Cara Menanam Laos

3 min read

Cara Menanam Laos

Cara Menanam Laos – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Laos. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Menanam Laos


Nyaris seluruh warga Indonesia tahu ataupun sempat mendengar kata lengkuas, walaupun itu cuma sekali saja.

Umumnya lengkuas pula diketahui dengan istilah laos, ialah salah satu jenis rempah yang dihasilkan di Indonesia. Rempah ini pula bisa dengan gampang Kamu temui di pasar tradisional ataupun modern.

Lengkuas ataupun yang pula mempunyai nama latin Alpinia galanga, ialah tumbuhan yang tercantum ke dalam tipe umbi-umbian.

Tumbuhan lengkuas umumnya bisa berkembang mencapai ketinggian 2 m ataupun lebih. Tumbuhan ini tidak mempunyai batang sejati, melainkan cuma terdiri dari beberapa susunan pelepah daun.

Wujud daunnya panjang serta meruncing pada bagian ujungnya. Tumbuhan ini pula mempunyai bunga yang berupa lonceng serta bercorak putih kehijauan.

Tidak hanya bunga, tumbuhan lengkuas pula menciptakan buah yang berupa bundar serta keras. Corak buahnya yang semula hijau dikala masih muda hendak berganti jadi coklat dikala telah tua.

Buat nama lengkuas sendiri, ialah nama yang diperuntukan buat rimpangnya. Ciri-cirinya merupakan beraroma khas dengan kulit yang bercorak mengkilap, tekstur keras, berserat serta berdaging.


Manfaat Lengkuas

Terdapat 2 jenis lengkuas yang dibudidayakan di Indonesia, ialah lengkuas putih serta lengkuas merah.

Lengkuas putih dimanfaatkan bagaikan bumbu masakan, sebaliknya yang merah cenderung dimanfaatkan buat penyembuhan tradisional.

Di Indonesia, lengkuas biasa digunakan bagaikan bumbu masakan tradisional nusantara. Lengkuas sanggup berikan citarasa yang kokoh serta aroma yang khas pada tiap masakan.

Tidak hanya itu lengkuas pula dapat dimanfaatkan bagaikan obat serta berguna untuk kesehatan badan. Sebagian khasiat dari lengkuas secara umum merupakan bagaikan berikut.

  • Tingkatkan energi tahan tubuh
  • Menanggulangi perut kembung
  • Menyembuhkan diare
  • Menghindari serta menanggulangi rematik
  • Menyembuhkan demam
  • Bagaikan bahan obat anti mabuk dalam perjalanan
  • Menghasilkan racun
  • Menghindari rambut rontok
  • Meremajakan kulit
  • Menyembuhkan radang

Lengkuas yang mempunyai bermacam-macam khasiat ini tidak cuma dapat Kamu miliki di pasar.

Baca Juga:  Cara Menanam Lengkuas

Kamu pula bisa menggunakan pekarangan rumah Kamu buat menanam salah satu rempah yang kaya khasiat ini. Tumbuhan lengkuas ini pula bisa berperan bagaikan tumbuhan obat.

Tumbuhan lengkuas tercantum tumbuhan yang lumayan gampang buat dibudidayakan di Indonesia, mengingat keadaan iklim serta temperatur iklim yang mendukung perkembangan tumbuhan ini.

Tumbuhan lengkuas pula mempunyai sifat toleran yang besar, dimana tumbuhan bisa berkembang di dataran rendah sampai dataran tinggi.

Yang terutama kelembapan wilayah tersebut terkategori sedang dan menemukan penyinaran dari sinar matahari dengan intensitas tinggi.

Sebagai persyaratan awal, daerah Indonesia sudah mempunyai poin positif bagaikan lahan tanam tumbuhnya lengkuas.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bila Kamu mau berupaya menanamnya di rumah. Triknya lumayan gampang walaupun memanglah memerlukan waktu yang lama buat memanen lengkuas tersebut.


Gimana Metode Menanam Lengkuas Di Pot?

Metode menanam lengkuas di dalam pot ataupun polybag bukanlah hal sulit, sebab tumbuhan ini memanglah sangat gampang berkembang serta tumbuh.

Berikut beberapa langkah yang bisa kamu jalani buat menanam lengkuas dalam pot ataupun polybag.

Pembibitan

Pemilihan bibit

Langkah awal yang dicoba buat membudidayakan tumbuhan lengkuas merupakan memilah bibit lengkuas.

Pemilihan bibit ini wajib penuhi sebagian syarat yang antara lain bibit wajib berasal dari tumbuhan induk yang telah tua dan bebas dari hama serta penyakit. Perihal ini bertujuan buat memperoleh hasil lengkuas yang bermutu.

Untuk itu memilih bibit langsung dari kebun, ambil dari tumbuhan induk yang telah berumur 9-10 bulan serta Pastikan permukaan bibit tidak baret. Seperti itu beberapa syarat bibit yang wajib kamu penuhi.

Penyemaian

Saat sebelum ditanam di media tanam, bibit lengkuas wajib disemai terlebih dulu. Penyemaian bisa dicoba di dalam peti kayu, dengan metode bagaikan berikut:

  • Jemur bibit terlebih dulu, tetapi jangan hingga sangat kering, serta simpan kurang lebih 1-1,5 bulan.
  • Patahkan bibit lengkuas jadi kurang lebih 4 bagian dengan tiap-tiap potong mempunyai 3-4 mata tunas, berikutnya jemur kembali sepanjang 1 hari.
  • Masukkan bibit yang telah siap ke dalam karung anyaman, serta celumpak ke dalam larutan fungsida selama 1 menit.
  • Sehabis kering masukkan bibit tumbuhan ke dalam peti. Susunan bibit terletak di susunan yang sangat dasar, berikutnya abu sekam begitu seterusnya. Diamkan sepanjang 2-4 minggu.
Baca Juga:  Cara Mencangkok Pohon Sawo (Sukses)

Cara Menanam Laos


Penyiapan pot ataupun polybag bagaikan tempat tanam

Langkah ketiga yang wajib disiapkan merupakan tempat tanam, sebab kita hendak memakai polybag ataupun pot.

Maka yang wajib kamu siapkan antara lain merupakan pot ataupun polybag, tanah, pupuk kandang serta pupuk kompos dengan perbandingan 1:1:1.

Campur seluruh bahan sampai tercampur rata. Berikutnya masukkan media tanam ini ke dalam pot ataupun polybag yang berdimensi sedang sampai 3/4 bagian.

Letakkan polybag di tempat yang teduh tetapi terserang cahaya matahari, diamkan media tanam ini sepanjang 1 minggu saat sebelum siap ditanami.

Penanaman

Bibit lengkuas bisa dipindahkan ke dalam pot sehabis ditumbuhi tunas baru ataupun nampak terdapatnya mata tunas pada bibit.

Bibit lengkuas ditanam di dalam pot yang telah dipersiapkan dengan terlebih dulu melubangi media tanam pot dengan kedalaman 10-15 centimeter.

Tempatkan mata tunas pada bagian atas, setelah itu tutup lubang dengan tanah serta siram dengan air seperlunya sampai tanah jadi lembab. Jangan sampai tergenang buat menjauhi pembusukan bibit.


Pemeliharaan

Pemeliharaan lengkuas lumayan gampang. Tempatkan pot di posisi yang terpapar matahari serta jalani penyiraman secara teratur.

Buat hasil yang maksimal, jalani akumulasi pupuk kandang sehabis tumbuhan berusia 1 bulan. Jangan lupa melaksanakan penyiangan rumput biar perkembangan lengkuas tidak terhambat.

Pemanenan

Lengkuas dapat dipanen sehabis berusia 10-11 bulan sehabis tanam. Metode pemanenan pula sangat gampang.

Cukup menggali sekitar tumbuhan serta melingkarkan bagian tumbuhan dengan lambat-laun sampai rumpun dapat terangkat tanpa terdapat bagian umbi yang tertinggal.

Potong bagian batang umbi serta mencuci bersih umbi dengan air mengalir. Keringkan umbi serta lengkuas siap buat dipasarkan ataupun digunakan sebagai bumbu masakan.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Laos, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.