Cara Merawat Bunga Dahlia Agar Selalu Berbunga

2 min read

Cara Merawat Bunga Dahlia Agar Selalu Berbunga

Cara Merawat Bunga Dahlia Agar Selalu Berbunga – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Merawat Bunga Dahlia. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Merawat Bunga Dahlia Agar Selalu Berbunga


Bunga Dahlia ialah tanaman perdu berumbi yang bersifat tahunan maupun perenial, bunga ini berbunga di masa panas hingga masa gugur.Bunga ini berasal dari Meksiko, sehingga Bunga Dahlia yakni bunga nasional negara Meksiko.

Terdapat berbagai jenis bunga dahlia antara lain Hanakerusai Dahlia, Bunga Dahlia Kuning, Hibotan Dahlia, Yukitemari Dahlia, dan masih banyak yang yang lain.

Karena bunganya yang indah, banyak orang yang berupaya menanam bunga dahlia di pekarangan rumah mereka maupun diteras rumah mereka buat memperindah tampilan rumah.

Ahli tanaman sukses mengembangbiakkan Dahlia yang sehabis itu dinamakan Dahlia juarezii. Dahlia juarezii yakni salah satu nenek moyang segala bunga Dahlia hibrida( persilangan) yang terdapat dikala ini ini.


Syarat Tumbuh Bunga Dahlia

Tanaman bunga dahlia ini sangat memerlukan tempat terbuka karena membutuhkan banyak sinar matahari tanpa ada hambatan tertentu.

Tumbuhan dahlia dapat tumbuh di tanah lempung berpasir yang memiliki isi humus dan memiliki tata hawa yang sangat baik dan lahan yang gembur dengan pH maupun derajat keasaman tanah dekat 6, 0- 8, 0.

Tanaman dahlia hanya dapat tumbuh dengan sangat baik di daerah daratan besar dengan ketinggian dekat 700- 1. 000 meter dpl.

Baca Juga:  Tanam Cabai Keriting : Proses Pembibitan, Penanaman dan Panen Sukses(Panduan Lengkap)

Cara Perawatan Bunga Dahlia

Dalam budidaya bunga dahlia Sejauh persemaian tanaman harap disiram 1× satu hari dan jangan diberi pupuk karena santapan di media tanam pula sudah lumayan buat Bunga.

  • Penyiangan

Penyiangan gulma dicoba dengan hati- hati karena bisa mengusik bibit yang masih mudah rusak. Tanaman di dalam polibag di siram 1 maupun 2 hari sekali di waktu pagi maupun sore kecuali apabila cuaca hujan.

Gulma hendak sulit tumbuh apabila di siangi dengan di cabut maupun di ambil dengan cangkul kecil buat menjauhi hama.

Bunga Dahlia di semprot dengan pestisida antracol 2 minggu sekali pada disaat pergantian masa kemarau maupun hujan.

Pupuk daun gandasil dan satu gram NPK diberikan seminggu sekali. Penyulaman dan penjarangan dicoba buat pertumbuhan Bunga yang seragam, Mengenai ini bisa dicoba disaat Bunga berusia 3 Minggu.

Bibit tidak tumbuh sempurna bila pengairan telat dicoba. Penjarangan Bunga wajib dicoba biar diameter Bunga mencapai maksimal.

Pada Dahlia kaktus putih cuma satu bunga yang dibiarkan hidup pada satu tangkai. Kebalikannya di jenis Dahlia semi- kaktus terdapat 5 maupun 6 Bunga.

Penyiangan dicoba sesuai dengan pertumbuhan gulma pada waktu pemupukan perbumbunan. Penangkalan pertumbuhan gulma dicoba dengan menghamparkan mulsa organik pada tanaman.

Pada disaat Bunga mencapai 1 M, Bunga dibumbun dan disangga dengan 2 bambu biar tidak roboh.

  • Pemupukan

Pemupukan dicoba masing- masing 10 hari mengenakan urea, SP- 36 dan KCI tiap- masing- masing sebanyak 2 Gram maupun NPK sebanyak 5 Gram.

Pemberian 10 hari sehabis pindah tanam. Pupuk diberikan dalam larikan sejauh 15 Cm dari pangkal batang setelah itu tutup pupuk dengan tanah. Pengairan dan penyiraman dicoba sesuai pertumbuhan Bunga.

Di dini pertumbuhan, di dekat pangkal batang sampai titik terluar tajuk jangan mengering. Apabila perlu siramlah tanaman 2- 3 kali satu hari maupun tergantung cuaca.

Baca Juga:  Cara Menanam Lidah Buaya : Penanaman, Pembibitan Dan Manfaat

Sehabis itu penyiraman bisa dicoba 5× satu hari. Penyiraman perlu dicoba sehabis pemberian pupuk pada Bunga Dahlia.

  • Penyiraman

Penyiraman dicoba buat melindungi supaya tanah tidak kering. Kontrol secara tertib tanah dalam pot, apabila sangat kering sesegera dapat jadi percikan air seperlunya. Karena apabila media tanam sangat basah sampai dapat memunculkan pembusukan pada bagian pangkal.

  • Pemupukan Susulan

Sebetulnya pemupukan ini dicoba hanya apabila tanaman kekurangan nutrisi, biasanya apabila mengenakan media pot pemupukan susulan dapat kalian lakukan masing- masing 1- 2 bulan sekali. Apabila kalian hadapi tanaman kurang produktif kalian bisa memberikan pupuk kandang sesuai dosis disekitar tanaman.

Cara Merawat Bunga Dahlia Agar Selalu Berbunga

  • Pemangkasan

Pemangkasan bermanfaat buat merangsang pertumbuhan lebih maksimal. Pangkas sebagian daun disaat bunga mulai tumbuh. Tahap ini bertujuan supaya nutrisi terfokus pada pertumbuhan bunga.

Pemangkasan yang lain buat menjauhi serbuan hama menyebar ke bagian lain, potong daun maupun batang yang tidak produktif guna merangsang pertumbuhan cabang lebih banyak.

Demikian ulasan mengenai Cara Merawat Bunga Dahlia, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.