Cara Menanam Kacang Hijau Untuk Pemula (Jamin Berhasil)

2 min read

Cara Menanam Kacang Hijau Untuk Pemula (Jamin Berhasil)

Cara Menanam Kacang Hijau Untuk Pemula (Jamin Berhasil) – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang cara menanam kacang hijau untuk anda yang masih pemula, yang akan dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh berkebun.co.id melalui artikel berikut ini :

Cara Menanam Kacang Hijau Untuk Pemula (Jamin Berhasil)

Sebelum melangkah lebih jauh terlebih dahulu kita mengenal tanaman yang satu ini, kacang hijau (Vigna Radiata) adalah salah satu jenis tanaman bangsa polong-polongan, yang dapat tumbuh luas di daerah tropis. Kacang hijau kaya akan manfaat bagi kebutuhan tubuh, karna kacang hijau banyak mengandung protein nabati yang tinggi mengandung mineral dan fospor yang bermanfaat menguatkan tulang. Selain itu juga kacang hijau rendah lemak sehingga makanan atau minuman yang terbuat dari bahan kacang hijau tidak mudah bau.

Syarat Tumbuh Tanaman Kacang Hijau

Kacang hijau dapat tumbuh subur di tanah dengan ph maksimal 6,7 airase dan drainase yang baik serta tekstur tanah yang banyak mengandung bahan organik yang dapat membuat tanah menjadi subur. ika berbicara mengenai iklim yang sesuai pada tanaman ini, kacang hijau dapat tumbuh di daerah dengan temperatur 25 – 27 °C dan kelembaban udara sekitar 50 – 89 %.

Berikut ini adalah proses cara menanam kacang hijau yang baik dan benar :

Pengolahan Lahan Tanam

Sebelum melakukan proses penanaman sebaiknya anda terlebih dahulu melakukan pengolahan tanah sebaik mungkin dengan cara membersihkan lahan dari gulma atau melakukan penyemprotan, setelah itu anda lakukan pembajakan atau pencangkulan hingga menggembur dan buatlah gulutan dan tambahkan campran pupuk organik atau kompos untuk menambah nutrisi tanah yang dibutuhkan tanaman kacang hijau. Biarkan tanah kurang lebih 7-10 hari agar tanah benar-benar tercampur dengan pupuk organik atau kompos dengan sempurna.

Baca Juga:  Cara Menanam Daun Mint : Pemilihan, Persiapan, Penanaman, Perawatan Dan Pemanenan

Proses Penanaman

Langkah selanjutnya adalah melakukan penanaman bibit, sebelum anda melakukan penanaman sebaiknya anda harus memilih bibit kacang hijau yang unggul, pilihlah bibit yang berasal dari buah kacang hijau yang tua. Lakukan inokulasi bakteri dengan cara membasahi atau merendam benih dengan air dan dikeringkan selama kurang lebih 4-5 jam.

 

Setelah selesai proses inokulasi bakteri maka anda dapat melakukan penanaman bibit kacang hijau dengan cara lubangi terlebih dahulu tanah dengan menggunakan tajuk berkisar kedalaman 3-5 cm. Tiap lubang berjarak 40 cm x 10 cm atau 40 x 15 cm. Kemudian isilah setiap lubang dengan 3-4 biji kacang hijau. Tutup kembali tipis – tipis benih tersebut dengan tanah.

Proses Perawatan

Untuk mendapatakan hasil panen yang optimal, maka anda harus melakukan perawatan dengan semaksimal mungkin pada tanaman anda, sebab perawatan adalah salah satu kunci keberhasilan dalam berbudidaya, berikut adalah proses perawatan yang baik dan benar :

Penyiraman

Penyiraman dilakukan setiap pagi dan sore hari untuk benih yang baru ditanam, untuk tanah yang lembab dan memiliki kandungan air yang cukup maka cukup dilakukan satu kali sehari. Jika benih sudah mulai tumbuh maka Untuk pengairan tanaman kacang hijau tidak perlu banyak disiram sebab tanaman ini tahan akan kondisi tanah yang kering.

Penyiangan

Proses penyiangan dilakukan sesering mungkin, lakukan sampai benar-benar tumbuhan penggangu atau gulma tidak tumbuh disekitar tanaman kacang hijau, sebab tanaman kacang hijau akan kalah dalam perebutan penyerapan unsur hara yang ada di tanah, sehingga proses pertumbuhan akan terganggu.

Pemupukan

Pemupukan dilakukan dengan dua tahap yang pertama pada saat berbarengan penanaman benih, dan tahap yang kedua pada saat tanaman sudah mulai berbunga. Jika pada tanah kering maka pemupukan menggunakan dengan pupuk NPK. Pada tanah yang tidak terlalu subur, perlu diberi 45 kg Urea + 45 – 90 kg TSP + 50 kg KCL/ha. Selain itu juga, pemberian pupuk kompos dan pupuk urea dapat membantu menahan air di dalam tanah.

Baca Juga:  Cara Menanam Daun Bawang Mudah & Tumbuh Subur (Panduan Lengkap)

Pengendalian Hama dan Penyakit

Untuk pengendalian hama dan penyakit juga perlu dilakukan secara rutin dengan menggunakan fungisida dan pestisida. Untuk hama yang biasa menyerang tanaman kacang hijau adalah penggorok daun, lalat kacang kutu strips, Plusia chalsites (ulat) atau Meruca testualitis. Sedangkan jenis penyakit yang sering menyerang tanaman kacang hijau biasanya adalah bercak daun atau Cercospora canescens, embun tepung dan virus kuning.

Masa Panen

Kacang hijau dapat dipanen pada umur kurang lebih 60-85 HST. Kacang hijau yang siap dipanen ditandai dengan polong yang berubah warna dari hijau menjadi warna kecoklatan kering bahkan hitam. Kacang hijau dipanen dengan cara dipetik.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Kacang Hijau Untuk Pemula (Jamin Berhasil) yang dapat dijelaskan dengan singkat dan terperinci oleh berkebun.co.id, mudah mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.

Manfaat Jahe

admin
3 min read

Manfaat Daun Sirsak

admin
3 min read

Manfaat Daun Katuk

admin
3 min read