Cara Menanam Labu Kuning Untuk Pemula (sukses)

5 min read

Cara Menanam Labu Kuning dan Perawatannya Yang Tepat (Berhasil)

Cara Menanam Labu Kuning Untuk Pemula (sukses) – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Labu Kuning.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Menanam Labu Kuning Untuk Pemula (sukses)


Labu kuning berasal dari daratan Amerika paling utama di Negeri Meksiko serta Palu. Banyak yang berpikiran kalau labu kuning ini berasal dari Indonesia, namun itu tidak benar.

Saat ini labu kuning telah menyebar ke segala dunia spesialnya di negara- negara tropis semacam, Filipina, Malaysia, sebagian negeri di Afrika serta Indonesia.

Warga luar memahami labu dengan istilah Pumpkin. Sebaliknya di Indonesia diucap dengan labu. Di bermacam tempat di Indonesia labu lumayan diketahui. Tumbuhan labu ini mempunyai sebagian nama

wilayah semacam, Waluh( Jawa), Labu Parang( Melayu) serta Jambe( karo).


Manfaat Labu Kuning

Tumbuhan labu berkembang merambat dengan daun yang lebar serta berbulu. Buah labu berupa bundar pipih. Dimensi pertumbuhannya kilat sekali dekat 350 gr per hari, tumbuhan labu berupa semak yang menjalar ke atas.

Buahnya besar serta bercorak hijau bila masih muda serta bercorak kuning orange hingga kuning kecokelatan bila telah berumur tua.

Labu tercantum tipe tumbuhan yang lumayan gampang dibudidayakan. Apalagi tanpa perawatan sekalipun, labu hendak senantiasa berkembang serta berbuah.

Tetapi meski semacam itu, di Indonesia sendiri, labu masih ialah buah yang lumayan tidak sering dibudidaya. Sementara itu, semacam disinggung diawal, buah labu mempunyai banyak khasiat. Semacam:

  • Menjaga dan mengobati mata,
  • Meminimalisir Hipertensi
  • Menanggulangi wasir,
  • Memantapkan tulang serta gigi,
  • Kurangi efek penyakit stroke,

Tahapan Proses Menanam Labu Kuning

Bila kamu tertarik buat menanam labu, berikut metode menanam labu kuning yang baik serta benar sehingga menciptakan buah yang banyak serta besar:

  • Pembenihan

Labu merupakan tipe tumbuhan yang gampang buat dibudidayakan serta metode membudidayakannya merupakan dengan metode generatif ataupun dengan biji. Terdapat 2 metode buat memperoleh biji dari buah labu.

Awal, kamu dapat membelinya. Serta yang kedua, kamu dapat mendapatkannya dari buah labu yang telah tua.

Bila kamu memilah metode yang awal, yakinkan kamu memukan logo‘ jaminan kualitas’ dari dinas pertanian yang menjamin kalau biji yang kamu beli merupakan biji dengan mutu terbaik.

Tetapi bila kamu memilah metode yang kedua, terdapat sebagian metode buat bisa membenarkan biji yang kamu miliki bermutu baik ataupun tidak. Serta berikut merupakan cara- cara tersebut:

    • Memilih buah labu yang berdimensi besar serta bercorak kulit terang,
    • Mempunyai pangkal buah berdimensi kecil,
    • Buah yang diseleksi buat jadi bibit merupakan buah yang matang di tumbuhan,
    • Sehabis matang, petik buah tersebut serta perkenankan sepanjang 7 hari lamanya saat sebelum dibelah,
    • Sehabis buah dibelah, pisahkan biji dari daging serta bilas lendirnya dengan memakai arang sekam halus.
    • Sehabis bersih, rendam biji dengan air hangat. Biji yang mengapung merupakan biji dengan mutu kurang baik serta biji yang tenggelam merupakan biji dengan mutu baik.
    • Jemur sepanjang 2 hari hingga biji yang tenggelam hingga mengering.
  • Persiapan Lahan

Langkah berikutnya dalam metode penanaman labu merupakan mempersiapkan lahan tanam. Labu merupakan tipe tumbuhan yang membutuhkan ruang gerak yang luas buat berkembang.

Seperti itu mengapa labu lebih kerap ditanam dilahan tanam dibanding dengan pot. Perihal ini sebab salah satu watak tumbuhan labu merupakan menjalar ataupun merambat.

Sehingga luasnya lahan hendak sangat pengaruhi perkembangan labu.Saat sebelum menanam labu di lahan, terdapat sebagian persiapan yang wajib kamu jalani.

Yakinkan zona lahan terbebas dari rumput liar ataupun gulma. Gulma ataupun tumbuhan liar dapat kamu babat secara manual ataupun dengan dorongan mesih potong rumput.

Baca Juga:  13 Cara Budidaya & Langkah Menanam Tomat Yang Benar

Cuma saja yakinkan rumput ataupun tumbuhan yang telah di potong terbakar hingga habis. Bukan ditumpuk hingga membusuk.

Menumpuk dikhawatirkan hendak menjadikan tumpukan rumput tersebut malah jadi sarang penyakit ataupun hama untuk tumbuhan kamu.

Tidak hanya terbebas dari tumbuhan liar ataupun gulma, yakinkan zona lahan pula terbebas dari batu- batu besar.Tidak ada tumbuhan besar ataupun bangunan besar yang bisa membatasi labu dari sinar matahari.

Zona lahan bertanah gembur supaya energi serap tanah terhadap air bagus. Tumbuhan labu memerlukan lumayan banyak air buat berkembang.

Tetapi bila energi serap tanah terhadap air kurang serta menjadikan air menggenang, dikhawatirkan perkembangan labu hendak terhambat serta tersendat.

Bila lahan telah digemburkan dengan cangkul ataupun traktor, sesi berikutnya merupakan pembuatan bedengan bagaikan media tanam labu. Lebar bedeng umumnya dekat 1m dengan besar optimal 30cm.

Sebaliknya buat panjang bedeng, kamu dapat membiasakan dengan lebar lahan yang terdapat.Bila lahan yang kamu siapkan lumayan luas, kamu dapat membuat lebih dari satu bedeng secara berdekatan.

Jarak antara bedeng dapat kamu buat dekat 40cm yang nantinya hendak dijadikan tempat air mengalir dikala hujan.Buatlah lubang tanam dengan diameter 10cm kala bedeng telah jadi.

Dengan lebar 1m, kamu dapat membuat lubang tanam 2 jalan dengan jarak tiap- tiap lubang dekat 40cm.Masukkan pupuk kandang bagaikan pupuk dasar kedalam tiap- tiap lubang.

  • Metode Penanaman

Sehabis lahan tanam telah siap, sesi berikutnya merupakan proses penanaman benih kedalam media tanam ataupun bedeng.

Satu perihal yang wajib dicermati saat sebelum proses penanaman dicoba merupakan jarak waktu antara pemberian pupuk dilubang tanam serta penanaman.

Umumnya lubang yang telah diberikan pupuk dibiarkan sepanjang 2- 3 hari saat sebelum dimasukkan benih.

Saat sebelum merambah proses penanaman, benih yang telah dijemur wajib direndam didalam air hangat sepanjang 2- 4 jam.

Buat memperoleh hasil yang optimal, biji yang telah direndam diletakkan pada kain yang sudah dibasahi serta ditaruh dekat 3 hari hingga biji tersebut berkecambah.

Biji yang telah berkecambah tersebut setelah itu dapat langsung ditanam dilubang tanam yang telah disiapkan tadinya.

Tetapi, bila itu kamu rasa sangat merepotkan, kamu dapat langsung menanam biji tanpa lewat proses perendaman dengan air hangat.

Cuma saja, mutu yang didapatkan nanti hendak berbeda dengan mutu benih yang direndam dengan air hangat.

Buat memperoleh hasil yang lebih optimal, kamu wajib senantiasa melindungi kelembapan tanah supaya benih bisa berkembang secara optimal.

Salah satu metode buat melindungi kelembapan tanah tersebut merupakan dengan memakai plastik mulsa yang wajib menutupi permukaan bedeng serta kurangi penguapan air.


Tehnik Perawatan

Metode menanam labu kuning sesungguhnya tidak sangat susah serta dapat dicoba oleh siapa saja. Apalagi dengan perawatan yang betul- betul tidak diprioritaskan.

Tetapi, bila kamu mau memperoleh hasil panen yang bermutu serta optimal, terdapat sebagian tipe perawatan yang wajib kamu jalani buat tumbuhan labu kamu.

  • Pemupukan

Tidak hanya diberikan pupuk dasar, tumbuhan labu kamu pula butuh diberikan pupuk lanjutan. Salah satu pupuk lanjutan yang digunakan merupakan pupuk kandang yang ialah pupuk organik.

Pemupukan umumnya dicoba tiap 3 bulan sekali secara teratur sejak bertepatan pada penanaman benih.

Pemupukan lanjutan umumnya dicoba dengan metode melarutkan pupuk kandang organik serta air dengan perbandingan 1: 1 ataupun 1kg pupuk kandang dengan 1L air.

Tetapi larutan pupuk kandang tersebut tidak dapat langsung digunakan sebab wajib lewat proses fermentasi terlebih dulu. Proses fermentasi umumnya dicoba seminggu saat sebelum pemberian pupuk diberikan.

Dalam penerapannya, larutan pupuk kandang organik tersebut disemprotkan ke lubang tanam serta pula sebagian bagian tumbuhan labu dengan skala 1L buat 1M2.

  • Penyulaman

Benih labu tercantum benih yang kilat berkembang. Umumnya 7 hari sehabis tangal tanam, benih hendak berkecambah serta tunas telah nampak keluar ke permukaan tanah.

Baca Juga:  √ Cara Menanam dan Perawatan Semangka (Panduan Lengkap)

Serta kala kamu memandang terdapat benih yang tidak berkembang, segeralah menggali lubang tanah serta masukkan benih baru buat mengisi kekosongan tersebut.

Dengan begitu hingga bisa ditentukan seluruh tumbuhan labu kamu hendak panen secara bertepatan pas waktu.

  • Penyiangan

Gulma dan tumbuhan liar merupakan musuh utama para petani serta pembudidaya tumbuhan. Sebab mereka hendak terus bermunculan sehingga dibutuhkan tenaga serta waktu ekstra buat bisa mengatasinya.

Terdapat 2 metode yang dapat kamu jalani buat menyiasatinya. Awal, pakai dorongan cairan kimiawi. Kedua, jalani secara manual. Tetapi meski semacam itu, metode awal bukanlah dianjurkan.

Sebab tidak hanya menghentikan perkembangan gulma dikhawatirkan pula hendak mengganggu perkembangan tumbuhan kamu serta faktor hara yang terdapat didalam tanah sehingga tanah tidak lagi produktif.

  • Pemberian Lanjaran

Semacam telah disebutkan, tumbuhan labu tercantum tumbuhan yang merambat sehingga memerlukan lahan yang lumayan luas buat perkembangan serta perkembangannya.

Serta buat mempermudah dalam penjaannya, pemberian lanjaran bisa jadi pemecahan supaya tumbuhan labu kamu tidak menyebar tidak karuan.

Lanjaran umumnya dibuat dari kayu bambu dengan dimensi panjang 2m. Lanjaran terbuat setinggi 1, 5m ataupun disesuaikan dengan besar tubuh kamu.

Gunanya penyesuaian besar ini merupakan buat mempermudah kamu dalam penjaannya. Lanjaran ini umumnya diberikan pada dikala sulur- sulur tumbuhan labu belum sangat panjang.

Sulur- sulur tersebut setelah itu dililitkan ke bambu supaya nantinya tumbuhan labu tersebut merayap naik keatas lanjaran.

Cara Menanam Labu Kuning dan Perawatannya Yang Tepat (Berhasil)

Masa Panen

Tumbuhan labu tercantum salah satu tumbuhan yang tidak memerlukan waktu lama buat panen. Dekat 60 hari sehabis bertepatan pada tanam.

Tumbuhan labu  mulai berbuah serta masuk masa panen kala umur tumbuhan 80 hari sehabis bertepatan pada tanam.

Serta identitas buah labu yang telah siap panen merupakan:

Bercorak cerah

Yakinkan buah labu yang hendak kamu panen mempunyai corak yang terang. Corak yang terang merupakan salah satu penanda buah yang telah masak serta siap buat dipanen.

Berkulit keras

Saat sebelum memanen, yakinkan kamu mengecek tingkatan kekerasan kulit labu. Jangan hingga kamu memanen buah labu yang masih berkulit lunak sebab buah hendak sangat rentan buat busuk dikemudian hari.

Memilih buah yang telah berkulit lumayan tebal serta keras sebab kulit tersebutlah yang hendak melindungi labu dari resiko- resiko lain yang bisa mengganggu buah dari luar.

Batang mengering

Batang serta sulur- sulur dekat buah yang siap panen umumnya lambat- laun hendak mengering dengan sendirinya.

Serta sebab mengering, umumnya batang serta sulur- sulur hendak susah buat diputuskan sehingga memerlukan perlengkapan bantu buat bisa membebaskan labu dari batanya.

Kamu dapat memakai pisau maupun gunting buat memotong batang. Cuma saja pakai perlengkapan yang tajam serta tinggalkan sedikit batang pada labu.

Jangan sempat coba buat mematahkan batang labu sebab perihal tersebut bisa membuat buah labu kilat membusuk nantinya.


Penyimpanan labu

Labu tercantum buah yang lumayan kokoh terhadap keadaan sekitarnya. Apalagi buah yang telah dipanen serta jauh dari tumbuhan indukannya juga sanggup bertahan lumayan lama.

Cuma saja, ketentuan tempat yang dibutuhkan merupakan kering serta tidak jauh dari cahaya matahari.

Jangan menaruh labu ditempat lembab serta basah ataupun didalam lemari pendingin sebab justru hendak memesatkan proses pembusukan labu.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Labu Kuning Untuk Pemula (sukses), yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.