Cara Menanam Sawi dengan Hidroponik : Metode Penanaman Sederhana dan Sukses

3 min read

Cara Menanam Sawi dengan Hidroponik : Metode Penanaman Sederhana dan Sukses

Cara Menanam Sawi dengan Hidroponik : Metode Penanaman Sederhana dan Sukses – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Sawi dengan Hidroponik .

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :

Cara Menanam Sawi dengan Hidroponik : Metode Penanaman Sederhana dan Sukses


Sawi( Brassica juncea) merupakan salah satu sayur- mayur hijau yang gampang tumbuh. Sayur- mayur sawi ini merupakansatu tipe sayur yang banyak diolah jadi santapan lezat.

Rasa sawi sangat fresh dengan tekstur renyah serta halus. Sawi merupakan salah satu bahan santapan kesukaan keluarga.

Sawi hijau mempunyai isi air serta serat yang besar. Sayur- mayur ini pula diperkaya bermacam vit serta mineral yang baik buat tubuh. Nilai jual sawi sangat murah. Namun permintaan sawi terus bertambah.

Budidaya sawi sangat gampang dicoba pada lahan kecil ataupun luas. Penghematan lahan dengan harapan hasil melimpah bisa diupayakan lewat metode menanam hidroponik.


Langkah Menanam Sawi Hidroponik Sederhana


Persiapan Media Tanam

Pada sesi awal  yang wajib dicoba merupakan mempersiapkan bermacam perlengkapan serta bahan peralatan hidroponik. Berikut perlengkapan serta bahan yang dibutuhkan pada penanaman hidroponik sawi hijau:

  • Botol Sisa Air Mineral

Botol sisa air mineral merupakan salah satu perlengkapan daur ulang yang dapat dengan gampang didapatkan.

Mulai dari kemasan botol 6 ratus mililiter sampai seribu 5 ratus mililiter. Bagian botol yang masih utuh dibuka label kemasannya serta dibersihkan.

Botol yang sudah bersih setelah itu dipotong, sehingga didapatkan bagian dasar serta bagian atas botol dengan lubang yang besar.

Botol sisa air mineral ini hendak dimanfaatkan sebagai tempat penampung nutrisi serta wadah media tanam.Bagian atas digunakan bagaikan tempat menanam. Bagian bertutup dilubangi serta dilbalik.

Bagian botol atas bisa ditukar dengan netpot. Banyak wadah plastik sisa yang bisa dimanfaatkan bagaikan alternatif buat wadah nutrisi sawi hijau antara lain ember serta lain– lain.

  • Pisau, Gunting, serta Cutter

Pisau, gunting, serta cutter merupakan perlengkapan bantu buat memotong serta memotong bermacam perlengkapan serta bahan yang hendak digunakan.

Baca Juga:  Cara Menanam Labu : Tahapan, Persemaian, Penanaman, Perawatan Dan Pemanenan

Bermacam dimensi serta perlengkapan pemotong bisa digunakan buat memudahkan proses penanaman sawi hijau.

  • Sumbu

Sumbu digunakan bagaikan perantara penyerapan nutrisi ke tumbuhan. Pangkal tumbuhan tidak bisa terendam di dalam nutrisi hidroponik. Perihal tersebut membuat tumbuhan memerlukan sumbu.

Sumbu bisa dibeli di toko pertanian dengan gampang. Alternatif perlengkapan lain bisa memakai kain yang dipotong. Tipe kain yang digunakan pada biasanya ialah kain flanel.

  • Larutan Nutrisi

Larutan nutrisi hidroponik mempunyai kedudukan semacam pupuk cair. Larutan tersebut terbuat dengan mengombinasikan satu liter air ke dalam 50 mililiter nutrisi.

Banyak tipe nutrisi yang bisa digunakan antara lain AB- Mix. Nutrisi– nutrisi tersebut dengan gampang ditemui di banyak toko pertanian.

  • Pipa ataupun Styrofoam

Pipa ataupun styrofoam merupakan perlengkapan yang dapat digunakan buat penyangga botol bagian atas ataupun net pot.

Penyokong sangat diperlukan buat menahan supaya media serta tumbuhan tidak menyentuh botol bagian dasar yang berbentuk nutrisi secara langsung.

  • Abu Sekam

Abu sekam merupakan salah satu media tanam yang telah sangat diketahui serta hendak dengan gampang didapatkan di toko pertanian.

Media tanam abu sekam mempunyai kelebihan buat menjaga kelembaban. Media tanam ini jadi media penanaman utama buat penanaman sawi hijau secara hidroponik.

  • Penyiapan Media Tanam Dengan nutrisi

Sumbu yang sudah dipotong dengan dimensi yang cocok dimasukan ke botol bertutup yang sudah dilubangi. Panjang sumbu wajib bisa menjembatani antara nutrisi serta media tanam.

Sumbu yang sudah terpasang setelah itu diberi media abu sekam seperlunya. Bibit sawi hijau hendak ditanam di media tersebut nantinya. Bagian botol dasar diisi dengan nutrisi yang sudah siap gunakan.

Bagian atas setelah itu dimasukkan ke dalam botol bagian dasar dibatasi dengan penyangga. Bagian atas botol tidak boleh menyentuh larutan nutrisi. Cuma sumbu yang hendak jadi media perantara yang menyentuh nutrisi.

  • Pembibitan Sawi Hijau

Benih sawi hijau bisa dibeli di toko benih ataupun toko pertanian.Benih wajib disemai terlebih dulu sampai jadi bibit.Penyemaian bisa dicoba pada media rock wall ataupun tanah.

Bila menggunakan rock wall, lubanginya dengan kedalaman kurang lebih 3 centimeter serta jarak antar lubang 1 centimeter.Bila memakai tanah, tanah wajib dicampurkan dengan kompos( perbandingan 2: 1).

Perkecambahan hendak memakan waktu 3- 4 hari. Penyemaian wajib dicoba di tempat yang mempunyai naungan.Bibit yang siap dipindahkan telah mempunyai 2 sampai 3 daun.

  • Penanaman Bibit Sawi hijau

Bibit yang siap dipindahkan bisa langsung dimasukan ke dalam media abu sekam. Pemindahan wajib dicoba dengan menyertakan sedikit media lama. Perihal tersebut dicoba buat menjauhi stress pada tanaman sawi hijau sebab melaksanakan proses menyesuaikan diri di media baru.

Baca Juga:  Cara Menanam Pakcoy, Ilmu Bertani (Sukses)

Tumbuhan sawi yang hadapi perpindahan posisi wajib dicoba secara lama- lama serta penuh kehati– hatian supaya pangkal sawi tidak terputus.


Perawatan Sawi Hidroponik

Metode penanaman sawi hijau pada tata cara penanaman hidroponik sangat gampang buat dicoba dibanding metode menanam sawi hijau konvensional.

Larutan nutrisi yang terletak di dalam botol bagian dasar wajib senantiasa terisi sehingga sawi hijau tidak sempat hadapi kehilangan nutrisi.

Penyiraman pada tumbuhan sawi hijau bisa dicoba sekali satu hari dengan memakai sprayer.Upaya proteksi dengan memakai berbagai berbagai pestisida dapat saja dicoba.

Pestisida organik ataupun kimia bisa ditemui serta dibeli dengan gampang.Tipe pestisisda yang digunakan bisa berbentuk insektisisda( serangga), fungisida( jamur), serta lain– lain cocok dengan kebutuhan.

Perihal yang wajib dicermati dalam pemakaian pestisida merupakan takaran ataupun dosis serta efek.

Cara Menanam Sawi dengan Hidroponik : Metode Penanaman Sederhana dan Sukses

Pemanenan Sawi Hidroponik

Masa panen sawi hijau dengan tata cara hidroponik  lebih kilat dibanding dengan masa panen dengan tata cara konvensional di ladang. Pemanenan bisa memakan waktu kurang lebih 3 bulan sehabis hari tanam.

Metode memanen sangat simpel, tumbuhan sawi bisa dengan gampang dicabut dari abu sekam. Pemilihan metode menanam dengan hidroponik banyak dicoba sebab membagikan keuntungan yang berlipat– lipat.

Keterbatasan lahan tidak jadi hambatan dikala mempraktikkan panduan hidroponik metode menanam sawi hijau, metode menanam toge, metode menanam kangkung serta lain– lain di pekarangan.

Metode menanam sawi hijau hidroponik memakai perlengkapan bahan simpel ialah botol sisa, flanel, nutrisi serta peralon dengan saran pemakaian model wick

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Sawi dengan Hidroponik : Metode Penanaman Sederhana dan Sukses, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.

Cara Membuat Bibit Brokoli

admin
1 min read

Menanam Kiwi Di Dataran Rendah

admin
2 min read

Daun Semangka Kuning

admin
2 min read