Cara Menanam Semangka Kuning Yang Baik Dan Benar

2 min read

Cara Menanam Semangka Kuning Yang Baik Dan Benar

Cara Menanam Semangka Kuning Yang Baik Dan Benar – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Semangka Kuning. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Menanam Semangka Kuning Yang Baik Dan Benar


Semangka( Citrullus lanatus) ialah salah satu jenis tanaman buah rambat yang berasal dari famili Cucurbitaceae, Tanaman buah ini berasal dari wilayah setengah tanah tandus di Afrika Selatan.

Tidak cuma ada semangka yang biasa kita ketahui daging buahnya bercorak merah, ada pula semangka kuning. Jenis semangka ini memiliki warna daging buah kuning cerah dengan biji yang tidak banyak.

Buah semangka ini memiliki daging buah bercorak kuning karena sedikitnya isi likopen. Isi ini ialah senyawa yang memproduksi melamin kemerahan pada buah maupun sayur tercantum semangka.

Oleh karena itu, isi likopen pada semangka kuning sedikit sehingga tidak bisa memproduksi warna merah semacam semangka pada umumnya.

Lain halnya dengan Semangka Merah yang warna merah cerahnya terbuat dari cukupnya likopen dalam buahnya.

Tanaman semangka mempunyai buah dengan kulit keras dan bercorak hijau muda maupun pekat dengan garis maupun larik bercorak hijau tua.


Syarat Tumbuh Semangka Kuning

Syarat tumbuh semangka kuning biasanya sama dengan syarat tumbuh semangka yang lain.

Semangka ini bisa ditanam pada wilayah dataran rendah dengan ketinggian 600 mdpl, mempunyai curah hujan dekat 40–50 mm/ bulan serta mempunyai temperatur dekat 25°C- 30°C.

Baca Juga:  √ Langkah-langkah Cara Okulasi Jambu Jamaika (Panduan Lengkap)

Semangka ini bisa tumbuh dengan baik pada jenis tanah berpasir dengan pH 6–6, 7.


Cara Budidaya Semangka Kuning


  • Persiapan Biji Semangka Kuning

Benih biji semangka dibasahi terlebih dahulu sehabis itu diperam dengan menggunakan kertas koran sejauh 1–2 hari hingga benih berkecambah.

Apabila benih telah berkecambah dengan calon pangkal sepanjang 2 mm sampai alihkan ke media semai berupa polybag.

Letakkan polybag semai dibawah sinar matahari dan laksanakan penyiraman secara tertib sebanyak 1–2 kali satu hari hingga biji berumur dekat 12–14 hari dan mempunyai 2–3 helai daun dikala saat sebelum dipindah tanamkan ke lahan tanam sebetulnya.

  • Persiapan tanah Tanam Semangka Kuning

Apabila jenis tanah pada tanah tanam tanah berpasir, lahan tanam yang hendak dipakai guna menanam semangka ini tidak memerlukan pengolahan istimewa.

Namun apabila bukan, sampai tanah pada tanah tanam perlu diempukkan terlebih dahulu.

Selanjutnya laksanakan pemupukan dasar pada bedengan dengan menggunakan pupuk kandang maupun pupuk organik supaya kesuburan tanah lahan tanam meningkat.

Buatlah bedengan dengan lebar dekat 3 meter( guna sistem tanam tugal) hingga 6–7 meter( guna sistem tanam ganda) dan besar dekat 50 cm.

  • Penanaman Semangka Kuning

Sehabis bibit mempunyai 2–3 helai daun maupun sudah berumur 12–14 hari sehabis semai, bibit bisa dipindah tanamkan ke lahan tanam.

Apabila tata cara tanam yang dipakai ialah sistem tugal sampai jarak tanam sempurna yang dapat dipakai yakni dekat 90–100 cm x 3 m.

dan apabila menggunakan sistem tanam ganda sampai jarak tanam sempurna yang dapat dipakai yakni 90–100 cm x 6–7 m.

Apabila seluruhnya telah siap, lekas laksanakan penanaman. Dikala saat sebelum ditanam, polybag semai dilepas terlebih dahulu sehabis itu masukan biji ke lubang tanam yang sudah disiapkan dan tumpuk kembali sehabis itu padatkan.

Baca Juga:  Cara Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal Mudah dan Praktis untuk Pemula (Sukses)

Penanaman ini sebaiknya dilaksanakan pada sore hari, disaat matahari tidak sangat terik.


Perawatan Semangka Kuning

Sehabis bibit ditanam, aplikasikan mulsa plastik hitam perak. Pengaplikasian mulsa hitam tersebut bertujuan guna menjauhi pertumbuhan gulma dan tanaman penghambat yang lain disekeliling tanaman.

Kebalikannya mulsa perak bertujuan guna melindungi temperatur dan kelembaban tanah tanam.

Apabila sudah dikasihkan mulsa sampai laksanakan pendangiran maupun penyiangan pada gulma maupun tanaman pengganggu yang lain.

Sehabis tanaman semangka tumbuh dekat 50 cm, sampai laksanakan pemasangan seresah dan apabila tanaman telah berbuah sampai kasihkan alas pada buah.

Pada dini berbuah, laksanakan perempelan pada buah semangka yang tumbuh di pangkal batang dan tinggalkan 1–4 buah yang berjarak 1 meter dari pangkal batang.

Cara Menanam Semangka Kuning Yang Baik Dan Benar


Masa Panen Semangka Kuning

Pemanenan semangka ini bisa dilaksanakan sehabis buah berumur dekat 65 hingga 75 hari sehabis tanam.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Semangka Kuning , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.