Cara Menanam Ubi Jalar Dengan 16 Langkah (Panduan Lengkap)

2 min read

perencanaan usaha budidaya ubi jalar

Cara Menanam Ubi Jalar Dengan 16 Langkah (Panduan Lengkap) – Cara menanam ubi jalar ternyata sangat mudah sekali, hanya diperlukan suatu kemauan dan niat maka semuanya akan berjalan dengan baik dan lancar. Ubi jalar adalah salah satu makanan nabati yang dikenal luas oleh masyarakat Indonesia, sehingga memiliki banyak peminat dan dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan.

Kali ini berkebun akan membahas mengenai cara menanam ubi jalar yang benar dan tepat. Untuk mengetahui pembahasannya, simak penjelasannya sebagai berikut:

Cara Menanam Ubi Jalar Dengan 16 Langkah (Panduan Lengkap)

1. Siapkan Modal

Pertama adalah siapkan modal yang matang dan cukup agar dapat melaksanakan proses penanaman hingga kedepannya secara lancar.

2. Siapkan Lahan

Persiapkanlah lahan yang akan dijadikan sebagai tempat budidaya ubi jalar. Persiapkanlah secara semaksimal mungkin, dan sebaiknya lahan yang bagus digunakan adalah area pegunungan dan perkebunan.

3. Bibit

Siapkan bibit ubi jalar untuk proses penanaman, karena dalam proses pembibitan ubi jalar harus batang ubi jalar yang baik dan tidak busuk. Proses pembibitan ini akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan ubi jalar ini, jika bibit ubi jalar bagus maka hasilnya pun akan bagus, namun jika jelek hasilnya pun akan jelek. maka perhatikanlah dengan sebaik mungkin.

4. Pengolahan Lahan

Lahan yang sudah siap dijadikan sebagai media tanam ubi jalar, diolah terlebih dahulu dengan proses pencangkulan atau penggemburan agar dalam proses penanaman ubi jalar nanti sesuai dan tidak terlalu sulit.

Baca Juga:  Cara Menanam Pakcoy, Ilmu Bertani (Sukses)

5. Penebaran Pupuk Organik

Sebelum menanam, terlebih dahulu tebarkan pupuk organik atau pupuk kandang ke dalam lubang tanah yang sudah dibuat tersebut kemudian masukkan pupuk ke dalam lubang secukupnya. Hal ini adalah salah satu cara yang baik untuk mempercepat proses pertumbuhan ubi jalar agar menjadi besar.

6. Menanam Benih Ubi Jalar

perencanaan usaha budidaya ubi jalar
perencanaan usaha budidaya ubi jalar

Masukkan ke dalam satu lubang dan setiap lubang minimal 4 batang yang dimasukkan benih ubi jalar agar lebih cepat dalam proses pertumbuhan ubi jalarnya nanti.

7. Penyiraman

Selanjutnya lakukan penyiraman pada tanaman ubi jalar, ketika sudah tumbuh maka anda boleh menyiramnya sesuai dengan kebutuhan dan secukupnya agar dalam proses perkembangan dan pertumbuhannya cepat dan baik. Biasanya melakukan penyiraman hanya pada musim kemarau, sedangkan pada musin hujan tidak perlu menyiramnya.

8. Pemeliharaan

Dalam pemeliharaan ubi jalar dianjurkan setiap seminggu dua kali agar dalam proses pertumbuhannya dapat terlihat apakah terhindar penyakit atau terganggu oleh tumbuhan lainnya.

9. Pemilihan Pupuk

Tidak semua pupuk kimia bagus, pilihlah pupuk yang berkualitas baik dan berguna bagi ubi jalar. Dan salah satu pupuk yang bagus untuk tanaman ubi jalar adalah pupuk ponska dan urea.

10. Pemupukan Ulang

Taburkan pupuk di sekeliling tanaman ubi jalar dan bagusnya juga masukkan ke dalam tanah dengan tujuan agar proses penyerapan pupuk tersebut lebih cepat dan lebih baik. Perlu diingat dalam proses pemupukan jangan terlalu banyak karena dapat menyebabkan mati atau layu, sehingga harus diperhatikan sesuai dengan dosisnya.

11. Pemilihan Obat

Penggunaan obat kimia juga perlu, banyak sekali saat ini obat khusus untuk ubi jalar.

12. Penyemprotan

Dalam penyemprotan ubi jalar tidak terlalu sering, hanya saja dalam penyemprotan perlu dengan cara yang tepat dan tidak terlau banyak obat yang dituangkan dalam tempat penyemprotan karena akan membuat efek yang sangat rugi bagi ubi jalar.

Baca Juga:  Cara Menanam Talas : Persiapan, Penanaman, Perawatan Dan Pemanenan

13. Penyiangan

Penyiangan harus dilakukan dengan cara baik dan tidak menganggu tanaman ubi jalar. Penyiangan dilakukan dengan cara membersihkan tanaman rumput bebas tersebut agar tidak menganggu ubi jalar.

14. Pengendalian Hama

Pengendalian hama dilakukan dengan cara menyiapkan obat, dan pemeliharaan karena hal itu sangat penting agar nantinya memperoleh hasil yang baik.

15. Panen

Panen ubi jalar dilakukan setelah ubi cukup besar dan tidak terlalu muda ataupun kecil setelah berusia 3,5 – 4,5 bulan. Sebaiknya panenlah ubi jalar yang besar-besar saja.

16. Pemasaran

Terakhir anda dapat menjualnya ke pasar atau kepada pemborong. Agar mendapatkan nilai jual tinggi anda juga dapat mengolahnya terlebih dahulu ke berbagai macam produk sesuai kreatifitas anda.

Demikianlah penjelasan mengenai Cara Menanam Ubi Jalar Dengan 16 Langkah (Panduan Lengkap). Semoga dapat bermanfaat. Terimakasih 🙂

Cara Membuat Bibit Brokoli

admin
1 min read

Budidaya Kacang Tunggak

admin
3 min read

Makanan Yang Mengandung Fosfor

admin
2 min read