√ Cara Merawat Tanaman Kelengkeng Agar Hasil Melimpah (Panduan Lengkap)

Posted on

Cara Merawat Tanaman Kelengkeng Agar Hasil Melimpah (Panduan Lengkap) Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan bahas tentang cara merawat tanaman kelengkeng agar hasilnya melimpah yang akan dipandu melalui artikel berikut ini :

Cara Merawat Tanaman Kelengkeng Agar Hasil Melimpah (Panduan Lengkap)

Buah kelengkeng atau disebut juga Dimocarpus longan adalah tanaman buah-buahan yang termasuk dalam keluarga Sapindaceae. Tanaman lengkeng ini berasal dari daratan Asia Tenggara dan menyebar keberbagai wilayah, termasuk di Indonesia. Untuk di wilayah Indonesia kelengkeng ini memiliki banyak sebutan, seperti lengkeng, klengkeng atau matakucing. Masalah yang sering dihadapi untuk para pembudidaya kelengkeng adalah sulitnya tanaman ini untuk berbunga dan berbuah. Pada beberapa kasus tanaman lengkeng tidak mau berbunga hingga usia beberapa tahun, meskipun berbunga terkadang tidak mampu membentuk buah karena bunga rontok dan lain sebagainya, oleh sebab itu berkebun.co.id akan memberikan ilmunya cara merawat tanaman lengkeng ini.

1. Perawatan supaya tanaman kelengkeng berbunga

Diwilayah Indonesia mempunyai beberapa jenis tanaman lengkeng yang sulit untuk berbunga baik rendah maupun tinggi, termasuk itoh, kristal, kristal baru, dan lain sebagainya. Perawatan yang dapat dilakukan untuk menginduksi tanaman lengkeng berbunga adalah sebagai berikut :

  • Perawatan fisik, bentuk perawatan fisik ini adalah dengan melukai batang tanaman yang lengket. Misalnya, kambium dikikis atau dikupas dari batang utama. Metode ini lebih murah tetapi memiliki aplikasi yang kurang terukur.
  • Perawatan kimia, perawatan kimia yaitu dengan menyediakan bahan kimia yang diinduksi. Dengan cara ini lebih terukur dan tingkat keberhasilannya lebih tinggi dari pada fisik. Metode ini dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu;
  • Didorong di tanah di bawah area kanopi / perakaran
  • Disemprotkan pada daun
  • Disuntikkan pada batang utama atau akar pohon, metode ini dilakukan pada tanaman lengkeng besar yang tidak memungkinkan penyiraman atau penyemprotan.
Baca Juga:  9 Cara Budidaya Jeruk Manis 100% Berhasil

Dari hasil penelitian tentang perlakuan kimia dengan penyiraman memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi. Sedangkan kimia yang digunakan adalah bahan kimia pengoksidasi kuat, salah satunya adalah KclO3. Bahan ini sering digunakan sebagai bahan peledak sehingga harus berhati-hati dalam saat penggunaan. Merek produk yang mengandung bahan aktif ini termasuk Longan BoosterBooster Longan, Vita Longan dan Nong feng.

2. Syarat perlakuan secara kimia

Berikut ini adalah syarat dalam melakukan perawatan secara kimia :

  • Tidak ada hujan setelah melakukan perawatan, Hujan akan menyebabkan bahan kimia dicuci sebelum diserap oleh tanaman sehingga tingkat keberhasilannya akan rendah.
  • Tanaman yang akan dilakukan perawatan adalah tanaman yang berumur kurang lebih 2-3 tahun dengan tinggi tanaman minimal 2 m dan luas tajuk + 1 m².
  • Posisi daun pada saat aplikasi adalah daun tua, jika posisi daun masih muda maka kemungkinan berbunga akan rendah.
  • Tanaman dapat dirawat kembali setelah 2 periode penyiraman vegetatif / flush daun.

3. Perawatan dan penyiraman

Selain pemupukan yang harus anda lakukan adalah perawan dan penyiraman setelah pemupukan. Sebab dengan perawatan yang maksimal akan menghasilkan buah yang maksimal juga, dan tentu akan membuat perkembangan buah kelengkeng menjadi baik, dan penyiraman dilakukan agar kebutuhan air pada tanaman kelengkeng tercukupi. Adapun tata caranya sebagai berikut :

  • Lakukan penyiraman secara teratur jika tidak sedang dalam musim penghujan. Lakukan pengecekan secara berkala supaya media tanam jangan sampai kekeringan dan jangan sampai terlalu basah.
  • Lakukan pemotongan cabang pohon tanaman kelengkeng, jika sudah terlalu lebat daun dan ranting yang tumbuh. Supaya untuk pembungaan terjadi secara optimal.
  • Bersihkan dari berbagai macam rumput liar yang tumbuh diantara pohon lengkeng tersebut.

Demikian ulasan mengenai Cara Merawat Tanaman Kelengkeng Agar Hasil Melimpah (Panduan Lengkap) yang dapat dijelaskan dengan terperinci oleh berkebun.co.id, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang membaca selamat berkebun semoga sukses dan terimakasih.

Baca Juga:  √ Cara Menanam Jeruk Nipis Agar Berbuah Lebat (Panduan Lengkap)