Cara Merawat Bunga Sedap Malam Potong

4 min read

Cara Merawat Bunga Sedap Malam Potong

Cara Merawat Bunga Sedap Malam Potong – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Merawat Bunga Sedap Malam Potong. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Merawat Bunga Sedap Malam Potong


Sedap malam ataupun yang diketahui dengan nama latin Polianthes tuberosa ialah salah satu tipe tumbuhan bunga yang berasal dari daratan Meksiko.

Telah bertahun- tahun lamanya, bunga nikmat malam ini sudah melanglang buana ke bermacam penjuru dunia, tercantum Indonesia.

Tanah yang produktif dan hawa yang sesuai membuat tumbuhan bunga nikmat malam bisa berkembang produktif di daerah nusantara ini.

Di balik kenyataan kalau tumbuhan ini ialah tumbuhan bunga, nyatanya tumbuhan ini berasal dari umbi. Umbi yang ditanam setelah itu berkembang jadi tunas, tumbuh, serta menciptakan bunga.

Besar tumbuhan ini bisa menggapai 45 centimeter dengan daunnya yang panjang serta bercorak hijau. Umumnya daun hendak berkembang mengumpul di bagian pangkal batang serta menciptakan rumpun bunga yang bercorak putih.

Tumbuhan bunga Sedap malam pula diketahui bagaikan perennial plant ataupun tanaman hijau yang sanggup berkembang bertahun- tahun.

Umumnya masa produktif tumbuhan ini bisa menggapai 2 tahun lamanya, terhitung semenjak proses tanam.

Sedap malam, cocok dengan namanya, bunga ini mempunyai wangi yang khas serta hendak tercium di malam hari, bertepatan dengan waktu mekarnya bunga ini.

Bisa jadi terdapat sebagian warga yang mengaitkan fenomena ini dengan hal- hal yang berbau mistis. Tetapi tenang saja, di balik fenomena tersebut, ada sebagian uraian ilmiahnya.

Bunga yang banyak memiliki minyak atsiri ini mempunyai watak peka terhadap sinar, dimana sinar berakibat pada pergerakan sel tumbuhan ini.

Buat gerak tumbuhnya bunga Sedap malam lebih didominasi oleh rangsang hitam sehingga menimbulkan bunga ini mekar pada malam hari. Tidak hanya itu, diakibatkan pula oleh respon fotosintesis hitam yang dicoba pada malam hari.

Kegiatan ini hendak menciptakan zat- zat yang bertabiat volatil ataupun menguap, sehingga muncullah aroma wangi khas bunga nikmat malam yang kokoh.


Syarat Tumbuh Bunga Sedap Malam

Buat memperoleh tumbuhan bunga nikmat malam yang sempurna, pastinya Kamu wajib mengenali sebagian tentang keadaan area yang diinginakan oleh tumbuhan bunga nikmat malam buat bisa berkembang baik serta sempurna.

  • Berkembang sangat baik di dataran rendah, dengan ketinggian 600– 1500 mdpl
  • Keasaman tanah ataupun pH 5– 5, 7
  • Temperatur hawa 13– 27 derajat celcius
  • Curah hujan 1900– 2500 milimeter/ tahun
  • Tanah gembur serta banyak memiliki humus
  • Drainase baik

Cara Menanam Bunga Sedap Malam

Budidaya bunga nikmat malam lumayan gampang buat dicoba, serta apalagi Kamu dapat menanamnya di pekarangan rumah Kamu dengan memakai pot ataupun polybag.

Berikut ini merupakan metode– metode menanam bunga nikmat malam dalam pot, ialah bagaikan berikut:

  • Pemilihan Bibit Bunga

Sesi awal buat menanam bunga ini merupakan memilah bibit yang dapat dikatakan unggul. Tidak hanya memilah bibit unggul dari tumbuhan induk, perawatan bibit unggul pula jadi berarti buat dicoba.

Baca Juga:  6 Cara Budidaya Buah Pepaya Agar Hasil Baik dan Melimpah

Memanglah, pembibitan buat tumbuhan bunga yang satu ini bisa dikatakan butuh menunggu waktu yang lumayan lama. Tidak semata memangkas umbi, serta setelah itu langsung menanamnya.

Spesial tumbuhan ini, Kamu wajib melaksanakan sebagian“ ritual” pembibitan guna memperoleh tumbuhan bunga nikmat malam yang berbunga rimbun serta berkembang sempurna.

Berikut merupakan sebagian metode buat memperoleh bibit unggul tumbuhan bunga sedap malam:

    • Yakinkan bibit berasal dari tumbuhan induk yang telah tua( umur dekat 1, 5 tahun) serta kerap berbunga
    • Carilah bibit bunga nikmat malam yang masih mempunyai umbi
    • Yakinkan umbi pada bibit bunga tidak baret ataupun terluka
    • Mempunyai besar dekat 1– 2 cm

Bila persyaratan tersebut telah dipadati, hingga langkah berikutnya merupakan mempersiapkan bibit buat jadi bibit yang siap tanam. Berikut merupakan metodenya:

    • Ambil umbi dari tumbuhan bunga
    • Potonglah akar- akar pada umbi tersebut
    • Keringkan umbi dekat 3– 4 minggu
    • Simpan bibit sepanjang satu bulan penuh
  • Persiapan Media Tanam

Kala telah datang saatnya bibit bunga nikmat malam buat ditanam, pastinya Kamu wajib mempersiapkan media tanamnya terlebih dulu.

Bunga nikmat malam mempunyai watak toleran yang besar terhadap suasana ataupun keadaan lingkungannya. Oleh sebab itu, buat media tanam yang dibutuhkan pula simpel.

Dalam menanam bunga nikmat malam, Kamu dapat memakai media tanah. Maksudnya Kamu dapat langsung menanamnya di lahan, bila mempunyai pekarangan rumah yang tersisa, ataupun dengan memakai pot ataupun polybag.

Kamu leluasa dalam menentukannya, sesuaikan dengan kondisi Kamu. Dalam postingan ini hendak mangulas dengan khusus metode menanam bunga nikmat malam di pot.

Buat Kamu yang mempunyai kemauan yang sama, Kamu bisa mempersiapkan perlengkapan serta bahan di dasar ini.

    • Tanah
    • Arang sekam
    • Pupuk( kompos ataupun kandang)
    • Pot ataupun polybag yang telah dibuangi di bagian bawah
    • Cetok
    • Air secukupnya
  • Penanaman Bunga

Sehabis seluruh perlengkapan, bahan, serta bibit siap, hingga sesi berikutnya buat menanam bunga dengan wangi yang semerbak ini merupakan sesi penanaman bibit.

Berikut merupakan metode menanam bunga nikmat malam. Jangan kurang ingat buat menjajaki langkah- langkah ini dengan runtut:

    • Gabungkan tanah, arang sekam, serta pupuk jadi satu dengan perbandingan 1: 1: 1
    • Masukkan kombinasi ke dalam tanah
    • Buatlah lubang di bagian tengahnya sedalam 5 cm
    • Masukkan bibit bunga nikmat malam yang sudah disimpan
    • Tutup lagi dengan tanah
    • Padatkan tanah
    • Siram tanah dengan air secukupnya
    • Letakkan di tempat yang terserang cahaya matahari yang cukup

Perawatan Bunga Sedap Malam

Sesi menanam bunga nikmat malam tidak menyudahi hingga pada penanaman bibit saja. Pastinya bagaikan pelakon bercocok tanam, kita menginginkan hasil yang baik supaya usaha yang dikerahkan tadinya tidak percuma.

Tampaknya, usaha tersebut belum berakhir. Di mari Kamu pula butuh melaksanakan perawatan terhadap tumbuhan nikmat malam dengan teratur serta berkala.

Perawatan jadi poin berarti keberhasilan tumbuhnya tumbuhan bunga nikmat malam. Sebagian perlakukan yang butuh Kamu jalani pasca menanam bibit bunga nikmat malam.

  • Penyiraman

Dalam menjaga bibit bunga nikmat malam supaya bisa berkembang jadi bunga nikmat malam yang seutuhnya, hingga Kamu butuh menyiram tumbuhan tersebut seperlunya.

Baca Juga:  Cara Merawat Kucing Kampung

Tumbuhan bunga ini sangat memerlukan air paling utama pada fase dini pertumbuhannya bagaikan upaya buat memesatkan tumbuhnya tunas. Dianjurkan buat menyiram sebanyak 2 kali satu hari, ialah tiap pagi serta sore hari.

Bersamaan berjalannya waktu tumbuhan bunga nikmat malam ini hendak berkembang besar. Dikala seperti itu Kamu butuh kurangi keseriusan kegiatan penyiraman, yang awal mulanya 2 kali satu hari jadi satu kali satu hari.

Kamu leluasa memilah, apakah menyiram di sore hari saja ataupun di pagi hari saja. Intinya penyiraman wajib teratur dicoba!

  • Pemupukan

Gimana metode menanam bunga nikmat malam supaya kilat berkembang serta berbunga? Tidak hanya menyiram, pastinya perihal yang wajib dicoba merupakan pemberian pupuk.

Kamu telah bisa mengawali pemupukan sehabis umur tumbuhan dekat 6 bulan. Kamu dapat memakai pupuk kompos ataupun pupuk kandang.

Tidak hanya itu Kamu pula dapat silih menggabungkan pupuk buatan, semacam menggabungkan pupuk TSP dengan urea dengan perbandingan 1: 1.

  • Pemberantasan hama

Perihal berarti yang butuh dicermati dalam menjaga tumbuhan bunga nikmat malam merupakan melindungi tumbuhan dari hama serta penyakit, semacam belalang, ulat tanah, busuk umbi, serta layu daun.

Untuk Kamu yang menanam bunga nikmat malam langsung di lahan, hingga Kamu butuh buat melaksanakan penggemburan tanah serta revisi sistem drainase buat menjauhi penyakit busuk umbi serta layu daun.

Lebih lanjut, Kamu pula butuh menyemprotkan insektisida serta fungisida secara berkala buat menghindari tumbuhan terkena dari hama.

Cara Merawat Bunga Sedap Malam Potong


Masa Pemanenan Bunga Sedap Malam

Bila tiap proses tersebut telah Kamu lewatkan dengan baik serta tekun, hingga hasilnya juga tidak hendak mengkhianati usaha Kamu dalam bercocok tanam bunga nikmat malam.

Tumbuhan ini hendak menciptakan bunga yang rimbun, batang yang kuat, dengan wangi bunga yang pastinya telah dinantikan pada tiap malam.

Kamu tidak wajib melaksanakan proses panen terhadap tumbuhan ini bila Kamu tidak menginginkannya.

Kamu dapat memilah buat membiarkan tumbuhan ini berkembang bertahun- tahun serta membudidayakannya dengan melewati proses yang sama, sembari menikmati keelokan bunga yang satu ini.

Ataupun, Kamu juga pula dapat memilah buat memanennya, mengingat energi jual bunga nikmat malam yang lumayan besar dan bisa dimanfaatkan bagaikan penghias serta pengharum ruangan Kamu.

Tumbuhan bunga ini mempunyai masa produktif buat berbunga sepanjang 2 tahun. Buat tiap tanamannya hendak menciptakan 3 hingga 5 tangkai bunga.

Berikut merupakan metode ataupun langkah yang baik buat memanen bunga nikmat malam:

  • Umur dekat 7 hingga 8 bulan
  • Yakinkan tumbuhan telah berbunga, dekat satu ataupun 2 kuntum bunga
  • Pisahkan tangkai bunga dari rumpun tumbuhan dengan menarik ataupun memotongnya
  • Ikatlah tangkai- tangkai bunga jadi satu

Demikian ulasan mengenai Cara Merawat Bunga Sedap Malam Potong , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.