Cara Menanam Strawberry : Pembibitan, Penanaman, Perawatan dan Pemanenan

2 min read

Cara Menanam Strawberry : Pembibitan, Penanaman, Perawatan dan Pemanenan

Cara Menanam Strawberry : Pembibitan, Penanaman, Perawatan dan Pemanenan – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Strawberry.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :

Cara Menanam Strawberry : Pembibitan, Penanaman, Perawatan dan Pemanenan


Buah strawberry ialah tumbuhan yang banyak orang menyukainya. Tidak hanya rasanya yang lezat, buah strawberry memiliki khasiat yang sangat banyak sekali.

Dikala ini Kamu dapat menanam buah strawberry di pot ataupun polybag dengan memakai biji sendiri di rumah. Terdapat sebagian metode yang dapat dicoba buat menanam buah strawberry.

Pada postingan tadinya, aku sudah berikan pembahasan tentang metode menaman strawberry hidroponik. Tidak hanya itu, menanam strawberry dapat dicoba dengan memakai stolon, tumbuhan eksisiting pula memakai biji.


Khasiat Buah Strawbery

Saat sebelum kita mangulas menimpa metode menanam buah strawberry. Lebih baik Kamu wajib mengenali apa saja khasiat buah strawberry. Paling utama buat kesehatan. Inilah khasiat buah strawberry buat kesehatan.

  • Buah strawberry bisa menolong menghindari penyakit kanker. Perihal ini disebabkan isi antioksidan yang besar didalam strawberry serta bisa melenyapkan radikal leluasa.
  • Buah strawberry bisa melindungi kesehatan jantung, anthocyanidins, serta vit C. Ini bisa menolong menghindari pembekuan darah serta melindungi pembuluh arteri dari kehancuran.
  • Buah strawberry bisa menolong merendahkan kolesterol serta bisa menghindari penyakit cardiovaskuler.

Langkah Menanam Strawberry


  • Persiapan Bibit Strawberry

Saat sebelum dicoba penanaman, Kamu wajib senantiasa melaksanakan penyemaian. Penyemaian biji strawberry dapat memakai toples, wadah plastik ataupun yang lain yang bercorak putih ataupun gelap.

Baca Juga:  √ Cara Merawat Tanaman Kelengkeng Agar Hasil Melimpah (Panduan Lengkap)

Jangan memakai wadah yang bercorak. Mencuci wadah tersebut hingga betul- betul bersih. Masukan 2 lapis tisu ke dalam wadah, dapat pula lebih.

Kemudian basahi tisu dengan memakai air mineral. Basahi tisu hingga basah jangan hingga tergenang.

Jangan memakai air keran ataupun air sumur, sebab air tersebut memiliki zat yang dapat membatasi perkembangan benih strawberrynya.

Taburkan biji strawberry diatas tisu. Upayakan tidak terdapat biji yang melekat. Jadi seluruh biji wajib betul- betul terpisah. Bagikan jarak biar biji bisa berkembang dengan baik. Tutup wadah tersebut dengan rapat.

Setelah itu letakkan di wilayah yang tidak terserang cahaya matahari. Senantiasa control wadah tiap harinya. Dapat pula 3 hingga 4 hari sekali.

Upayakan tisu wajib senantiasa basah serta lembab. Umumnya biji strawberry memerlukan waktu 2 minggu buat berkecambah.

Bila pangkal telah memiliki panjang dekat 5mm hingga 1 centimeter, berati telah siap buat dipindah ke media pot. Buat panduan spesial tentang metode menyemai biji strawberry dapat Kamu baca disini.

  • Persiapan Media Tanam

Membuat media tanam buat strawberry nyaris sama dengan membuat media tumbuhan yang yang lain. Siapkan pot yang berdimensi lagi, minimun diameter 15 m.

Ambilah tanah yang telah digemburkan serta diayak. Setelah itu gabungkan dengan pupuk kandang serta arang sekam dengan perbandingan 2: 1: 1. Isilah media tanam tersebut ke dalam pot hingga terisi 2/ 3 pot.

Saat sebelum ditanam benih strawberry. Diamkan media tanam tersebut sepanjang 1 minggu. Biar media tanam lebih tercampur serta lebih lembab di bagian dalamnya.

  • Proses Penanaman Bibit Strawbery

Bila bibit strawberry yang disemaikan telah siap, saat ini saatnya dipindahkan ke media tanam yang telah Kamu buat. Cabut dengan hati- hati dari tisu bagaikan media penyemaiannya.

Baca Juga:  Cara Menanam Buncis : Manfaat, Pemilihan, Penanaman, Perawatan Dan Masa Panen

Masukan ke dalam lubang media tanam. Satu pot lumayan diisi 2 benih saja. Pada dikala pemindahan, jangan hingga akarnya rusak. Proses penanaman yang baik merupakan pada pagi hari.

Biar benihnya tidak gampang layu. Pada bagian atas tutupi dengan memakai abu sekam. Biar buah strawberry tidak gampang membusuk. Jalani penyiraman secara teratur 2 kali satu hari.

Cara Menanam Strawberry : Pembibitan, Penanaman, Perawatan dan Pemanenan

Proses Perawatan Tanaman

Proses perawatan tidak hanya melaksanakan penyiraman secara teratur pada pagi serta sore hari. Kamu wajib melenyapkan bagian daun ataupun tumbuhan strawberry yang mati.

Tidak hanya itu bila terdapat rumput ataupun gulma di dekat tumbuhan pula wajib dihilangkan. Ini hendak menganggu perkembangan tumbuhan strawberry. Pemupukan pula senantiasa dicoba.

Dapat dengan pupuk kompos ataupun pupuk npk. Biar buah strawberry kilat berbuah. Wajib dicoba pemotongan pada bagian tumbuhan yang menjulur panjang.

Sehingga tumbuhan dapat fokus dalam proses pembuahan. Buat penyiramannya lebih baik dengan metode disemprot. Jangan disiram sangat keras.


Proses Pemanenan

Proses pemanenan dicoba sehabis strawberry berusia 4 bulan. Waktu yang baik pemanenan dicoba pada pagi hari. Lumayan potong bagian atas buah. Jangan potong seluruhnya sebab hendak mengganggu tumbuhan yang lain.

Satu tumbuhan strawberry dapat berkembang sebagian kali serta umumnya tidak berkembang secara bertepatan. Gimana gampang bukan? Saat ini Kamu dapat menanam buah strawberry sendiri di rumah.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Strawberry : Pembibitan, Penanaman, Perawatan dan Pemanenan , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.