Cara Tanam Pisang : Bibit, Lahan, Penanaman, Pemeliharaan Dan Panen

3 min read

Cara Tanam Pisang : Bibit, Lahan, Penanaman, Pemeliharaan Dan Panen

Cara Tanam Pisang : Bibit, Lahan, Penanaman, Pemeliharaan Dan Panen – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Tanam Pisang.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Tanam Pisang : Bibit, Lahan, Penanaman, Pemeliharaan Dan Panen


Bermacam buah memberikan banyak sekali khasiat buat badan. Komsumsi buah tiap hari sangatlah baik, sebab isi nilai gizi yang besar membuat badan senantiasa selalu sehat.

Buah pisang ialah buah yang kaya hendak isi vitamin, kalsium protein, mineral, lemak, ataupun zat besi.

Tidak hanya itu isi asam triptophan yang besar sangat efisien buat meredakan indikasi stress.

Banyaknya khasiat serta keuntungan yang bisa diperoleh pada buah pisang membuat mengkonsumsi buah pisang semakin hari terus menjadi bertambah.

Tidak hanya itu aspek harga yang relatif normal di pasaran membuat banyak petani dikala ini yang bergeser buat tanam pisang.

Sayangnya, atensi petani yang besar tidak didukung dengan keahlian pengelolaan yang baik pula, sehingga produksi serta produktifitasnya cenderung tidak bertambah.

Banyaknya hambatan teknis dikala budidaya pisang, semacam bermacam serbuan penyakit membuat petani gagal panen serta rugi.


Metode Menanam Pisang Yang Baik diawali Dengan Bibit Pisang Yang Baik

Kalian tentu sepakat, kalau metode menanam pisang yang baik diawali dari bibit pisang yang baik. Maka dari itu sudah kami bagikan metode memilah bibit pisang yang baik.

  • Ciri Bibit Pisang Yang Baik Dalam Budidaya Pisang

    • Memilih bibit pisang yang sehat dengan besar 1-1,5 m serta diameter hampir 15-20 centimeter.
    • Bibit pisang yang berasal dari indukan yang bermutu baik, sehat serta produksi buah besar.
    • Dalam pembibitan pisang diketahui dengan anakan muda serta anakan dewasa. Maka hendaknya Kamu memilih bibit pisang yang memakai anakan dewasa, sebab umumnya telah mempunyai bakal bunga serta cadangan makanan dalam bonggol pisang.

Silakan Kamu memilih bibit pisang sesuai dengan ciri yang kami rekomendasikan, sebab bibit pisang yang sehat bisa pengaruhi jumlah sisir dalam tandan pohonnya.

Baca Juga:  Manfaat Mangan

Sehabis Kamu medapatkan bibit pisang yang sesuai dengan yang kami rekomendasikan, maka jalani perendaman bibit pisang dengan memakai pupuk pisang organik ialah pupuk organik cair GDM Spesialis buah–buahan selama 2-3 jam.

Dengan memakai pupuk pisang organik ialah pupuk organik cair GDM spesialis buah–buahan, hingga penyakit tular bibit bisa dicegah oleh kuman GDM sejak dini serta perkembangan tumbuhan hendak lebih cepat.

Perihal ini disebabkan hormon yang dihasilkan oleh kuman GDM hendak bekerja memesatkan perkembangan tumbuhan sehingga tumbuhan hendak berkembang sehat serta cepat.


Persiapan lahan budidaya pisang

Pastikan lahan yang hendak dijadikan tempat budidaya pisang terbebas dari penyakit Fusarium serta Pseudomonas.

Apabila sebelumnya lahan tersebut sempat terkena penyakit tersebut, lakukan pengendalian hama serta penyakit dengan benar.

Bilas lahan dari gulma, cangkul ataupun bajak tanah dengan kedalaman 30-40 centimeter. Buat bedengan memanjang sesuai dengan kontur lahan. Jarak antar bedengan diatur sesuai dengan jarak tanam.

Jarak tanam budidaya pisang bergantung pada varietas pisang. Misalnya buat pisang barangan dekat 3×3 m.

Dengan populasi optimal 1000 rumpun tumbuhan perhektar. Tiap jarak 50 m buat parit buat saluran drainase sedalam 1 m. Kemudian perkenankan lahan tersebut sepanjang 2-5 minggu.

Penanaman bibit pisang

Sehabis lahan berakhir disiapkan buat lubang tanam ukuran 50x50x50 centimeter pada jarak tanam yang sudah didetetapkan.

Setelah itu berikan pupuk kandang sebanyak 15 kilogram perlubang tanam. Kebutuhan pupuk buat 1 hekter kira-kira dekat 15 ton.

Cara Tanam Pisang : Bibit, Lahan, Penanaman, Pemeliharaan Dan Panen


Pemeliharaan Tumbuhan Pisang

Metode menanam pisang yang baik tidak sebatas tahap menancapkan tunas pada media tanam saja. Aspek perawatan tumbuhan pula ialah perihal penting dalam budidaya buah pisang.

Hendaknya dalam satu rumpun optimal ada 3 sampai 4 tumbuhan pisang. Perihal ini biar tumbuhan pisang tidak berebut nutrisi sehingga membatasi perkembangan.

Dalam proses perawatan pula dicoba penyiangan buat mensterilkan zona lahan dari gulma ataupun tanaman liar. Lakukan pemangkasan daun pisang yang mengering supaya perkembangan optimal.

Tidak hanya itu  lakukan pemupukan susulan sehabis tumbuhan pisang berumur kurang lebih 6 bulan buat melindungi ketersediaan faktor hara. Pengairan pula perlu dicoba paling utama dikala masa kemarau.

Baca Juga:  Cara Menanam Buah Tin

Supaya pohon Kamu berbuah optimal, ada perlakuan spesial yang dapat Kamu lakukan. Berikut panduan instan menjaga tumbuhan pisang supaya panen optimal.

  • Sehabis pohon berbuah Kamu wajib lekas memotong jantung pisang, walaupun masih ada mungkin berkembang sisir ukuran kecil.
  • Proteksi pisang dengan karung ataupun plastik.
  • Berikan pupuk perangsang perkembangan buah.
  • Tunggu sampai buah bercorak hijau tua, yang maksudnya pisang siap dipanen.

Panen Buah Pisang

Buah pisang bisa dipanen sehabis berganti corak dari hijau muda jadi hijau tua ataupun agak kekuningan.

Potong buah pisang dari tandan serta pangkas batang pisang sampai umbinya. Tandan pisang ditaruh terbalik supaya getah tidak mengotori buah pisang.

Hendaknya budidaya tumbuhan pisang ditukar dengan pertunasan serta melakukan metode menanam pisang dari awal lagi.

Sehabis umur lahan mencapai 5 tahun buat melindungi produktifitas tumbuhan pisang serta mengembalikan kesuburan tanah.


Panduan Menanam Pisang

Iklim yang dibutuhkan buat meningkatkan pohon pisang ini merupakan tropis basah, lembab, dan panas.

Walaupun begitu, sesungguhnya tumbuhan pisang ini masih bisa berkembang di wilayah yang terkategori subtropics.

Apabila tumbuhan ini berkembang tanpa air suatu saat, tumbuhan ini masih bisa hidup serta berkembang sebab pasokan air yang didapatkan dari batang tumbuhan pisang itu sendiri sebab batang tanamannya mempunyai isi air.

Namun, apabila buat memproduksi pisang, pada saat kekurangan air serta cuma memakai air dari batang pisang. Tumbuhan ini tidak bisa meningkatkan buahnya.

  • Angin pula berpotensi buat menggangu perkembangan dari tumbuhan pisang itu sendiri, bagaikan contoh apabila angin dengan kecepatan besar semacam angin kumbang yang berpotensi bisa mengganggu daun.
  • Maka angin hendak pengaruhi perkembangan dari tumbuhan itu sendiri.
  • Dalam keadaan hujan yang diperlukan. Curah hujan yang terkategori maksimal buat perkembangan tumbuhan pisang merupakan 1.520–3.800 milimeter/tahun serta 2 bulan kering.
  • Tidak hanya itu, perbandingan curah hujan pula wajib disesuaikan dengan ketinggian air tanah biar tanah yang digunakan buat menanam tumbuhan pisang tidak tergenang.

Demikian ulasan mengenai Cara Tanam Pisang, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.

Kandungan Gizi Apel

admin
4 min read

Kandungan Daun Bayam

admin
4 min read

Kandungan Terong Ungu

admin
3 min read