Cara Menanam Melon Dengan 12 Langkah 100% Berhasil

2 min read

12 Cara Budidaya Melon Dengan Baik 100% Berhasil

Cara Menanam Melon Dengan 12 Langkah 100% Berhasil – Melon adalah jenis buah yang termasuk ke dalam jenis labu-labuan. Melon juga merupakan tumbuhan satu musim yang tumbuh secara menjalar pada tiang penyangga yang disediakan oleh petani. Kandungan yang dimiliki pada buah melon ini sangat banyak diantaranya adalah Vitamin A, vitamin C, Vitamin B6, kalium, Niacin, asam folat dan juga serat.

Nah jadi jika kita membudidaya buah melon ini sangat menguntungkan, namun dalam pembudidayaannya harus benar agar hasil yang diperolehpun bagus dan melimpah. Pada kesempatan kali ini Berkebun akan memberikan informasi mengenai cara membudidaya buah melon dengan baik. Untuk mengetahui infonya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Cara Menanam Melon Dengan 12 Langkah 100% Berhasil

1. Siapkan Bibit Melon

12 Cara Budidaya Melon Dengan Baik 100% Berhasil
12 Cara Budidaya Melon Dengan Baik 100% Berhasil

Jenis bibit melon ada banyak, diantaranya ada yang bulat, lonjong, dan lain sebagainya. Pilihlah bibit yang bagus dan cocok tumbuh didaerah yang sangat subur dan hangat. Agar dapat memperoleh bibit yang bagus bisa diperoleh di toko pertanian.

2. Lokasi

Lokasi yang baik untuk menanam buah melon adalah dengan memiliki suhu sekitar 20 – 30 derajat celcius, karena melon ini membutuhkan tempat yang hangat yang membutuhkan sinar matahari sekitar 6 sampai 7 jam dalam sehari agar melon yang dihasilkan manis dan bagus.

3. Pengolahan Lahan

Sebelum melakukan pengolahan, tentu terlebih dahulu sudah mempersiapkan lahan yang cukup untuk budidaya melon. Lakukanlah pengolahan lahan dengan menggunakan mesin agar lebih cepat, atau secara manual juga bisa.

Baca Juga:  Budidaya Jamur Merang Dijamin Berhasil (Panduan Lengkap)

4. Pemberian Pupuk Kandang

Setelah mengolah lahan, kemudian buatlah lubang untuk media tanam melon dan tebarkanlah pupuk kandang ke setiap lubang secukupnya agar dalam proses pertumbuhannya menjadi cepat.

5. Membuat Tempat Penyemaian

Sebelum menanam buah melon di lahan, buatlah tempat penyemaian agar dalam proses pemindahannya dapat menghasilkan buah yang bagus, lancar dan yang terpenting adalah perkembangannya lebih cepat.

6. Penyemaian

Penyemaian adalah proses pertama dalam budidaya melon. Penyemaian ini adalah cara untuk memperbesar benih melon di persemaian dapat dengan menggunakan media tanah dan juga campuran pupuk kandang.

7. Pemasangan Mulsa

12 Cara Budidaya Melon Dengan Baik 100% Berhasil
12 Cara Budidaya Melon Dengan Baik 100% Berhasil

Pemasangan mulsa ini dapat dilakukan ketika sudah memberi pupuk kandang dalam lubang. Pemasangan mulsa ini bertujuan untuk mempermudah dan mencegah munculnya rambut bebas yang dapat mengganggu pertumbuhan melon.

8. Cara Menanam

Cara penanaman melon hampir sama dengan buah-buah pada umumnya, hanya saja dalam menanam, buah melon harus sudah memiliki 3 sampai 4 daun maka melon sudah siap untuk ditanam ke lahan yang sudah diberi mulsa.

9. Pengendalian Hama

Untuk membudidaya buah melon harus lebih teliti dalam pemeliharaannya dengan cara melakukan pengecekan buah melon secara rutin. Sama halnya dengan buah lain, buah melon juga dapat terserang penyakit dan hama, maka bisa dilakukan dengan penyemprotan yang dilakukan setiap 1 atau 2 minggu sekali dengan menggunakan obat khusus melon.

10. Pemupukan Ulang

Pemupukan ulang ini dilakukan untuk proses pertumbuhan lebih lanjut, agar buah melon menjadi besar dan banyak. Adapun dalam pemilihan pupuk harus menggunakan pupuk yang bagus yang telah dianjurkan oleh para petani.

11. Penyiangan

12 Cara Budidaya Melon Dengan Baik 100% Berhasil
12 Cara Budidaya Melon Dengan Baik 100% Berhasil

Penyiangan dilakukan agar proses pertumbuhannya tidak terganggu. Penyiangan dilakukan secara benar, jangan sampai buah melon dikesana kemarikan aatau dipindah-pindah buahnya yang masih berada di tangkai. Hal ini harus sangat dihindari karena akan menganggu proses pertumbuhan buahnya.

Baca Juga:  Cara Menanam Talas : Persiapan, Penanaman, Perawatan Dan Pemanenan

12. Panen

12 Cara Budidaya Melon Dengan Baik 100% Berhasil
Cara Menanam Melon Dengan 12 Langkah 100% Berhasil

Buah melon dapat dipanen apabila melon sudah matang dan tua. Melon yang sudah tua memiliki ciri tangkai yang sudah mengering dan warna melon sudah pudar. Waktu untuk dipanen sebaiknya dilakukan pada siang hari atau dalam keadaan panas supaya kulit melon menjadi kering.

Itulah tadi informasi mengenai Cara Menanam Melon Dengan 12 Langkah 100% Berhasil. Semoga dapat bermanfaat dan bagi kalian yang akan membudidaya buah melon dapat berjalan dengan lancar dan berhasil. Terimakasih 🙂

Bunga Tulip Di Indonesia

admin
3 min read

Cara Menanam Lengkuas

admin
3 min read

Manfaat Pare Belut

admin
2 min read