Cara Mencangkok Pohon Durian (Berhasil)

1 min read

Cara Mencangkok Pohon Durian (Berhasil)

Cara Mencangkok Pohon Durian (Berhasil) – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Mencangkok Pohon Durian .

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Mencangkok Pohon Durian (Berhasil)


Durian ataupun yang diketahui pula dengan istilah“ King of fruit” ialah salah satu buah yang banyak diminati oleh pecinta buah- buahan.

Buah yang rasanya manis ini bisa disantap secara langsung maupun bisa diolah jadi bermacam berbagai olahan terlebih dulu, hingga tidak heran buah yang satu ini kerap diburu pada dikala masa panen rayanya.

Buah durian bisa diolah jadi bermacam berbagai olahan semacam, terbuat dodol durian, jadi kombinasi bahan kue- kue tradisional, semacam gelamai ataupun jenang, ataupun bisa pula difermentasikan jadi tempoyak.

Perbanyakan durian terdapat 2 metode, ialah secara generatif yang maksudnya menanam banyak tumbuhan ataupun biji, ataupun secara vegetatif yang didapat dari hasil cangkok, stek, maupun okulasi.

Apabila lahan yang disiapkan tercantum tidak begitu luas, lebih baik kamu tingkatkan kuantitas buah dengan metode mencangkok tumbuhan durian supaya kilat berbuah. Perihal itu bisa dicoba dengan metode berikut:


Mempersiapkan Perlengkapan dan Pohon Indukan

Saat sebelum melaksanakan pencangkokan, kamu wajib mempersiapkan perlengkapan semacam pisau yang kokoh serta tajam, tanah, plastik gelap ataupun sabut kelapa, pupuk kandang ataupun kompos, dan tali rafia.

Kamu pula wajib pandai dalam memilah tumbuhan induk yang hendak dicangkok. Karena, tumbuhan ini pula mempunyai kedudukan berarti dalam pertumbuhan tumbuhan nantinya.

Baca Juga:  Cara Menanam Belimbing Agar Buahnya Lebat (Panduan Lengkap)

Memilih tumbuhan yang telah merambah umur minimun 2 tahun, mempunyai banyak percabangan, tumbuhan yang senantiasa menciptakan buah bermutu serta berkuantitas lumayan besar.


Proses Pencangkokan

Pencangkokan hendaknya dicoba pada dini masa penghujan. Tetapi, bila memilah buat melaksanakannya dikala kemarau, lebih baik diiringi dengan penyiraman sebanyak 2 kali satu hari serta dicoba secara teratur.

Begini metode mencangkok tumbuhan durian supaya buahnya bermutu serta menciptakan banyak buah:

  • Seleksi cabang tumbuhan yang tidak sangat muda ataupun tua
  • Kupas kulit cabang dengan panjang 5 sampai 10 sentimeter sampai cuma menyisakan daging cabang.
  • Bilas cabang dari lendir yang masih melekat dikala kulit dikelupas.
  • Perkenankan batang sebagian dikala sampai kering, tujuannya buat melenyapkan kambium pada cabang.
  • Sehabis kering, tutup daging cabang tersebut dengan tanah yang telah dicampur dengan pupuk. Yakinkan wujud tanah dengan benar serta menyeluruh pada daging cabang tumbuhan yang telah dikuliti.
  • Bungkus tanah tersebut memakai plastik ataupun sabut kelapa serta ikat kokoh pada ujung plastik yang sudah melingkar pada cabang.
  • Lubangi plastik pada bagian tengah bagaikan perputaran hawa serta air dengan jarak tiap- tiap satu sentimeter
  • Siram hasil cangkok tersebut tiap hari supaya tanah senantiasa lembab.

Biasanya, pangkal cangkok hendak mulai berkembang dalam kurun waktu 2 sampai 5 bulan. Apabila pangkal telah lumayan banyak serta kokoh, petani bisa memotong cabang tersebut buat ditanam sendiri di tanah.


Demikian ulasan mengenai Cara Mencangkok Pohon Durian (Berhasil) , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.