Cara Menanam Pinus Dari Biji

2 min read

Cara Menanam Pinus Dari Biji

Cara Menanam Pinus Dari Biji – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Pinus Dari Biji. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Menanam Pinus Dari Biji


Tumbuhan pinus ialah tumbuhan yang hidup di dataran tinggi, tetapi sebagian tipe tumbuhan ini populer dapat bertahan di lahan yang kering, apalagi lahan yang baru saja dibakar.

Tumbuhan pinus mempunyai bermacam manfaat buat dunia industri semacam produksi terpenting. Kayunya pula digunakan buat keperluan furnitur.

Bisakah menanam tumbuhan pinus dari suatu benih ataupun biji? tentu saja sangat bisa. Tetapi, penanaman dengan memakai benih hendak memerlukan proses yang lumayan lama.

Tidak hanya itu, benih yang berasal dari biji pinus pula bergantung spesies ataupun iklim.

Lamanya proses perkembangan benih ini dapat mencapai satu tahun. Jadi siapapun yang mau menanam tumbuhan pinus dari biji pinus wajib tekun serta tabah.


Syarat Berkembang Tumbuhan Pinus

  • Tumbuhan pinus bisa berkembang dengan baik walaupun pada tanah yang kurang produktif, berpasir, sampai tanah berbatu.
  • Biasanya habitat tumbuhan pinus terletak pada ketinggian tanah 200-1800 mdpl. Namun pinus sesungguhnya dapat berkembang dengan sempurna pada lahan ketinggian 400-1500mdpl.
  • Lahan berkembang yang baik untuk tipe pinus ini dengan curah hujan 1200-3000 milimeter/tahun serta jumlah bulan kering 0-3 bulan
  • Keasaman maksimal buat pinus yakni pH 6-7
Baca Juga:  Cara Menanam Kopi Arabika Yang Baik Dijamin Berhasil

Metode Budidaya Tumbuhan Pinus

Persiapan Bibit Tumbuhan Pinus

Saat tahap pembibitan digunakan benih dari bunga pinus kering tumbuhan. Tiap bunga kering berisi hampir 45.000-60.000 butir/kilogram. Seleksi bunga yang baik dengan identitas ialah:

  • Corak kulit buah telah menguning nyaris kecoklatan
  • Berbintik gelap,
  • Wujud bunga bundar, padat, serta tidak berkerut.

Metode memperoleh bibit:

  • Keluarkan biji dari dalam bunga
  • Rendam dalam air sepanjang 24-48 jam saat sebelum disemai.
  • Air rendaman wajib ditukar tiap 12 jam sekali.
  • Memilih benih yang tenggelam serta buang yang mengambang kemudian disemaikan.
  • Semaikan pada media persemaian dari kombinasi tanah serta pasir dengan perbandingan 1:2 yang sudah di jemur sepanjang 4-6 jam dibawah terik matahari.
  • Masukkan media pada bak semai setinggi 5 centimeter.
  • Taburkan benih diatasnya serta pindahkan bak di tempat yang teduh serta bebas dari hujan pula panas matahari.
  • Sehabis 10–15 hari hingga benih hendak berkecambah.
  • Sehabis umur tiba 5-8 minggu ataupun telah daun duri awal hingga jalani perawatan serta pemeliharaan.

Persiapan Lahan Tanam Pinus

Lahan yang hendak dijadikan tempat budidaya pinus diolah terlebih dulu. Taburkan kompos ataupun pupuk kandang pada lahan tanam dekat 2 ton/hektar.

Pemberian pupuk dasar tersebut dicoba 3-4 minggu saat sebelum tanah digemburkan dengan dibajak atau dicangkul.

Bila tanah ber-pH rendah maka tambahkan kapur dolomit supaya pH tanah jadi netral. Sehabis itu, diamkan tanah sepanjang 2-3 minggu saat sebelum ditanami.

Cara Menanam Pinus Dari Biji


Penanaman Tumbuhan Pinus

Lepaskan bibit dari kantong plastik persemaian, kemudian letakkan pada lubang yang sudah disiapkan.

Pastikan posisi tanam tegak serta letakkan dengan perlahan supaya pangkal tidak rusak.

Tutup kembali lubang tanam serta padatkan media tanam disekitarnya. Setelah itu jalani penyiraman supaya kelembaban tanah senantiasa terpelihara.

Baca Juga:  Kelapa Sawit : Proses Cara Tanam Sawit yang Baik dan Benar

Pemeliharaan Tumbuhan Pinus

Jalani penyulaman pada bibit yang mati ataupun berkembang tidak sempurna dengan bibit yang baru supaya tumbuhan berkembang serupa.

Jalani penyiangan pada gulma ataupun tumbuhan pengganggu yang lain yang tumbuh disekitar tumbuhan muda.

Bila tanah telah sangat padat serta drainase kurang baik maka lekas jalani pendangiran.

Bila tumbuhan terkena hama serta penyakit maka lekas jalani penindakan dengan metode memberikan pestisida dengan dosis yang sesuai.

Supaya pinus bisa berkembang maksimal dengan melaksanakan pemilihan serta penebangan tumbuhan yang kurang produktif maka jalani penjarangan tumbuhan.

Bila terjadi kebakaran di areal tanam, lekas jalani pengendalian dengan metode memutus jalan api searah radius rambatan api.

Masa Panen Pinus

Sehabis berusia 10 tahun, pinus telah mulai dapat diambil getahnya. Sebaliknya buat kebutuhan kayu mebel hendaknya pemanenan dicoba sehabis tumbuhan pinus berusia 30 tahun.

Ataupun pinus telah mempunyai ketebalan kayu hampir 238-322 m3/hektar serta buat kayu pula pemanenan bisa dicoba pada usia 10-15 tahun.

Demikian ulasan mengenai Bagaimana Cara Menanam Pinus Dari Biji, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.