Cara Mencangkok Pohon Duku Untuk Pemula (Sampai Berhasil)

3 min read

Cara Mencangkok Pohon Duku (Sampai Berhasil)

Cara Mencangkok Pohon Duku Untuk Pemula (Sampai Berhasil) – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Mencangkok Pohon Duku.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Mencangkok Pohon Duku Untuk Pemula (Sampai Berhasil)


Duku ialah satu dari sekian banyak buah yang berasal dari Indonesia. Nyaris di seluruh daerah nusantara mempunyai tumbuhan duku yang tersebar secara menyeluruh.

Terdapat 3 tipe duku yang sangat banyak ditanam di Indonesia, ialah duku komering, duku metesih, serta duku condet. Tidak hanya rasanya yang fresh, duku pula digunakan menyembuhkan bermacam berbagai penyakit.

Kulit serta biji duku digunakan bagaikan obat diare serta demam, sebaliknya kulit kayunya dapat digunakan buat mengobati disentri.

Metode budidaya duku dicoba dengan pengolahan lahan yang baik. Duku hendak berkembang optimal apabila ditanam di lahan dengan tingkatan pH sebesar 6—7.

Apabila keadaan pH tidak cocok dengan persyaratan berkembang duku, butuh dicoba proses pengapuran. Proses ini dapat dicoba dengan metode penyiraman di dekat zona lahan.

Lahan pula wajib mempunyai bahan organik serta drainase tanah yang baik. Persiapan lahan dicoba pada masa kering, sebaliknya penanaman dicoba di masa hujan.

Sehabis mengenali kelebihan perbanyakan tumbuhan duku memakai metode cangkok susu, serta kamu tertarik buat melaksanakannya berikut ini kami ulas menimpa


Perlengkapan dan Bahan Mencangkok Duku

Perlengkapan yang kita perlukan antara lain:

  • Pisau okulasi ataupun cutter yang tajam serta steril
  • Grafting tape ataupun plastik es ataupun plastik PE 02
  • Plastik lembaran buat menutup media cangkokan kira- kira 30cm×30cm ataupun sesuaikan dengan batang serta pula besar cangkokan
  • Tali rafia

Bahan- bahan yang diperlukan merupakan:

  • Tumbuhan induk yang bermutu unggul, produktivitas besar, leluasa dari serangn hama serta penyakit
  • Bibit duku hasil persemaian biji berusia dekat 6 bulan ataupun sudah mempunyai batang kira- kira sebesar pensil, yang hendak diambil batang bagian dasar serta akarnya buat ditempelkan.
  • Cocopeat buat media cangkok
Baca Juga:  Cara Menanam Tebu : Persiapan Lahan, Pembibitan, Penanaman, Hama dan Pemanenan

Tahapan Langkah Mencangkok Duku

Ada pula langkah- langkah perbanyakan tumbuhan buah duku dengan tata cara cangkok susu merupakan bagaikan berikut:

Siapkan 2, 3 ataupun lebih bibit duku hasil persemaian biji, jumlah ini dapat disesuaikan dengan kemauan serta besar batang yang hendak dicangkok, cabut bibit dari persemaiannya.

Potong batang bibit sampai menyisakan dekat 10 centimeter dari pangkal batang, potong pula pangkal yang sangat panjang, tinggalkan kira- kira 10 centimeter.

Sampai tersisa 20 centimeter yang terdiri dari batang serta pangkal, bilas pangkal serabutnya buat memicu perkembangan pangkal baru, setelah itu mencuci pangkal sampai bersih

Memilih batang yang hendak dicangkok, buat 2 keratan melingkar berjarak 2- 3 centimeter, setelah itu kupas setengah saja kulit batang diantara 2 keratan tersebut.

Dan inilah salah satu perbandingan cangkok susu tumbuhan duku dengan tumbuhan yang lain.

Dimana dalam melaksanakan cangkok susu pada tumbuhan buah yang lain pengupasan kulit dicoba seluruhnya melingkari batang bibit.Kemudian kerok kambiumnya sampai bersih serta tidak tersisa lendirnya.

Buat sayatan memanjang dekat 8 centimeter, dengan menyayat kulit batangnya sampai bagian kayunya nampak, jalani dari atas ke dasar, dengan jarak 2- 3 centimeter di atas cangkokan.

Sayatan ini digunakan buat melekatkan batang bibit hasil persemaian biji tersebut, jumlah sayatan disesuaikan dengan besar batang yang hendak dicangkok serta jumlah bibit yang dipunyai.

Pasang tali pengikat ialah plastik es ataupun grafting tape ataupun plastik PE 02 dengan metode mengikatkannya pada batang yang disayat buat mengikat batang bibit yang nantinya hendak ditempelkan pada sayatan.

Sayat miring batang bibit yang hendak ditempelkan sejauh 8 centimeter, memakai pisau yang tajam, upayakan sayatan serata bisa jadi supaya dikala ditempelkan bisa melekat sempurna tanpa terdapat rongga

Ikat tempelan memakai plastik es ataupun grafting tape, metode pengikatan diawali dari dasar/ sistem susun genteng supaya dikala hujan air tidak masuk.

Pada bagian atas sayatan ikat serapat bisa jadi, serta pemasangan pangkal berakhir.Sesi berikutnya ialah pemasangan plastik pembungkus media.

Pakai plastik buat membungkus media cangkok, lingkarkan/ balutkan plastik pada batang cangkokan serta satukan sambungan memakai lidi yang diruncingkan terlebih dulu.

Lebar bundaran disesuaikan dengan kebutuhan, bila menginginkan media lebih banyak buat lebih lebar, upayakan sambungan terletak di bagian dasar.

Baca Juga:  √ Cara Merawat Bunga Anthurium dengan Benar (Panduan Lengkap)

Ikat bagian dasar plastik memakai tali rafia dekat 2 centimeter dibawah keratan.Masukkan cocopeat pada plastik yang sudah diikat bagian bawahnya pada batang cangkok, padatkan secara hati- hati.

Butuh diingat kalau cocopeat yang bisa digunakan buat mencangkok maupun digunakan buat media tanam merupakan cocopeat yang telah disterilkan dari zat tanin yang tercantum didalamnya.

sebab zat tanin tersebut bisa membatasi perkembangan tumbuhan. Metode simpel buat melenyapkan zat tanin tersebut merupakan dengan cuci cocopeat.

Letakkan cocopeat di atas saringan, alirkan air di atasnya, remas- remas cocopeat sampai air cuciannya jernih, setelah itu keringkan dengan menjemurnya dibawah cahaya matahari.

Cara Mencangkok Pohon Duku (Sampai Berhasil)

Saat sebelum digunakan buat mencangkok basahi terlebih dulu cocopeat sampai lembab, jangan sangat basah, ialah bila dipegang tidak basah hendak namun dingin/ memiliki air.

Sehabis dirasa lumayan, buang lidi, kemudian ikat rapat bagian atas plastik sampai dikala hujan air tidak masuk, ikat pula bagian tengahnya supaya media cocopeat lebih padat.

Tidak butuh terbuat lubang pada plastik, sebab pemakaian cocopeat bagaikan media cangkok mempunyai keunggulan tertentu.

Salah satunya bisa mengikat/ menahan air dalam waktu yang lama sehingga tidak membutuhkan penyiraman apalagi sampai cangkokan jadi serta siap tanam.

Bila pencangkokan dicoba pada masa hujan, tambahkan plastik pelindung ataupun ikat memakai grafting tape di atas jalinan bagian atas supaya air hujan tidak masuk.

Cangkok susu pada tumbuhan duku terbilang lebih lama bila dibanding dengan tumbuhan buah yang lain.

umur cangkok susu dapat ditanam/ turun cangkok mulai usia dekat 3 bulan, ataupun bila pangkal telah nampak penuh cangkokan siap dipotong buat ditanam.

Demikian ulasan mengenai Cara Mencangkok Pohon Duku Untuk Pemula (Sampai Berhasil) , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.