Cara Menanam Wortel Yang Baik 100% Berhasil

2 min read

12 Cara & Langkah Menanam Wortel Yang Baik Agar Hasil Memuaskan

Cara Menanam Wortel Yang Baik 100% Berhasil – Pada kesempatan kali ini Berkebun akan memberikan informasi mengenai cara menanam wortel yang baik agar memperoleh hasil yang memuaskan. Tanaman wortel ini memiliki banyak sekali manfaat seperti mencegah penyakit jantung, mencegah kanker, menyehatkan kulit, mata dan lain sebagainya.

Cara menanam wortel pun tidak begitu sulit, hanya saja ada beberapa hal penting yang harus dipahami baik itu dari syarat menanam sampai dengan tahap menanam. Untuk mengetahui informasinya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Cara Menanam Wortel Yang Baik 100% Berhasil

1. Bibit Wortel

Langkah pertama dalam proses penanaman wortel adalah dengan mempersiapkan bibit wortel yang baik dan tidak busuk. Karena proses pembibitan akan berpengaruh pada perkembangan wortelnya nanti. Jika bibit wortel bagus, maka akan menghasilkan wortel yang bagus pula, begitupun sebaliknya jika bibit wortel jelek maka wortel yang akan dihasilkan pun jelek.

2. Persiapan Lahan

Kemudian siapkan lahan yang bagus untuk menaman wortel yakni area persawahan atau area pesisir. Dan siapkan lah lahan yang jauh dari ancaman longsor dan banjir.

3. Pengolahan Lahan

Lahan yang akan dijadikan sebagai media tanam terlebih dahulu di cangkul atau dilakukan penggemburan agar dalam proses penanaman nanti sesuai dan tidak terlalu susah.

4. Penebaran Pupuk Organik

Setelah melakukan pengolahan lahan, kemudian tebarkan pupuk organik ataupun pupuk kandang ke dalam tanah yang sudah dibuat dan masukkanlah secukupnya saja. Cara ini perlu dilakukan agar dapat mempercepat proses pertumbuhan wortel tersebut menjadi lebih besar.

Baca Juga:  Daun Tespong

5. Menanam Benih Wortel

Setelah itu masukkan benih wortel ke dalam tanah yang sudah disiapkan dan masukkan ke dalam satu lubang dan setiap lubang minimal anda masukkan sebanyak 2 sampai 3 biji wortel agar lebih cepat dalam proses pertumbuhan wortel nantinya.

6. Penyiraman Wortel

Proses penyiraman dilakukan pada saat wortel sudah ditanam dan sudah mulai tumbuh. Lakukanlah penyiraman di pagi dan sore hari agar dalam proses perkembangan dan pertumbuhan dapat lebih cepat dan baik.

7. Pemeliharaan

Dalam pemeliharaan tanaman wortel dianjurkan setiap seminggu dua kali agar dalam proses pertumbuhan wortel dapat terlihat apakah terhindar dari penyakit ataupun terganggu oleh tumbuhan lainnya.

8. Pemilihan Pupuk dan Pemupukan Ulang

Sebelum memupuk ulang, terlebih dahulu melakukan pemilihan pupuk yang bagus dan baik. Adapun salah satu pupuk yang bagus untuk wortel adalah pupuk ponska dan urea. Kemudian taburkan pupuk disekeliling tanaman wortel dan masukkan pula ke dalam tanah agar proses penyerapan pupuk tersebut dapat lebih cepat dan baik.

Dalam proses pemupukan jangan sampai terkena batang wortel karena menyebabkan mati dan layu, maka harus lebih hati hati dan diperhatikan agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

9. Pemilihan dan Penyemprotan Obat

Sebelum melakukan penyemprotan, pilihlah obat kimia yang khusus untuk wortel dan memiliki kualitas yang bagus, tujuannya untuk proses pencegahan terkena hama ataupun hal lainnya.

Dalam proses penyemprotan wortel berbeda dengan cabe rawit, wortel tidak boleh terlalu sering. Lakukan penyemprotan dengan tidak terlalu banyak obat, karena akan membuat efek yang kurang baik sehingga akan membuat rugi.

10. Penyiangan

Dalam proses penyiangan harus dilakukan dengan cara yang baik agar tidak menganggu pertumbuhan wortel lainnya. Penyiangan ini dapat dilakukan dengan cara membersihkan tanaman rumput bebas agar tidak mengganggu wortel.

Baca Juga:  Cara Menanam Paprika : Gizi, Manfaat, Penanaman, Perawatan dan Pemanenan

11. Pengendalian Hama

Dalam pengendalian hama, terlebih dahulu mempersiapkan obat dan juga pemeliharaan. Karena jika tidak ada persiapan dari sekarang nantinya akan mendapatkan hasil yang kurang baik.

12. Panen

12 Cara & Langkah Menanam Wortel Yang Baik Agar Hasil Memuaskan
12 Cara & Langkah Menanam Wortel Yang Baik Agar Hasil Memuaskan

Panen wortel dapat dilakukan dengan cara melihat cirinya, wortel yang sudah bisa dipanen adalah ubi wortel yang cukup besar dan tidak terlalu muda, masil terlihat tua dan cukup untuk dipanen.

Demikianlah informasi mengenai Cara Menanam Wortel Yang Baik 100% Berhasil. Semoga informasi diatas dapat membantu dalam proses menanam wortel kalian dan semoga berhasil dan bermanfaat. Terimakasih.

Cara Membuat Bibit Brokoli

admin
1 min read

Budidaya Kacang Tunggak

admin
3 min read

Makanan Yang Mengandung Fosfor

admin
2 min read