Cara Menanam Pohon Damar Mudah Dan Sukses

2 min read

Cara Menanam Pohon Damar Mudah Dan Sukses

Cara Menanam Pohon Damar Mudah Dan Sukses – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Pohon Damar Mudah. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Menanam Pohon Damar Mudah Dan Sukses

Tanaman yang dijuluki Raja Damar ini sesungguhnya ialah tanaman yang memiliki begitu banyak manfaat hingga boleh dikatakan“ menebar manfaat”.

Spesialnya getah maupun damar yang dihasilkan serta kayu ialah khasiat tanaman besar yang satu ini.

Tumbuhan damar pula untuk sarana penghijau kota- kota besar dengan tingkatan polusi hawa yang begitu besar hingga para penduduknya terpaksa menggunakan masker maupun pelindung dari polusi tersebut.

Mereka yang menderita penyakit Alzheimer maupun penyakit terpaut dengan ingatan tersebut dianjurkan buat berupaya getah damar yang tampaknya memiliki kemampuan memperbaiki kehancuran ingatan pada penderitanya.

Getahnya memiliki seribu satu manfaat. Mulai dari pembuatan kertas, bahan bakar pengganti, lampu, cat, bagaikan zat pewarna alami hingga obat pengendalian penyakit HIV.

Tidak heran apabila tanaman tersebut menciptakan julukan tanaman damar dan dapat mempertahankan julukannya itu dari jenis- tipe tanaman maupun tanaman lain yang pula menghasilkan damar maupun getah.

Tidak ada tanaman maupun tanaman penghasil damar lain yang bisa menandingi ajaibnya dan manjurnya getah tanaman penghijau ini.


Ketentuan Berkembang Tumbuhan Damar

Dikala saat sebelum menanam tanaman damar tentu saja memilah posisi yang cocok. Ini disebabkan tanaman damar dapat tumbuh besar sehingga dibutuhkan posisi yang betul- betul cocok.

Baca Juga:  Cara Menanam Semangka Kuning Yang Baik Dan Benar

Meski sebetulnya tanaman ini dapat tumbuh dimana saja. Hendak tetapi, buat memperoleh hasil yang baik diperlukan memilah posisi.

Pilih tempat dengan curah hujan besar. Curah hujan yang besar dapat memenuhi kebutuhan air, karena pada dini penanam tanaman damar membutuhkan banyak air.

Pilih tanah yang cubur dan gembur. Dengan tujuan biar tanaman damar mendapatkan nutrisi yang cukup buat tumbuh dan berkembang.

Posisi dengan ketinggian 400 mdpl sangat cocok diguankan buat membudidayakaan tanaman damar.


Langkah Cara Budidaya Damar

Berikut dibawah ini ialah cara- metode buat melakukan budidaya tanaman damar yang dipaparkan bagaikan berikut:

  • Penanaman bibit tanaman damar

Bibit tanaman damar bisa diperoleh melalui bagian biji yang berasal dari anakan yang ada disekitar tanaman damar. Pembibitan melalui biji lebih dianjurkan karena kualitas bibit dengan biji dikira lebih baik.

Biji yang dipakai buat dijadikan bibit harus yang sudah tua dan tanpa cacat sedikitpun. Biji sehabis itu disemai dalam polybag yang sebelumya sudah diisi dengan campuran tanah dan pupuk.

Selanjutnya tunggu pembibitan ini sukses dan bisa dicoba penanaman apabila bibit tanaman damar sudah siap buat ditanam.

  • Persiapan lahan

Tumbuhan damar bisa dalam melakukan budidayanya mengenakan tata cara tumpang sari dengan tanaman sela yang bersifat holtikultura.

Dikala saat sebelum penanaman dicoba sampai lahan pertanian perlu dipersiapkan biar bisa ditanami tanaman damar dengan baik.

Lahan perlu dibersihkan, digembur, dan diberi karakteristik kira- kira bagian mana saja yang hendak dibuat lubang buat penanaman tanaman damar.

Apabila persiapan lahan sudah dicoba dengan sebaik- baiknya sampai bisa melanjutkan proses berikutnya yakni penanaman damar.

  • Penanaman tanaman damar

Penanaman tanaman damar hendak lebih baik pertumbuhannya apabila di tanam pada disaat masa penghujan. Penanaman dicoba dengan tata cara mengambil bibit yang sudah disiapkan sebelumnya.

Baca Juga:  Cara Menanam Labu : Tahapan, Persemaian, Penanaman, Perawatan Dan Pemanenan

Benih yang dini mulanya terdapat di polybag bisa dipindahkan ke lahan tanam dengan tata cara hati- hati biar tidak merusaknya.

Cara Menanam Pohon Damar Mudah Dan Sukses


Pemeliharaan Tanaman Damar

Pemeliharaan tanaman damar yang sangat mendasar yakni bisa dicoba dengan tata cara penyulaman.

Penyulaman sendiri maksudnya ialah membersihkan tanaman- tumbuhan yang mati dan tidak sehat yang ada disekitar tanaman damar. Tujuannya biar tumbuhan damar bisa berkembang dengan baik.

Selanjutnya pemupukan bisa dicoba apabila tanaman memerlukan pupuk buat membuat tanah jadi lebih produktif. Melalui pupuk biasanya hendak menaikkan ketersediaan nutrisi yang ada pada tanaman damar.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Pohon Damar , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih