√ Cara Menanam Kunyit yang Benar (Panduan Lengkap)

2 min read

√ Cara Menanam Kunyit yang Benar (Panduan Lengkap)

Cara Menanam Kunyit yang Benar (Panduan Lengkap) – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang cara menanam kunyit yang benar, yang pada kesempatan kali ini akan dipandu secara singkat dan terperinci oleh berkebun.co.id melalui artikel berikut ini :

Cara Menanam Kunyit dan yang Benar (Panduan Lengkap)

Mungkin anda semua sudah tidak asing lagi dengan tanaman kuyit yang satu ini, jenis tanaman ini sangat dikenal di seluruh wilayah Indonesia, bahkan di mancanegarapun sudah mengenalnya. Tumbuhan kunyit ini berawal dari Asia Tenggara hingga kini sudah merambah ke benua Australia hingga Afrika.

Tumbuhan kunyit ini, walaupun sering untuk dibuat sebagai bumbu masak karena berasal dari tanaman rempah, akan tetapi sebenarnya kunyit juga berguna untuk berbagai macam hal lainnya, seperti jamu untuk kesehatan, pewarna alami dan bahkan hingga untuk perawatan kulit.

Mempersiapkan Bibit Kunyit yang Unggul

Untuk menghasilkan tanaman kunyit yang baik maka langkah pertama anda harus mempersiapkan bibit kunyit yang baik dan unggul. Pilihlah bibit kunyit yang terdapat dari pecahan rimpang, hal ini dilakukan karena bibit kunyit akan bersifat mudah untuk tumbuh. Pilihlah bibit kunyit yang sehat tidak terkena penyakit, bibit yang digunakan dalam kondisi baik subur dan hijau, dan lakukan masa dormansi atau istrhat untuk tanaman yang akan dijadikan bibit, Ciri-ciri tumbuhan kunyit ini adalah memiliki warna kuning pada buahnya, dan warna kuning kehijauan pada daunnya.

Mempersiapkan Lahan Tanam

Selanjutnya adalah anda harus mempersiapkan lahan tanam yang diolah sebaik mungkin untuk dijadikan tempat tumbuhnya tanaman kunyit tersebut. Untuk pengolahan tanah anda harus mencampur tanah yang digemburkan terlebih dahulu dan dicampur dengan kompos dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1. Campurkan ketiga bahan tersebut hingga merata, dan isikan ke dalam pot yang telah Anda siapkan atau ke dalam bidang lainnya seperti karung.

Baca Juga:  Cara Menanam Temulawak Untuk Pemula (Sukses)

Proses Penanaman Bibit Kunyit

Bibit kunyit yang siap untuk ditanam adalah bibit yang sudah disemai terlebih dahulu dan sudah muncul tunasnya, hal-hal yang harus anda perhatikan dalam penanaman bibit kunyit adalah

  • Buatlah lubang pada media tanam kurang lebih dengan kedalaman 8 cm.
  • Masukkan masing-masing bibit atau tunas ke dalam masing-masing lubang yang telah disiapkan dengan perlahan.
  • Masing-masing lubang diisi dengan satu tunas atau satu bibit kunyit saja.
  • Tutup kembali lubang tanam dengan tanah yang berupa campuran tanah, kompos, dan pupuk kandang.
  • Sirami bibit yang telah ditanam tersebut secukupnya.

Dalam periode penanamannya, biasanya tanaman kunyit ditanam pada awal musim hujan, hal ini sama dengan tanaman-tanaman pada umumnya dikarenakan tanaman yang akan dikembangbiakkan akan membutuhkan air yang cukup banyak untuk tumbuh subur. Tanaman kunyit ini membutuhkan waktu tumbuh yang terbilang sangat cepat, yaitu kurang lebih 7 hingga 8 bulan saja.

Proses Perawatan Tanaman Kunyit

Setiap tanaman membutuhkan perawatan yang optimal, untuk menghasilkan buah kunyit yang baik anda harus melakukan perawatan sebagai berikut :

Pemupukan Pupuk yang digunakan untuk tanaman kunyit sebaiknya pupuk kompos atau pupuk organik, sebaiknya anda hindari pupuk kimia. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir resiko yang berbahaya akibat penggunaan pupuk kimia tersebut. Pemupukan dilakukan minimal setiap satu bulan sekali, dengan menggunakan, pupuk kandang, dan kompos dengan perbandingan 1:1.

Penyiangan Proses penyiangan perlu dilakukan agar tanaman utama yang anda tanam akan tumbuh dengan sempurna tanpa harus ada tanaman pengganggu lainnya, sebab tumbuhan yang tumbuh disekitar tanaman akan mengganggu proses penyerapan zat penting yang dibutuhkan tanaman kunyit tersebut.

Penyiraman Penyiraman dilakukan setiap 2 hari atau 3 hari sekali untuk tetap menjaga kelembaban media tanam. Jika tidak musim penghujan dan sebaiknya penyiraman dilakukan pada sore hari atau pagi hari. Perlu diperhatikan juga, jangan melakukan penyiraman terlalu banyak, sebab air yang tergenang terlalu banyak pada media tanam dapat menyebabkan bibit atau rimpang kunyit cepat membusuk.

Baca Juga:  √ Cara Budidaya Anggur Merah Agar Buah Maksimal (Panduan Lengkap)

Masa Panen Tanaman Kunyit

Untuk masa panen tanaman kunyit ini dalam satu periode panen, membutuhkan waktu kurang lebih 8 hingga 18 bulan untuk panen. Tetapi untuk melakukan pemanenan kunyit yang terbaik berada pada bulan ke 11 dan 12. Bagaimana cara untuk mengetahuinya, hal ini dapat anda perhatikan dengan layu atau jatuhnya daun kedua yang berada di tanaman. Selain itu juga, anda dapat melihat batang yang sebelumnya berwarna hijau kini menjadi bewarna agak kekuning kuningan yang artinya kunyit siap untuk dipanen.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Kunyit yang Benar (Panduan Lengkap) yang dapat dijelaskan dengan singkat dan terperinci oleh berkebun.co.id, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang pemula selamat berkebun semoga sukses dan terimakasih.

Cara Membuat Bibit Brokoli

admin
1 min read

Budidaya Kacang Tunggak

admin
3 min read

Makanan Yang Mengandung Fosfor

admin
2 min read