Cara Menanam Pakcoy, Ilmu Bertani (Sukses)

2 min read

Cara Menanam Pakcoy, Ilmu Bertani (Sukses)

Cara Menanam Pakcoy, Ilmu Bertani (Sukses) – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang cara menanam pakcoy menurut ilmu pertanian agar sukses, yang akan di jelaskan secara singkat melalui artikel berikut ini :

Cara Menanam Pakcoy, Ilmu Bertani (Sukses)

Tanaman pakcoy adalah salah satu jenis sayuran yang sering kita jumpai di pasar ataupun di supermarket. Sayuran pakcoy ini masih satu golongan dengan sawi, dan pakcoy ini juga sering disebut dengan sawi sendok, sawi manis atau juga sawi daging.

Tanaman pakcoy memiliki banyak kandungan gizi dan memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi juga, oleh sebab itu banyak orang yang ingin membudidayakan pakcoy di rumah maupun di lahan pertanian. Berikut ini adalah langkah – langkah yang harus anda lakukan.

Syarat Tumbuh Pakcoy

Tanaman pakcoy dapat tumbuh di daerah tropis maupun subtropis baik dataran rendah maupun di dataran tinggi. Asalkan tanah yang akan ditanami sayuran tersebut kaya akan unsur hara dan tersinari sinar matahari. Tanah untuk menanam setidaknya memiliki pH sekitar 5,5 sampai 6, dan terdapat air yang cukup.

Mempersiapkan Lahan Tanam

Dalam melakukan pengolahan tanah sebaiknya anda gemburkan terlebih dahulu dengan menggunakan cangkul. Campurlah tanah tersebut dengan menggunakan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1 atau 7-10 ton per hektar. Jika anda akan menggunakan polybag, maka jangan terlalu penuh dalam pengisiannya.

Proses Penyemaian Pakcoy

Untuk melakukan penyemaian benih pakcoy anda bisa menggunakan sebuah nampan, atau langsung menggunakan polybag. Setelah media semai terisi tanah yang sudah tercampur pupuk kompos, maka buatlah lubang di dalam media tersebut dengan menggunakan jari anda, kira-kira sedalam 2-3 cm.

Baca Juga:  √ Cara Budidaya Anggur Merah Agar Buah Maksimal (Panduan Lengkap)

Kemudian masukkan dua atau tiga butir biji pakcoy ke dalam setiap lubang tersebut. Jika anda menggunakan polybag sebagai media semai, maka untuk setiap buah polybag berukuran 15 cm, bisa anda berikan sebanyak lima lubang semai. Setelah itu anda tutup kembli dengan tanah tipis-tipis saja.

Setelah itu letakkan media semai tersebut di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung, selanjutnya anda lakukan penyiraman dengan menggunakan sprayer, jangan terlalu banyak dalam melakukan penyiraman secukupnya saja.

Setelah 4-7 hari biasanya benih akan mulai tumbuh, setelah bibit tumbuh dengan 3-5 helai daun, maka anda bisa memindahkan bibit tersebut kedalam lahan tanam utama.

Prose Pemindahan Bibit

Jika lahan tanam sudah siap dan bibit siap untuk dipindahkan, maka anda harus melakukan pemindahan dipagi atau sore hari, agar pada saat pemindahan cuaca dalam keadaan segar (tidak panas). Buatlah lubang tanam pada bedengan dengan ukuran 4 x 6 cm.

Setelah pemindahan bibit pakcoy selesai, maka selanjutnya anda tinggal melakukan perawatan secara insentif. Untuk menghasilkan pakcoy yang segar dan maksimal sesuai dengan harapan.

Perawatan Tanaman Pakcoy

Sebenarnya dalam perawatan tidak terlalu rumit, namun jika anda menginginkan sebuah tanaman yang tumbuh dengan sehat dan subur, maka anda harus melakukan perawatan yang maksimal pastinya. Berikut adalah proses perawatan yang harus anda lakukan.

Penyiraman

Penyiraman dilakukan secukupnya setiap hari di pagi atau sore hari, apalagi kondisi cuaca tidak musim hujan, jika musim penghujan anda tidak perlu melakukan penyiraman. anda bisa melakukan penyiraman dengan menggunakan sprayer.

Penyiangan

Penyiangan wajib anda lakukan, sebab penyiangan bertujuan untuk memaksimalkan penyerapan unsur hara yang ada di dalam tanah yang dilakukan tanaman tersebut. Jika tidak dilakukan penyiangan maka tanaman utama akan terganggu dengan tanaman liar yang dapat menggangu proses pertumbuhannya.

Baca Juga:  Cara Merawat Bunga Aster Agar Selalu Giat Berbunga

Pemupukan

Pemupukan dapat menggunakan pupuk kandang, atau bisa juga menggunakan pupuk NPK atau Urea, jika menggunakan NPK setiap hektar diberi dengan dosis sekitar 300 kilogram, sedangkan jika menggunakan Urea dosis yang diberikan untuk per hektarnya adalah 50 kilogram.

Pembasmian Hama dan Penyakit

Jenis hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman pakcoy biasanya adalah siput,tritip,cacing bulu, ulat, jamur, serta bakteri. Semua ini bisa di atasi dengan menggunakan insektisida, dengan penanganan yang baik dan benar.

Jika perawatan dilakukan dengan maksimal, maka tanaman pakcoy bisa anda panen biasanya pada umur 30 – 40 hari setelah penanaman. Proses pemanenan ini bisa dilakukan dengan cara mencabutnya sampai ke akarnya, atau bisa juga dengan memotong sampai pangkal batangnya saja.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Pakcoy, Ilmu Bertani (Sukses) yang dapat dijelaskan secara singkat dan padat oleh berkebun.co.id, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya. Selamat mencoba semoga berhasil dan sukses terimakasih.