Cara Menanam Pakcoy Secara Hidroponik Sukses (Panduan Lengkap)

2 min read

Cara Menanam Pakcoy Secara Hidroponik Sukses (Panduan Lengkap)

Cara Menanam Pakcoy Secara Hidroponik Sukses (Panduan Lengkap) – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Pakcoy Secara Hidroponik.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Menanam Pakcoy Secara Hidroponik Sukses (Panduan Lengkap)


Pak Coy adalah sayuran yang masih terkategori tumbuhan sawi- sawian, dan perlakuan dikala menanamnya pula nyaris sama.Tipe sayur- mayur ini gampang berkembang di dataran rendah ataupun dataran besar.

Apabila ditanam pada temperatur sejuk tanaman ini cepat berbunga. Sebab umumnya dipanen segala bagian tubuhnya kecuali akarnya kurang disukai.Umumnya digunakan dalam bahan sup atau penghias santapan.

Pakcoy sendiri bisa terbuat buat sup maupun menghias santapan ataupun sebagai garnish. Pakcoy berasal dari Tiongkok serta ialah sayur- mayur yang terkenal di situ.

Penyebaran pakcoy tercantum pesat ke negara- negara lain tercantum Indonesia. Tidak hanya mempunyai rasa yang lezat, dalam pakcoy pula ada isi gizi yang besar.

Paling utama sebab berbentuk sayur- mayur hijau, hingga zat besi dalam pakcoy terkategori besar. Metode menanam pakcoy secara hidroponik sesungguhnya sama saja semacam menanam tumbuhan lain dengan tata cara hidroponik.

Kita tidak memerlukan lahan luas buat mempraktikkan sistem hidroponik ini. Hasil dari berkebun pakcoy secara hidroponik dapat disantap sendiri maupun dijadikan bisnis sampingan.

Dikala ini banyak dibesarkan metode penanaman hidroponik yang bisa dicoba dengan metode yang lebih simpel, lebih efektif serta tidak butuh lahan yang luas.

Buat lebih jelasnya ayo ikuti pembahasan menimpa budidaya pakcoy secara hidroponik berikut ini.

Menanam sayur- mayur dengan sistem hidroponik buat hasil yang lebih bagus terdapat sebagian metode penanamannya, bisa dibedakan jadi 3, ialah kultur air, kultur agregat serta metode NFT( nutrient film technique).

Baca Juga:  Pengertian Budidaya : Manfaat, Contoh, Tujuan Dan Kesimpulan

Sistem hidroponik mempunyai sebagian keistimewaan, antara lain ialah tidak membutuhkan pencahayaan matahari secara maksimal, tidak memerlukan tanah, lebih higienis, dengan masa panen yang lebih Cepat.

Sebagian besar sayur- mayur bercorak hijau biasanya bisa ditanam secara hidroponik semacam, pakcoy, kangkung, bayam, sawi, kailan, cabai, tomat, basil apalagi bunga mawar.

Langkah Menanam Pakcoy Secara Hidroponik

Para penggiat hidroponik umumnya memakai nutrisi AB mix dengan komposisi standar, setelah itu air bernutrisi tersebut diisikan ke tempat bakal penanaman sayur- mayur, sebanyak 5 liter nutrisi digunakan buat 1000 liter air.

  • Persiapan Bibit dan Penyemaian

Bila hendak menanam pakcoy ataupun sayur- mayur yang lain, terlebih dulu siapkan bibitnya, bibit bisa dicoba dengan pembibitan sendiri ataupun membeli di toko pertanian.

Ada pula langkah menyemai benih buat dijadikan bibit merupakan bagaikan berikut:

Siapkan spon ataupun rockwool buat media tanam persemaian Potong rockwool kotak- kotak dadu hendak namun jangan dipotong hingga putus

Usahakan rockwool dalam kondisi lembab supaya benih kilat tumbuh Masukkan satu benih ke dalam tiap kotak rockwool, jangan sangat dalam

Bila biji berdimensi kecil serta susah dipegang semacam biji pakcoy yang bijinya lebih kecil dari biji sawi hingga buat meletakkan biji pada rockwool bisa digunakan tusuk gigi yang dibasahi terlebih dulu ujungnya.

Hal ini agar biji kecil bisa menempel pada ujung tusuk gigi serta gampang buat diletakkan ke dalam rockwool, satu kotak dadu rockwool ditanami satu biji pakcoy. letak mata tunas letaknya menghadap ke dalam atau ke bawah

Biji- biji yang sudah diletakkan pada rockwool lembab tersebut berikutnya ditutup dengan kain gelap ataupun plastik gelap serta ditaruh pada tempat yang tidak terserang sinar matahari langsung sepanjang 2×24 jam

Umumnya pada hari ke 2 benih yang disemai telah rusak kecambah.

Baca Juga:  Cara Merawat Kelinci

Bila telah berkembang kecambah letakkan pada tempat yang terserang cahaya matahari langsung sepanjang 2 minggu sambil senantiasa dilindungi kelembaban rockwool supaya tumbuhan berkembang dengan baik

  • Pemindahan Bibit ke Media Hidroponik

Merambah hari ke 15 serta bibit telah mempunyai 4 lembar daun, bibit telah siap dipindahkan kedalam media paralon

Sehabis dekat 30 hari sayur- mayur pakcoy hidroponik telah bisa dipanen ataupun dicoba pemetikan, pemetikan selanjutnya bisa dilakukan sehabis 3 hari.

Cara Menanam Pakcoy Secara Hidroponik Sukses (Panduan Lengkap)

Panen Pak Choy Hidroponik

Apabila paralon terakhir sudah dipanen, mka pindahkan tumbuhan berikutnya pada paralon tersebut, sedangkan paralon yang kosong bisa diisi dengan bibit sayur- mayur hidroponik yang baru.

Dengan demikian hingga keberlangsungan budidaya serta kebutuhan pemenuhan mengkonsumsi keluarga hendak sayur- mayur sehat bisa senantiasa terpenuhi.

Penanaman secara hidroponik pula ramah area, sebab tidak memerlukan penyiraman sama sekali sehingga tidak memerlukan air sebanyak penanaman secara konvensional.

Penanaman secara hidroponik pula tidak membutuhkan paparan cahaya matahari sangat banyak serta kecil mungkin terkena hama ataupun terserang paparan zat- zat kimia dalam proses pertumbuhannya.

Diantara keunggulan menanam secara hidroponik merupakan bisa dipanen lebih kilat daripada tumbuhan yang ditanam pada media tanah biasa. Sistem hidroponik pula berguna ganda, sangat sesuai diletakkan di taman rumah dengan lahan terbatas.

Sayur- mayur yang dihasilkan lebih higienis dan bermutu, area rumah jadi lebih hijau, serta tersedianya tiap dikala sayur- mayur buat kebutuhan keluarga.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Pakcoy Secara Hidroponik Sukses (Panduan Lengkap)  , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.