Cara Mencangkok Pohon Alpukat Untuk Pemula (Sukses)

3 min read

Cara Mencangkok Pohon Alpukat Untuk Pemula (Sukses)

Cara Mencangkok Pohon Alpukat Untuk Pemula (Sukses) – kali ini kita akan membahas tentang Cara Mencangkok Pohon Alpukat

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Mencangkok Pohon Alpukat Untuk Pemula (Sukses)


Alpukat ataupun avocad merupakan salah satu tipe buah yang berasal dari famili Lauraceae serta genus Persea dengan nama latin Persea americana.

Buah alpukat ialah tipe buah yang mempunyai isi lemak nabati yang besar. Daging buahnya sangatlah legit serta kaya hendak khasiat yang bagus untuk kesehatan.

Sebagian khasiat dari buah alpukat merupakan buat menghindari resiko terserang penyakit stroke, melindungi kesehatan mata, menyembuhkan maag, merendahkan kandungan kolesterol dan banyak lagi.

Dengan bermacam khasiat yang ditawarkan tidak heran bila banyak yang telah membudidayakan tumbuhan alpukat ini.


Langkah Mencangkok Tumbuhan Alpukat

Terdapat banyak langkah yang butuh dilihat dalam jalani budidaya alpukat melalui metode mencangkok. Tersebut langkah– jalannya.

  • Mempersiapkan Bibit Alpukat

Seleksi tumbuhan yang dipakai jadi bibit cangkokan dari tumbuhan indukan yang memiliki cerita yang bagus, semacam buah yang rimbun, perasaan yang lezat, tumbuhan yang kokoh, dan tahan pada hama.

Seleksi cabang tumbuhan yang bukanlah sangat tua juga bukanlah sangat muda, dan bukanlah sangat banyak cabang.

Seleksi dahan ataupun cabang yang tegak lurus dan terkena sinar matahari, karena hendak mempengaruhi proses fotosintesis. Kemudian kerjakan langkah– langkah pencangkokan semacam berikut:

Sajikan perlengkapan– alatnya terlebih dahulu. Plastik, tali rafia, pisau tajam, tanah dan pupuk 1: 1

  • Sayat batang melingkar di bagian atas dan dasar dengan mengenakan pisau yang tajam dengan jarak sepanjang kurang lebih 10– 15 centimeter.
  • Kupas kulit cabangnya hingga bersih, dan mensterilkan kambiumnya melalui metode mengosok2kan pisau ke cabang yang telah kita kupas kulitnya barusan. Buang kambium dapat percepat pertumbuhan pangkal.
  • Ikat plastik pada salah satunya ujung batang yang telah disayat dan dikupas kulitnya barusan dengan tali rafia. Kemudian tarik ujung plastic yang lain ke atas dan isi dengan tanah yang telah digabung pupuk.
  • Padatkan tanah perlengkapan cangkok, lalu ikat di bagian ujung perlengkapan cangkok dengan tali rafia.
  • Bagikan lubang kecil– kecil pada plastik pembungkus tanah cangkok jadi ventilasi hawa.
  • Setelah cabang cangkok keluarkan pangkal, biasanya seputar 3– 4 bulan, kemudian potong pangkal cabang kurang lebih 3 centimeter dari cangkokan. Kamu dapat pelajari lebih jauh menimpa langkah mencangkok biar kilat berkembang pangkal.
  • Membuka plastik penutup cangkokan dan tanam cabang cangkokan itu di polybag. Tempatkan dalam tempat yang teduh.
  • Siram 2 kali satu hari pada sore serta pagi hari dengan air yang bukanlah sangat banyak.
Baca Juga:  √ Cara Menanam Sayuran (Memanfaatkan Pekarangan Rumah)

Rawat hingga bibit cangkok keluarkan banyak pangkal dan daun, sampai cukuplah kokoh buat dipindahkan ke perlengkapan tanam. Langkah mencangkok tumbuhan alpukat nyaris sama melalui metode menanam cangkokan kelengkeng.

  • Mempersiapkan Tempat Buat Menanam

Tumbuhan alpukat begitu cocok bila ditanam pada ruang dengan ketinggian 200– 1500 mdpl, dengan tempat yang banyak tercantum zat organik dan tanah dengan pH 6– 6. 5. Diluar itu seleksi ruang yang terkena matahari sepanjang seharian. Persiapan yang butuh kamu kerjakan yakni:

    • Gemburkan tanah dan singkirkan batu– batuan yang terdapat di sekelilingnya.
    • Mensterilkan tempat dari rumput– rumput liar dan tumbuhan gulma.
    • Buat lubang sama dengan dimensi polybag, ataupun seputar 60cm x 60cm, dengan kedalaman½ meter. Apabila menanam tumbuhan dengan jumlahnya yang banyak, bikinlah jarak yang sama ialah seputar 6m x 6m.
    • Masukan pupuk kandang dalam lubang hingga hingga 2/ 3 sisi. Kemudian biarlah 3– 4 minggu, hingga pupuk benar– benar menyerap dalam tanah.
  • Proses Penanaman

Sehabis itu proses penanaman. Kerjakan langkah buat langkah di dasar ini buat mendapatkan hasil yang maksimal.

Pisahkan polybag dari bibit cangkokan. Kerjakan lambat- laun– tempat, jangan sempat mengganggu perlengkapan semai dan menyebabkan kehancuran pangkal.

Masukan bibit cangkokan dalam lubang yang telah kita buat persiapan pada perlengkapan halaman.

Timbun dengan campuran tanah galian lubang yang telah digabung dengan pupuk kompos ataupun pupuk kandang yang dibuat dari kotoran ternak.

Siram dengan air yang bukanlah sangat banyak.

  • Perawatan Tanaman

Setelah proses penanaman tuntas, sehabis itu yang butuh dilihat yakni perawatan tumbuhan. Perawatan tumbuhan dibagi dalam selangkah.

  • Penyiraman Tanaman

Penyiraman tumbuhan dikerjakan 2 kali satu hari, ialah pada sore serta pagi hari. Tidak butuh dikerjakan penyiraman bila hari hujan. Kamu dapat ketahui lebih jauh langkah melindungi tumbuhan yang nyaris mati.

  • Pemupukan Tanaman
Baca Juga:  Cara Mencangkok Pohon Duku Untuk Pemula (Sampai Berhasil)

Pemupukan tumbuhan dikerjakan kurang lebih 4 kali dalam satu tahun. Pupuk yang biasa dipakai yakni pupuk TSP, pupuk urea, dan pupuk KCI,melalui dimasukkan ke lubang sedalam 30 centimeter di dekat tumbuhan.

  • Penggemburan Tanah

Kerjakan penggemburan tumbuhan bila nampak tanah sudah mulai memadat, kerjakan dengan hati– hati biar tidak menyebabkan kehancuran pangkal tumbuhan.

Penggemburan diucap biar mengkonsumsi hawa buat tumbuhan meresap nutrisi masih terbangun.

  • Pemangkasan Tanaman

Kerjakan pemangkasan bila nampak sisi cabang yang berkembang sangat rapat, dan pada cabang– cabang yang mati. Setelah di pangkas, biar tidak terinfeksi jamur ataupun penyakit cepatlah bagikan fungisida.

  • Penyiangan Tanaman

Penyiangan tumbuhan begitu berarti buat singkirkan tumbuhan gulma yang berkembang di seputar tumbuhan.


Pemanenen Buah Alpukat

Mengenai sangat akhir yang butuh mengalami yakni jalani pemanenan buah alpukat. Tumbuhan alpukat yang ditanam melalui metode vegetatif hendak berbuah meningkat kilat, ialah pada 5– 8 tahun.

Kemudian buah dapat dipanen seputar 5– 7 bulan setelah bunga mekar. Mengenai ini pastinya bergantung pada perawatan yang dikerjakan.

Cara Mencangkok Pohon Alpukat Untuk Pemula (Sukses)


Keuntungan Mencangkok Alpukat

Apa keunggulan menanam melalui metode mencangkok? Sebagian keunggulan menanam melalui metode mencangkok ialah:

Tumbuhan meningkat kilat berbuah. Apabila di banding melalui metode menanam melalui biji, jadi menanam melalui metode mencangkok terus menjadi lebih kilat berbuah.

Hasil tumbuhan memiliki kepribadian dan kepribadian yang sama pula dengan induknya.

Apabila induknya berbuah rimbun dan rasa- rasanya lezat, jadi hasil tumbuhan melalui metode mencangkok hendak berbuah rimbun dan rasa- rasanya lezat.

Demikian ulasan mengenai Cara Mencangkok Pohon Alpukat Untuk Pemula (Sukses) , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.

Cara Membuat Bibit Brokoli

admin
1 min read

Menanam Kiwi Di Dataran Rendah

admin
2 min read

Daun Semangka Kuning

admin
2 min read