Cara Menanam Lidah Buaya : Penanaman, Pembibitan Dan Manfaat

2 min read

Cara Menanam Lidah Buaya : Penanaman, Pembibitan Dan Manfaat

Cara Menanam Lidah Buaya : Penanaman, Pembibitan Dan Manfaat – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Lidah Buaya. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Menanam Lidah Buaya : Penanaman, Pembibitan Dan Manfaat


Lidah buaya ataupun dalam nama latinnya “aloe vera” ini mempunyai banyak khasiat yang di antaranya bisa dijadikan alternatif obat mag, penyembuh cedera, cedera bakar, herpes (dompo), ketombe, serta sebagainya.

Lidah buaya ialah tumbuhan asli dari Afrika yang pula dapat digunakan sebagai bahan nata de coco. Sehingga tidak heran bila banyak pengusaha yang mulai membudidaya lidah buaya sebagai bahan usaha mereka.

Tumbuhan lidah buaya ialah tumbuhan yang berduri yang berasal dari daratan Afrika. Tetapi, meski berduri, tumbuhan ini pula mempunyai banyak manfaat serta khasiat, untuk dalam badan ataupun buat luar badan seperti perawatan pada kulit ataupun rambut.

Tidak hanya itu, tumbuhan lidah buaya ini pula dapat dijadikan sebagai tumbuhan hias yang dapat digunakan buat teras rumah ataupun juga dalam ruang tamu.


Cara Menanam Lidah Buaya Menggunakan Anakan Lidah Buaya

Perlu diketahui kalau penanaman lidah buaya memakai anakan dari lidah buaya ini lebih gampang dicoba dibandingkan menanam lidah buaya memakai daunnya.

Anakan lidah buaya memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan tumbuhan utama. Untuk yang mau tahu cara menanam lidah buaya memakai anakan lidah buaya, berikut merupakan penjelasannya :

Baca Juga:  Manfaat Pare Belut

Mencari Anakan Lidah Buaya

Carilah anakan lidah buaya di sekitaran pangkal tumbuhan. Beberapa hal yang butuh dicermati dalam pemilihan anakan yang baik buat ditanam merupakan anakan yang fresh serta mempunyai ukuran seperlima dari tumbuhan utamanya. Tidak hanya itu, memilih anakan lidah buaya yang mempunyai jumlah daun minimun 4.

Memisahkan Anakan Dari Tumbuhan Utama

Untuk memisahkan anakan dari tumbuhan utama, seorang wajib memakai pisau yang bersih serta tajam supaya proses pembelahan berjalan gampang. Bila telah dipisahkan maka biarkanlah beberapa hari supaya cedera potongan tersebut mengering. Perihal tersebut dicoba untuk menghindari datangnya peradangan yang bisa membatasi perkembangan.

Mempersiapkan Pot

Siapkanlah suatu pot yang ada lubang – lubang kecil pada bagian dasar pot. Bila pot belum berlubang maka buatlah lubang – lubang kecil supaya pembuangan air berjalan mudah. Air dalam pot tidak boleh menggenang, sebab perihal itu bisa menyebabkan pangkal jadi busuk.

Cara Menanam Lidah Buaya : Penanaman, Pembibitan Dan Manfaat


Mulai menanam lidah buaya

Sehabis itu, perhatikan tahapan ataupun cara menanam lidah buaya secara benar. Pertama, pilih bibit lidah buaya ataupun lidah buaya anakan yang ukurannya kecil. pilih bibit yang fresh sehingga lidah buaya bisa berkembang maksimal.

Kedua, tanam bibit lidah buaya dengan menancapkan ke media tanam. Cara ini pula dapat dipakai sebagai cara menanam lidah buaya tanpa pangkal. Pastikan buat menancapkan bibit ke permukaan dengan kokoh, jangan sangat dalam. Jika sangat dalam, dikhawatirkan bibit lidah buaya hendak membusuk serta gampang roboh.

Beri Jarak Waktu Penyiraman

Tumbuhan lidah buaya tidak sangat suka dengan air dari luar. Lidah buaya mempunyai daun berdaging yang kaya air. Maksudnya, tidak butuh menyiram tiap hari. Siram seperlunya secara teratur serta dengan takaran yang tidak sangat banyak. Bila kalian sangat banyak berikan air, dipastikan tumbuhan ini hendak lebih cepat membusuk.

Baca Juga:  Cara Pengomposan : Teknik Mudah Membuat Kompos dari Sampah Rumah Tangga

Beri Pupuk Sekali Setahun Serta Was – Was Hama

Pupuk yang digunakan wajib berbahan dasar air serta banyak memiliki fosfor. Siapkan campurannya dalam dosis separuh. Tidak hanya itu, waspadalah terhadap hama, jamur, serta penyakit.

Pakai pestisida organik serta natural buat menghindari serbuan hama, misalnya kutu putih serta kutu daun. Jamur bisa dihindari dengan gampang, ialah dengan melindungi supaya tanahnya selalu kering.

Daun Sebagai Penanda Kesehatan Tanaman

Melihat daunnya bisa menampilkan apa yang diperlukan oleh tanman, sebagai salah satu cara menanam lidah buaya. Daun lidah buaya wajib berbentuk montok serta lurus.

Apabila daunnya tipis serta keriting, berarti lidah buaya memerlukan lebih banyak air. Tidak hanya itu, daun lidah buaya wajib berkembang lurus ke atas. Apabila daunnya terkulai, berarti lidah buaya membutuhkan lebih banyak cahaya matahari.


Peringatan

  • Pastikan Kamu memakai pisau yang bersih serta steril buat memotong daun ataupun anakan lidah buaya.
  • Bila terdapat daun yang mati, singkirkan daun tersebut memakai pisau yang bersih. Ini dapat menghindari tumbuhan membusuk serta bebas dari jamur.
  • Jangan kelewatan kala menyiram lidah buaya. Tunggu sampai tanahnya betul – betul kering saat sebelum menyiraminya kembali.
  • Berhati – hatilah kala memanen daun ataupun anakan dari tumbuhan yang berukuran besar. Beberapa di antara lain memiliki duri yang sangat tajam.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Lidah Buaya : Penanaman, Pembibitan Dan Manfaat  yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.

Cara Membuat Bibit Brokoli

admin
1 min read

Menanam Kiwi Di Dataran Rendah

admin
2 min read

Daun Semangka Kuning

admin
2 min read