Cara Menanam Rumput Gajah Dengan Mudah & Benar (Panduan Lengkap)

2 min read

Cara Menanam Rumput Gajah Dengan Mudah & Benar (Panduan Lengkap)

Cara Menanam Rumput Gajah Dengan Mudah & Benar (Panduan Lengkap) – Rumput hijau merupakan rumput yang sering dijadikan untuk hijauan sebagai pakan ternak dari jenis-jenis rumputan. Rumput gajah dapat tumbuh dengan tegak lurus, dengan tinggi maksimal hingga mencapai 6 m. Rumput yang memiliki ukuran yang cukup besar ini mengandung banyak nutrisi yang sangat tinggi.

Pada kesempatan kali ini Berkebun akan menjelaskan cara untuk menanam rumput gajah dengan mudah dan benar. Yuk langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Cara Menanam Rumput Gajah Dengan Mudah & Benar (Panduan Lengkap)

Ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum melakukan penanaman rumput gajah, diantaranya adalah

1. Persiapan Lahan Sebagai Media Tanam

Langkah pertama adalah dengan mempersiapkan lahan, lahan yang baik adalah lahan yang tidak gersang dan tandus. Namun jika tanah yang dimiliki adalah tanah gersang dan tandus, sebaiknya disirami terlebih dahulu tanah yang ingin dipakai. Tujuannya adalah agar tanah memiliki nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan rumput setelah masa tanam.

Selanjutnya adalah mengelola tanah dengan melakukan penggemburan atau pencangkulan. Jika tidak memiliki lahan yang luas sebagai media tanam, maka bisa dilakukan menanam rumput dengan mengurug tanah yang ada di sekitar, atau bisa juga menggunakan tanah khusus seperti tanah merah atau tanah latosol.

2. Proses Penanaman Rumput Gajah

Dalam melakukan proses penanaman rumput gajah, sebaiknya dilakukan pada saat musim penghujan, karena rumput gajah membutuhkan air yang banyak selama masa pertumbuhan setelah masa tanam.

Baca Juga:  Cara Menanam Pohon Jarak : Pembibitan, Pengolahan Lahan, Penanaman, Perawatan dan Pemanenan

Sebelum menanam, siapkanlah terlebih dahulu bibit yang dapat dibeli, kemudian tanam pada saat musim penghujan supaya rumput gajah mendapatkan suplay air yang sangat banyak, karena rumput jenis ini sangat banyak membutuhkan air.

Jika tanah yang akan digunakan merupakan tanah kering atau tanah tandus, maka sebaiknya sebelum melakukan penanaman terlebih dahulu sebarkan pupuk dan diamkan selama 1 minggu. Agar tanah memiliki banyak nutrisi untuk menjaga pertumbuhan gajah.

Untuk tanaman rumput gajah, sebaiknya mendapatkan sinar matahari yang cukup, jangan terlalu berlebih, sebab rumput gajah tumbuh banyak kesamping jika memperoleh sinar yang sesuai dan menjuntai ke bawah. Kalau rumput gajah kurang mendapatkan cahaya maka daun akan tumbuh ke atas.

3. Cara Menanam Rumput Gajah

Adapun cara menanam rumput gajah adalah sebagai berikut:

a. Potonglah bibit rumput gajah menjadi bagian yang lebih kecil, kemudian lakukan pemotongan hingga akar tidak terlihat dan tertutup oleh tanah.

b. Untuk tekniknya sendiri, dapat dilakukan penanaman dengan cara zig zag, agar memperoleh hasil yang sempurna.

c. Selanjutnya adalah lakukan pemukulan pada tanah dengan menggunakan balok kayu agar jaringan tanah dan akar dapat menyatu dan menjadi lebih kuat.

d. Kemudian, tancapkanlah rumput gajah mini ke tanah, tancapkan bagian akar ketah rumput gajah mini agar akar dapat terikat erat dengan tanah.

e. Jarak tanam rumput gajah dapat disesuaikan dengan keinginan. Agar posisi bibit rumput gajah tidak bergeser maka kurungi sedikit sela-sela tanaman dengan tanah.

4. Cara Merawat Rumput Gajah Mini

Ada beberapa cara untuk merawat bibit rumput gajah setelah tanam, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Berikanlah pupuk NPK ke tanaman rumput gajah setelah 2 minggu masa tanam. Hal ini bertujuan agar dapat merangsang jaringan tumbuh rumput gajah sehingga akan mendapatkan hasil yang bagus.

Baca Juga:  Manfaat Talas : Isi Nutrisi Dan Cara Konsumsi

2. Lakukan penyiraman secara teratur yakni pada pagi hari dan sore hari.

Cara Menanam Rumput Gajah Dengan Mudah & Benar (Panduan Lengkap)
Cara Menanam Rumput Gajah Dengan Mudah & Benar (Panduan Lengkap)

3. Jika perlu pasang pagar sementara selama masa pertumbuhan rumput gajah, hal ini dilakukan agar tidak ada hewan yang menganggu, lakukan pengurungan dengan pagar selama satu minggu saja.

Nah itulah tadi penjelasan mengenai Cara Menanam Rumput Gajah Dengan Mudah & Benar (Panduan Lengkap). Semoga dapat membantu anda dan bermanfaat. Terimakasih 🙂

Cara Membuat Bibit Brokoli

admin
1 min read

Menanam Kiwi Di Dataran Rendah

admin
2 min read

Daun Semangka Kuning

admin
2 min read