Cara Menanam Nanas Madu Cepat Berbuah dan Sukses Untuk Pemula (Panduan Lengkap)

3 min read

Cara Menanam Nanas Madu Cepat Berbuah dan Sukses Untuk Pemula (Panduan Lengkap)

Cara Menanam Nanas Madu Cepat Berbuah dan Sukses Untuk Pemula (Panduan Lengkap) – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Nanas Madu .

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Menanam Nanas Madu Cepat Berbuah dan Sukses Untuk Pemula (Panduan Lengkap)


Buah nanas ialah salah satu tumbuhan buah yang banyak dibudidayakan di wilayah tropis serta subtropis. Nanas merupakan tumbuhan buah berbentuk semak yang mempunyai nama ilmiah( Ananas Comosus L).

Nanas berasaldari Brasilia( Amerika Selatan). Nanas masuk ke Indonesia pada abad ke- 15,( 1599).Buah nanas mempunyai perpaduan rasa antara asam serta manis pula buah nanas pula mempunyai isi air yang banyak.

Dengan rasanya yang khas banyak orang mulai membuat inovasi- inovasi menarik semacam selai, asinan, manisan, keripik, sampai es serta masih banyak lagi.

Di Indonesia sendiri dikala ini terdapat sebagian tipe buah nanas, serta salah satu tipe buah nanas yang sangat digemari dikala ini ialah nanas madu.

Berbeda dengan tipe nanas yang lain, nanas madu mempunyai isi nutrisi yang lebih banyak.

Nanas madu merupakan salah satu tumbuhan tropis yang eksotis. Disukai sebab rasa asam manisnya yang fresh. Tekstur dagingnya pula renyah.

Tidak hanya itu, isi nutrisinya sangat lengkap. Meliputi vit A, B1, B6, C, mangan, enzim proteolitik bromelain, serat, asam folat, asam pantotenik, glukosa, serta antioksidan.

Tidak hanya nanas yang telah biasa kita temui, terdapat varian nanas unggulan yang diucap nanas madu( Ananas comosus).

Varian nanas ini mempunyai dimensi buah yang lebih besar, daging buah lebih tebal, serta rasanya lebih manis. Dibudidayakan awal mulanya di Subang.

Dikala matang, corak kulit buahnya jingga kekuningan sangat mencolok. Buah ini tidak cuma menarik serta menguntungkan bagaikan komoditas.


Ketentuan Tumbuh Nanas Madu

Pada dasarnya, nanas merupakan tumbuhan yang bisa berkembang di manapun serta di ketinggian berapapun.

Berkembang sama baiknya di hawa basah ataupun kering dengan temperatur antara 23– 32 derajat Celcius, apalagi masih bisa berkembang di temperatur rendah hingga 10 derajat Celsius.

Toleran terhadap kekeringan, walaupun membutuhkan curah hujan antara 1000– 1500 milimeter per tahun unutk perkembangan optimalnya.

Namun, tidak toleran terhadap salju serta temperatur yang sangat rendah( di dasar 10 derajat Celsius).

Ketinggian sempurna buat posisi penanamannya antara 100– 700 mdpl, tetapi masih bisa berkembang baik sampai ketinggian 1200 mdpl. Kebutuhan hendak cahaya matahari rata- rata 33– 71% ataupun 2000 jam per tahun.

Baca Juga:  Manfaat Cengkeh Dan Kandungan Nutrisinya Untuk Kesehatan

Menggemari tipe tanah berpasir, produktif, besar isi bahan organiknya, dengan kandungan kapur yang rendah. Tingkatan keasaman( pH) 4, 5– 6, 5.

Tumbuhan ini memerlukan air buat menolong penyerapan nutrisi, namun tidak boleh sangat banyak sampai becek.Pangkal tumbuhan ini sangat rentan kebusukan apabila terendam air.

Oleh sebab itu, dalam penanamannya, drainase wajib sangat dicermati. Tanah yang sedikit miring lebih baik untuk nanas madu sebab dengan demikian tanah kilat kering sehabis disirami.

Kebutuhan hendak drainase yang baik ini bisa diakali dengan membuat bedengan bagaikan tempat berkembang nanas madu.


Langkah-Langkah Menanam Nanas Madu


  • Pemilihan bibit

Bibit tumbuhan nanas madu diperoleh secara generatif serta vegetatif. Karna tumbuhan nanas sulit dalam penyerbukan sendiri acapkali tidak menciptakan biji, pembibitan secara generatif tidak sering dilakukan.

Buat metode vegetatif beragam, tiap- tiap mempunyai keunggulan serta kesusahan tertentu. Bila Kamu menghendaki tumbuhan nanas madu yang kilat berbuah, memilih bibit yang dibiakkan dari tunas pangkal.

Bibit yang berasal dari tunas pangkal berbuah pada usia 12 bulan sehabis penanaman.

Yakinkan bibit yang Kamu seleksi sehat, bebas hama serta penyakit, tidak cacat, daunnya tebal- tebal berisi, layak tanam serta bermutu, berasal dari indukan yang telah menciptakan buah dengan mutu yang baik.

  • Penanaman bibit

Ada sebagian metode penanaman, namun yang sangat kerap dipakai merupakan sistem baris rangkap 2 dalam satu bedeng dengan jarak tanam 40 x 60 cm, serta jarak antar bedeng merupakan 50 cm.

Kebutuhan bibit dalam satu hektar menggapai 60. 000 bibit. Langkah- langkah penanamannya merupakan:

    • Membuat celah tanam cocok dengan jarak serta sistem tanam yang dipilih
    • Menanam bibit pada celah tanam yang ada tiap- tiap satu bibit per celah tanam
    • Tanah ditekan/ dipadatkan di kurang lebih pangkal batang bibit nanas biar tidak gampang ambruk serta pangkal tumbuhan dapat kontak langsung dengan air tanah
    • Melaksanakan penyiraman sampai tanah lembab serta basah
    • Penanaman bibit nanas jangan sangat dalam, 3- 5 centimeter bagian pangkal batang tertimbun tanah biar bibit gampang busuk.

Perawatan Nanas Madu

Nanas madu cuma butuh disirami 1– 2 kali satu hari ataupun bergantung keadaan tanah. Walaupun nanas madu tidak suka tanah yang sangat basah, jauhi pula keadaan tanah yang sangat kering.

Tanah yang sangat kering berdampak tumbuhan kerdil serta buahnya kecil- kecil. Jaga kebersihan dekat lahan ataupun pot dengan giat melaksanakan penyiangan.

Banyaknya gulma ataupun tumbuhan pengganggu yang lain berisiko datangnya hama serta penyakit yang bisa mengusik perkembangan nanas madu.

Bila terdapat bibit yang mati sebab terserang hama ataupun penyakit, maupun mati sebab layu, jalani penyulaman. Ubah dengan bibit yang baru.

Baca Juga:  Kandungan Terong Ungu

Perihal ini buat menjauhi tumbuhan yang lain tertular. Sehabis tumbuhan berumur 2– 3 bulan dari masa penanaman, bagikan pupuk bonus berbentuk pupuk kandang ataupun kompos.

Frekuensi pemberian merupakan 1– 3 bulan sekali dengan dosis yang disesuaikan, bergantung pada luas tempat penanaman. Metode pemberiannya dengan menaburkan pupuk di dekat tumbuhan.


Masa Panen Nanas Madu

Panen buah nanas madu sehabis nanas berumur 18– 24 bulan, Bibit yang berasal dari mahkota bunga dipanen pada usia 24 bulan sedangkan tumbuhan yang berasal dari tunas batang dipanen sehabis usia 18 bulan.

Ada pula identitas buah nanas yang siap dipanen merupakan:

  • Mahkota buah terbuka
  • Tangkai ganti mengkerut
  • Mata buah lebih mendatar, besar serta wujudnya bulat
  • Corak bagian dasar buah kuning
  • Mencuat bau nanas yang harum serta khas.

Metode memetik buah nanas merupakan dengan memotong pangkal tangkai buah secara mendatar/ miring dengan pisau tajam serta steril. Pemanenan dicoba dengan metode hati- hati biar tidak rusak ataupun memar.

Cara Menanam Nanas Madu Cepat Berbuah dan Sukses Untuk Pemula (Panduan Lengkap)

Pascapanen

Buah nanas tercantum komoditi buah yang gampang rusak, susut serta kilat busuk. Oleh sebab itu, sehabis panen membutuhkan penindakan pascapanen yang mencukupi.

Kegiatan- kegiatan yang tercantum pasca panen antara lain merupakan:

  • Pengumpulan

Sehabis dicoba pemanenan buah dikumpulkan pada tempat penampungan hasil ataupun gudang sortasi. Gudang wajib beratap, kering, bersih serta mempunyai ventilasi yang mudah.

  • Penyortiran serta Penggolongan

Aktivitas sortasi diawali dengan memisahkan buah yang rusak, memar, busuk, ataupun mentah. Klasifikasi buah bersumber pada wujud serta dimensi yang seragam, tipe ataupun tingkatan kematangannya.

  • Penyimpanan

Penyimpanan dicoba bila harga turun, sehingga buat menunggu harga naik hingga dicoba penyimpanan. Buah nanas umumnya ditaruh dalam peti kemas dalam ruangan dingin yang suhunya dekat 5 derajat C.

  • Pengemasan serta Pengangkutan

Aktivitas pengemasan diawali dengan menghasilkan buah nanas dari lemari pemeraman, kemudian diseleksi( sortasi) bersumber pada tingkatan kerusakannya supaya seragam.

Setelah itu buah nanas dibungkus dengan kertas pembungkus kemudian dikemas dalam keranjang bambu ataupun peti kayu ataupun dos karton bergelombang.

Dimensi wadah pengemasan 60 x 30 x 30 centimeter yang diberi lubang ventilasi. Proses pengangkutan diawali dengan memasukkan peti kemas secara tertib pada perlengkapan pengangkutan.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Nanas Madu Cepat Berbuah dan Sukses Untuk Pemula (Panduan Lengkap) , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.