

Bonsai kelapa adalah salah satu bonsai yang banyak digemari oleh para pecinta bonsai. Dalam pembuatan bonsai kelapa diperlukannya teknik khusus untuk menghasilkan tunas yang berkualitas. Oleh sebab itu berkebun.co.id akan membagikan ilmu cara membuat bonsai kelapa agar hasilnya memuaskan.

Mempersiapkan Bibit Kelapa Unggulan

Pertama adalah anda harus mencari bibit kelapa yang unggul, dan carilah jenis kelapa yang bisa dijadikan bonsai seperti kelapa gading merah, kelapa gading susu kelapa puyuh dan kelapa albino. Tisp cara memilih bibit bonsai antara lain :

  • Memilih bibit dengan kualitas terbaik adalah salah satunya dengan memilih kelapa yang benar-benar tua, agar penumbuhan tunas lebih cepat.
  • Usahakan memilih kelapa yang masih berada di pohonnya, jangan memilih kelapa yang sudah terjatuh karena batok dari kelapa akan mudah pecah.
  • Pilihlah bibit yang sesuai dengan ukuran pot, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil agar dapat menyesuaikan pot.

Setelah anda mendapatkan bibit kelapa yang akan dijadikan bonsai. Lalu letakkan bibit kelapa tersebut di tempat yang dingin hingga tumbuh tunas.

Baca Juga:  12 Cara Budidaya Brokoli Yang Tepat Agar Hasil Melimpah

Proses Penunasan Kelapa

Setelah kelapa tumbuh tunas proses selanjutnya adalah melakukan pembersihan serabut kelapa, dengan cara potong ⅓ bagian dari kelapa, sayat garis vertikal pada tunas sampai menyentuh batok, lalu pisahkan dan bersihkan serabut dari batok kelapa.

Setelah itu anda memasukkan batok kelapa tersebut ke dalam pot yang sudah disiapkan. Penentuan posisi batok menjadi hal yang sangat penting untuk membentuk pola bonsai yang diinginkan. Berikut adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan :

  • Untuk menumbuhkan tunas dengan cepat, pakailah kualitas tanah yang baik. Yakni dapat menyerap air lebih banyak, serta dapat menyimpan air dengan waktu yang lebih lama.
  • Selajutnya komponen yang sangat penting dalam penumbuhan tunas agar lebih cepat adalah dengan menentukan posisi tunas, karena berpengaruh terhadap bentuk dari bonsai kelapa tersebut.
  • Jika menginginkan bonsai tunas yang batoknya dikelilingi oleh akar maka letakkanlah bonsai kelapa dengan posisi vertikal.
  • Jika menginginkan bentuk bonsai kelapa seperti Jepang maka letaklah bonsai dengan posisi horizontal.
  • Letakan secara pelan – pelan ke media tanam jangan sampai akarnya putus atau patah

Proses Mengecilkan Daun Kelapa

Setelah anda sampai ke tahap penanaman, maka proses yang harus anda lakukan adalah membuat bonsai tersebut bisa terlihat lebih indah, dengan cara mengecilkan daunnya. Berikut ini adalah langkah yang harus anda lakukan :

  • Pada saat pelepah terluar tumbuh dengan tinggi ± 15 cm potonglah pada sisi kiri kanan pelepah agar pelepah terdalam terlihat, lakukan dengan hati-hati agar pelepah terdalam tidak tergores.
  • Bengkokkan pelepah terluar dengan cara mengikat dengan tali plastik atau benang kenur, ikatlah diantara sela daun dan batang yang tua. Sehingga terlihat daun tersebut berjuntai.
  • Lakukan hal yang sama pada pelepah kedua setelah pelepah terluar maksimal 3 pelepah, hati-hati dalam proses pembengkokan, karena pelepah kedua masih berwarna hijau dan rentan patah.
  • Jika daun masih terlihat membesar, maka potonglah pelepah terluar untuk membentuk batang baru, potonglah tiap pelepah terluar tiap 2 minggu sekali.
  • Jika pelepah yang dipotong sudah mengalami proses pemotongan sebanyak 8 pelepah, maka tunas baru akan memiliki batang yang kecil dan daun yang kecil pula, serta tiap helai daun akan terpecah dengan sendirinya.
Baca Juga:  Cara Merawat Bonsai Kelapa

Perawatan Bonsai Kelapa

Untuk perawatan bonsai kelapa sangat mudah sebenarnya tidak terlalu rumit juga, anda cukup rajin menyiraminya setiap hari pagi dan sore hari secukupnya. Jangan terlalu banyak apalagi sampai tergenang, itu akan membuat akar membusuk.

Selain penyiraman anda juga harus rajin memberikan pupuk, dalam kurun waktu 1 bulan sekali, gar tanama tesebut tidak kekurangan unsur hara atau makanan. Sebab tanaman di tanam di pot sehingga, tidak bisa menyerap makanan dengan leluasa seperti di tanah yang luas.

Demikian ulasan mengenai Cara Membuat Bonsai Kelapa Untuk Pemula (Sukses) yang dapat dijelaskan secara singkat dan padat oleh berkebun.co.id, mudah-mudahan bermanfaat bagi pembacanya selamat mencoba semoga sukses dan trimakasih.

Cara Membuat Bibit Brokoli

admin
1 min read

Menanam Kiwi Di Dataran Rendah

admin
2 min read

Daun Semangka Kuning

admin
2 min read