√ Cara Merawat Tanaman Manggis yang Benar (Panduan Lengkap)

2 min read

√ Cara Merawat Tanaman Manggis yang Benar (Panduan Lengkap)

Cara Merawat Tanaman Manggis yang Benar (Panduan Lengkap) – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membagikan ilmu cara merawat tanaman manggis yang baik dan benar, agar buah yang didapat sesuai dengan harapan kita, yang akan di tulis melalui artikel berikut :

Cara Merawat Tanaman Manggis yang Benar (Panduan Lengkap)

Sebelum lebih lanjut terlebih dahulu kita bahas tentang khasiat buah manggis. Buah manggis memiliki kandungan kalsium, zat besi, thiamine, fosfor, dan protein. Buah manggis juga merupakan tanaman beriklim tropis yang biasa ditanam di berbagai wilayah di Indonesia, dan negara tetangga seperti Malaysia, Thailand dan Filipina. Buah manggis memiliki banyak khasiat diantaranya untuk mengobati disentri, menyembuhkan eksim dan dipercaya bisa membantu menyembuhkan luka selepas sunat agar cepat sembuh.

1. Syarat Tumbuh Tanaman Manggis

Sebelum anda akan melakukan budidaya buah manggis, anda harus tau terlebih dahulu tentang syarat tumbuhnya tanaman buah ini. Tanaman manggis dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah dengan ketinggian hingga 800 mdpl dengan suhu udara maksimal sekitar 22°C hingga 32°C, untuk kelembapan udara kurang lebih 80% dan curah hujan sekitar 1500 – 2500 mm/tahun. Untuk jenis tanah yang baik tanaman manggis ini adalah jenis tanah latosol dengan sistem drainase yang baik dan berpH 5-7.

2. Perawatan Yang Baik

Dalam melakukan perawatan, sebaiknaya anda lakukan beberapa langkah berikut ini :

Pemupukan, Pada saat tanaman manggis berumur 1 hingga 2 bulan maka anda lakukan pemupukan menggunakan pupuk kandang, urea, SP36 dan KCl dengan dosis 20 kg, 50 gram, 25 gram, dan 25 gram per batang. Pada saat tanaman manggis berumur 2 sampai 4 bulan maka lakukan pemupukan menggunakan pupuk yang sama dengan dosis masing-masing 20 kg, 100 gram, 50 gram, dan 50 gram per batang. Pada saat tanaman manggis berumur 4 hingga 6 bulan lakukan pemupukan dengan dosis masing-masing 20 kg, 200 gram, 100 gram, dan 100 gram per batang. Pada saat tanaman manggis berumur 6 hingga 8 bulan lakukan pemupukan dengan dosis masing-masing 40 kg, 400 gram, 800 gram, dan 800 gram per batang. Pada saat tanaman manggis berumur 8 hingga 10 bulan lakukan pemupukan dengan dosis masing-masing 80 kg, 800 gram, 1500 gram dan 150 gram per batang. Jika tanaman manggis berumur lebih dari 10 bulan maka lakukan pemupukan menggunakan pupuk kandang, urea, SP36 dan KCl dengan dosis masing-masing 80 kg, 1000 gram, 2500 gram dan 1500 gram per batang. Pupuk tersebut diberikan dalam larikan melingkar sedalam 10 cm – 20 cm di bawah tepi ujung tajuk pohon.

Baca Juga:  Cara Menanam Semangka : Pembibitan, Pengolahan, Perawatan Dan Pemanenan

Pengendalian hama dan penyakit, Hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman manggis adalah Ulat daun (Stictoptera signifera), Kutu api, Penyakit Cendawan (Pestalotia flagisettula, Botrydiplodia sp, Pellicularia kolerago). Jenis hama dan penyakit tersebut dapat ditangani dengan menggunakan pestisida atau insektisida dengan dosis yang tepat sesuai anjuran yang terdapat di lebel, dan obat tersebut dapat anda dapatkan di toko-toko pertanian di kota anda atau juga melalui online.

Penyegaran tanaman, Penyegaran tanaman dapat anda lakukan dengan cara mengganti tanah disekitar area pohon manggis, setidaknya sekali dalam setahun dengan menggunakan tanah organik yang subur. Jika ditanam di daerah yang terlalu dingin atau panas carilah tanah yang telah disesuaikan dengan tipikal tanaman tropis. Lakukan penyiangan atau pembersihan dari berbagai macem gulma atau tumbuhan penggangu, yang tumbuh di sekitar tanaman manggis.

Pemangkasan, Lakukan pemangkasan tanaman manggis ini pada ranting yang kering dan terserang hama penyakit, serta tunas-tunas air yang pertumbuhannya sangat cepat. Pemangkasan ranting ini dilakukan setelah manggis di panen.

3. Pemanenan buah manggis

Tanaman buah manggis yang berasal dari biji akan berbuah setelah berumur 8-10 tahun, sedangkan tanaman Manggis yang berasal dari lanjutan atau susuan dapat berbuah dan dipanen setelah berumur 5-6 tahun.

Jika buah manggis sudah berwarna ungu merah mencapai 50%, manggis dapat dipanen menggunakan tiang yang dilengkapi tas, dengan alat tersebut maka anda akan lebih mudah melakukan pemanenan buah, terutama untuk memanen buah yang berada di ujung tinggi dari cabang.

Demikian ulasan mengenai Cara Merawat Tanaman Manggis yang Benar (Panduan Lengkap) yang dapat dijelaskan dengan terperinci oleh berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya selamat berkebun semoga sukses dan terimakasih.

Baca Juga:  Cara Mencangkok Pohon Alpukat Untuk Pemula (Sukses)