Cara Menanam Kesemek Mudah Di Rumah

2 min read

Cara Menanam Kesemek Mudah Di Rumah

Cara Menanam Kesemek Mudah Di Rumah – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Kesemek. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Menanam Kesemek Mudah Di Rumah


Kesemek merupakan nama sejenis buah- buahan dari marga Diospyros. Tumbuhan ini diketahui pula dengan istilah buah kaki, ataupun dalam bahasa Inggris dinamai Oriental( Chinese/ Japanese) persimmon.

Nama ilmiahnya merupakan Diospyros kaki.(‘ Kaki’, bahasa Jepang, merupakan nama zat tanin yang dihasilkan buah ini).

Sepintas kesemek( Diospiros kaki) mirip buah apel, bila telah matang corak kulitnya kekuningan. Rasanya manis dengan tekstur daging renyah semacam papaya mengkal serta berangsur lunak bersamaan dengan matangnya buah.

Tidak hanya dimakan bagaikan buah meja, kesemek lumayan potensial bagaikan bahan baku manisan ataupun selai.


Syarat Tumbuh Kesemek

Kesemek ialah tumbuhan subtropis, berkembang baik di wilayah yang mempunyai masa dingin moderat sampai masa panas relatif ringan.

Kesemek hendak menggugurkan daunnya pada masa dingin kala temperatur menggapai- 3°C. Dalam kondisi dorman tumbuhan ini masih dapat tahan mengalami temperatur sampai- 17ºC.

Walaupun tercantum dalam tumbuhan subtropis, kesemek dapat berkembang serta menciptakan di hawa tropis.

Di wilayah tropis kesemek ditanam pada ketinggian 1. 000 m di atas permukaan laut yang sifat- sifat agroklimatnya menyamai keadaan subtropis.

Tumbuhan kesemek masih dapat berkembang di dataran lebih rendah tetapi tidak dapat menciptakan buah.

Baca Juga:  Cara Menanam Pohon Jarak : Pembibitan, Pengolahan Lahan, Penanaman, Perawatan dan Pemanenan

Tumbuhan kesemek toleran terhadap bermacam jenis tanah. Jenis tanah yang sangat disukainya yang solid serta dalam namun tidak sangat berat.

Perakarannya memerlukan drainase yang baik. Tingkatan keasaman tanah buat tumbuhan kesemek terdapat pada kisaran pH 5, 5- 7, 5.


Metode Budidaya Menanam Tumbuhan Kesemek


  • Persiapan Bibit Kesemek

Tumbuhan kesemek dapat dikembangbiakkan lewat biji, okulasi, cangkok, serta pembelahan pangkal. Dari ketiga tata cara tersebut, bibit yang berasal dari okulasi hendak lebih kilat menciptakan buah.

Triknya ialah siapkan cabang tumbuhan kesemek yang telah berbuah bagaikan bagian atas, dan siapkan pula batang kesemek hasil dari biji bagaikan bagian dasar.

Sambung kedua bagian tumbuhan ini biar menyatu. Rawat dengan metode menyiramnya secara berkala. Sehabis bibit tersebut berusia dekat 1- 2 minggu, Kamu dapat memindahkannya ke tempat penanaman.

  • Persiapan Lahan Tanam Kesemek

Tumbuhan kesemek hendaknya ditanam langsung di tanah, bukan memakai pot ataupun juga polybag. Mulailah penanaman dengan mempersiapkan lubang tanam terlebih dulu yang mempunyai dimensi 50 x 50 x 50 centimeter.

Masukkan pupuk kandang ke dalam lubang ini sampai penuhi 2/ 3 dari total volumenya. Diamkan lubang tanam ini sepanjang 2- 3 minggu supaya kondisinya wajar kembali.

  • Penanaman Bibit Kesemek

Bibit kesemek yang telah jadi dapat ditanamkan ke dalam lubang tanam. Waktu penanaman yang sangat sempurna merupakan pagi ataupun sore hari kala dini masa hujan.

Lepaskan bibit dari polybag, setelah itu pindahkan ke lubang penanaman dengan hati- hati. Awas jangan hingga sistem perakarannya rusak.

Tutup bagian dasar bibit ini memakai tanah di sekitarnya. Setelah itu siram seperlunya buat tingkatkan kelembaban hawa sehingga bibit dapat menyesuaikan diri dengan baik.

  • Pemeliharaan Tumbuhan Kesemek

Pemeliharaan tumbuhan meliputi pembersihan lahan dari gulma yang berkembang di dekat tumbuhan kesemek. Jalani pemupukan susulan tiap 2- 3 bulan sekali dengan menggunakan pupuk kandang.

Baca Juga:  Jenis Tanaman Obat

Kerjakan pula pengendalian terhadap hama serta penyakit cocok indikasi yang timbul. Dianjurkan buat melaksanakan pemangkasan tumbuhan secara berkala buat memicu pertumbuhannya, tercantum membentuk bakal buah.

Cara Menanam Kesemek Mudah Di Rumah

  • Pemanenan Buah Kesemek

Buah kesemek yang sudah matang lumayan gampang dikenali. Sebagian identitas yang timbul di antara lain corak kulitnya berganti dari hijau pucat jadi kuning jingga ataupun kuning kemerahan.

Diameternya membengkak sampai 5- 8 centimeter, serta mempunyai aroma yang kokoh. Metode pemanenannya ialah memotong tangkai buahnya mengenakan pisau yang dipasang pada bambu( egrek).

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Kesemek , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.