Cara Merawat Ikan Guppy

2 min read

Cara Merawat Ikan Guppy

Cara Merawat Ikan Guppy – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Merawat Ikan Guppy.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Merawat Ikan Guppy


Tipe ikan guppy lokal yang terdapat di Indonesia dapat dijadikan sebagai salah satu opsi bila kamu mau memelihara ikan hias yang indah dengan harga terjangkau.

Wujud badannya yang kecil, dengan sirip yang berwarna-warni membuat banyak orang menyukainya.

Spesies ikan hias air tawar satu ini ialah anggota suku Poecilidae yang berukuran kecil serta sangat terkenal.

Banyak orang suka memelihara ikan guppy sebab mempunyai corak yang menawan.

Tidak heran bila para kolektor ikan berlomba-lomba mencari ikan guppy dengan warna yang menawan.


Cara Memelihara Dan Merawat Ikan Guppy

Wadah budidaya ikan guppy

Berikut ini perlengkapan yang diperlukan buat budidaya ikan guppy, antara lain wadah/tempat, aerator serta tumbuhan air.

Wadah buat pemijahan ikan guppy dapat berbentuk akuarium, bak semen, ataupun ember plastik.

Wadah ataupun tempat yang dibutuhkan buat budidaya ikan guppy paling tidak terdapat 4 guna, ialah tempat pembelahan indukan (2 wadah), tempat pemijahan (1 wadah), tempat penetasan (1 wadah), serta tempat pendederan (1 wadah).

Luas serta ukuran wadah budidaya ikan guppy dapat beragam, disesuaikan dengan banyaknya ikan yang hendak dipijahkan.

Sebaliknya ketinggian wadah minimum 30 centimeter, kecuali buat pendederan dibutuhkan wadah yang lebih besar dari 50 centimeter.

Memilih indukan

Perbandingan jantan serta betina dapat diamati dari penampakan fisiknya. Ikan guppy betina wujudnya lebih membulat dengan corak yang cenderung kumal serta tidak mempunyai sirip yang menjumbai.

Baca Juga:  Jenis Jenis Ikan Cupang Yang Indah (Bahas Lengkap)

Sebaliknya ikan jantan mempunyai corak yang kontras serta cerah, badannya lebih ramping dengan sirip menjumbai. Ukuran badan ikan betina lebih besar daripada jantan.

Indukan yang siap buat dipijahkan minimum berusia 4 bulan. Corak serta wujud ikan guppy sangat didetetapkan oleh aspek genetis.

Buat memperoleh hasil yang bagus pilihlah indukan yang unggul. Tidak hanya itu, pembudidaya dapat pula mencoba-coba menyilangkan induk guppy buat memperoleh generasi yang lebih baik.

Berikan Konsumsi Makanan yang Cukup serta Bergizi

Buat melindungi kesehatan ikan, pastinya pemberian makan pada ikan guppy wajib diberikan secara tertib.

Tidak hanya itu pemberian makanan yang bergizi pula bisa membantu memesatkan perkembangan ikan serta pembuatan warna corak ikan guppy kalian.

Serta yang tidak boleh kalian sepelekan merupakan jangan memberikan makanan hidup yang belum kalian bilas terlebih dulu, pastikan hingga kamu benar benar percaya santapan yang kalian masukan bersih serta higienis.

Sebab memberikan santapan hidup yang tidak higienis sangat berbahaya memunculkan bermacam penyakit yang dapat kapan saja melanda serta bisa mempersingkat usia ikan guppy yang kalian pelihara.

Cara Merawat Ikan Guppy


Pemisahan indukan

Saat sebelum dipijah, pisahkan dahulu jantan serta betinanya. Tempatkan pada wadah terpisah.

Air di dalam wadah wajib bersih ya. Ubah airnya 3 kali satu hari. Tidak perlu seluruhnya. Cukup sepertiga air di dalam wadah yang ditukar.

Dikala proses ini, berikan santapan seperti biasa. 2 kali satu hari. Jika dapat berikan daphnia ataupun moina.

Pemberian santapan yang teratur hendak membuat indukan sehat serta bugar dalam proses pemijahan.

Proses pemijahan

Saat sebelum proses pijah, isi wadah pemijahan dengan air bersih yang telah diendapkan. Minimum 24 jam. Kedalaman air yang diperlukan merupakan 25 centimeter.

Kepadatannya tidak lebih dari 30 ekor per 100 liter air. Bimbang? Sederhananya begini: akuarium berukuran 1 x 0,5 m cuma cukup buat menampung 30-40 ikan guppy.

Jika bisa, tempatkan tumbuhan air di dalam akuarium. Hydrilla, misalnya. Dengan begitu, ikan mempunyai tempat yang sempurna buat memadu kasih.

Baca Juga:  Daun Semangka Kuning

Pemijahan dapat dicoba satu per satu ataupun sekaligus. Tetapi, pemijahan massal lebih diajarkan sebab prosesnya yang lebih cepat, murah, serta instan. Rasio antara ikan jantan serta betina merupakan 1:5 ataupun 2:5.

Masukkan betina pada pagi hari. Perkenankan mereka terbiasa dengan area yang baru. Sore harinya, baru masukkan pejantannya.

Umumnya proses pemijahan berlangsung sepanjang 4 hingga 7 hari. Jika kalian memandang terdapat betina yang telah dibuahi, lekas pindahkan ke wadah penetasan.

Proses penetasan tergantung pada mutu air

Buat proses ini, kalian wajib melindungi mutu air. Wajib bersih serta diberi aerasi. Pemberian aerasi pula jangan kelewatan supaya tidak mengusik larva ikan.

Jaga mutu air dengan mengubah sepertiga air tiap 1- 3 hari. Bagikan santapan berbentuk daphnia ataupun moina pada induk tiap 2 hari.

Gupi ialah ikan ovovivipar. Maksudnya, mereka bertelur serta beranak.

Embrionya tumbuh dalam telur, serta telur hendak senantiasa terletak adalam badan induk hingga menetas.

Lama kehamilan, terhitung dari mulai pemijahan, ialah 3- 4 minggu.


Ubah Air Akuarium secara Teratur

Ikan guppy sangat sensitif dengan keadaan air yang kotor serta keruh, buat itu hendaknya lakukan pergantian air tiap 2 hingga 4 minggu sekali.

Buat meminimalisir air supaya tidak cepat kotor, hendaknya pasang filter aquarium yang sanggup menyaring sisa sisa makanan serta kotoran ikan guppy.

Jangan Mencampurkan Ikan Guppy dengan Ikan Kasar serta Predator

Ikan Guppy ialah ikan yang sansitif, terlebih bila ikan guppy masih anakan, makanya jangan sekali-kali menggabungkannya dengan ikan yang mempunyai sifat dasar kasar.

Sebab perihal ini hendak mengusik ikan guppy serta umumnya hendak menyebabkan ikan jadi stress serta bukan tidak mungkin dapat menimbulkan kematian.

Demikian ulasan mengenai Cara Merawat Ikan Guppy, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.

Cara Membuat Bibit Brokoli

admin
1 min read

Menanam Kiwi Di Dataran Rendah

admin
2 min read

Daun Semangka Kuning

admin
2 min read