√ Cara Budidaya Porang Agar Berhasil 100 % (Panduan Lengkap)

Posted on

Cara Budidaya Porang Agar Berhasil 100 % (Panduan Lengkap)Hai-hai sobat berkebun, kali ini berkebun.co.id akan membahas tentang cara budidaya porang agar berhasil 100 %, sudah tidak asing lagi bagi kita semua bahwa porang adalah tanaman yang begitu fenomena, dan menjadi sebuah tanaman primadona untuk bisnis oleh sebab itu mari kita perhatikan artikel berikut ini :

Cara Budidaya Porang Agar Berhasil 100 % (Panduan Lengkap)

Tanaman porang ini memiliki ciri-ciri yang sangat jelas sekali sobat, dengan nama Latin Amorphophallus muelleri BI, berbeda dengan tumbuhan umbi-umbian lainnya. Tanaman herbal jenis porang ini memiliki batang yang tegak dan lunak. Tanaman ini juga memiliki batang halus berwarna hijau muda dan berbercak keputihan. Di Indonesia sendiri tanaman porang ini memiliki nama-nama yang berbeda sob sesuai dengan daerah asalnya juga.

Potensi usaha budidaya porang ini sangatlah besar lo sobat, porang juga telah dibudidayakan sejak sekitar tahun 1970-an, sampai saat ini tanaman porang ini masih saja berkembang, karna tanaman ini sangatlah laris di pasaran dalam negeri, sampai bahkan telah banyak diekspor ke luar negeri juga lo sobat, seperti negara jepang dan cina.

Kebutuhan ekspor porang per tahunnya bisa mencapai 750 ton, tetapi kurangnya para petani yang membudidayakan tanaman porang tersebut, sehingga masih seringkali tidak terpenuhi. Tau gak sob, harga porang berapa per kilo gramnya, untuk porang basah Rp.4000, sedangkan porang kering iris dihargai Rp.35.000. Oleh sebab itu mari kita bahas tentang cara budidaya porang berikut ini :

Baca Juga:  √ Cara Menanam Sayuran Dengan Sistem Hidroponik

1. Mempersiapkan lahan tanam

Sebenarnya tanaman ini tidaklah susah untuk dibudidayakan, yang pertama anda harus mempersiapkan lahan tanam yang cocok buat jenis tanaman ini, jelas setiap tanaman yang akan tumbuh subur, pastinya membutuhkan olahan tanah yang subur juga pastinya sob. bagaimana caranya, pastinya kita harus gempurkan terlebih dahulu tanah yang akan menjadi tempat tumbuh tanaman itu sendiri, campur dan aduk dengan pupuk kompos atau organik hingga merata.

2. Mempersiapkan bibit porang

Untuk mempersiapkan bibit porang ada beberapa teknik yang bisa dipakai untuk menanam porang. Teknik budidaya porang yang pertama bisa dengan menggunakan biji. Perlu diketahui bahwa porang akan berbunga pada periode kurang lebih 3-4 tahun. Selanjutnya bunga tersebut akan berubah menjadi buah dan kemudian menghasilkan biji yang baik.

Teknik menanam yang kedua adalah dengan bintik yang ada di antara batang dan cabang porang itu sendiri. Bintil yang dipanen ternyata bisa disimpan dan ditanam kembali sebagai bibit porang yang baik. Selanjutnya adalah menggunakan teknik dengan menggunakan umbi, umbi porang yang dipanen, dapat ditanam kembali lo sobat. Umbi ini menggunakan cara tanam di lahan pertanian.

Sebaiknya untuk menanam tanaman ini lakukan di bawah naungan, atau di tempat yang dingin dan lembab, sebab tanaman ini tidak begitu tahan terhadap sinar matahari langsung.

3. Perawatan

Jenis tanaman porang ini sebetulnya tidak memerlukan perawatan yang begitu susah, cukup sekali anda memberikannya pupuk organik atau kompos, bersihkan tanaman anda dari gulma penggangu, dan selalu menggemburkan tanahnya disekitar tanaman tersebut, supaya tanaman tersebut bisa menyerap nutrisi dengan maksimal.

4. Memilih Umbi

Tanaman porang ini dapat dipanen setelah 3-4  tahun, dari tumbuhan tersebut ditanam. Untuk cara panennya pun  dengan mengambil umbi yang paling besar dari porang tersebut. Biarkan saja umbi yang masih kecil di lahan pertanian anda, agar pada saat musim hujan umbi tersebut dapat tumbuh kembali.

Baca Juga:  √ Cara Merawat Bunga Anthurium dengan Benar (Panduan Lengkap)

5. Kualitas Porang

Kualitas porang, jika salah mengiris dan porang tidak kering pada saat penjemuran maka akan timbulnya jamur lo sobat. Timbulnya jamur pada irisan porang tentu saja akan merugikan anda karna dianggap porang anda tidak memiliki kualitas yang baik. Nilai tukar rupiah akan menurun karena kualitas irisan porang tidak bagus dengan adanya jamur. Untuk diketahui porang membutuhkan banyak sekali perhatian mulai dari pemanenan, memeliharan dan melestarikannya kembali agar menjadi tanaman porang yang baik.

Demikianlah cara Cara Budidaya Porang Agar Berhasil 100 % (Panduan Lengkap) yang dapat di uraikan dengan jelas dan terperinci oleh berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi pembacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.