Cara Menanam Kedondong Dan Perawatannya Yang Tepat

3 min read

Cara Menanam Kedondong Dan Perawatannya Yang Tepat

Cara Menanam Kedondong Dan Perawatannya Yang Tepat – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Kedondong. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Menanam Kedondong Dan Perawatannya Yang Tepat


Kedondong yakni salah satu tanaman buah yang tergolong ke dalam suku mangga- manggaan( Anacardiaceae).

Kedondong ini pula yakni sesuatu tanaman buah yang pada umumnya banyak sekali terdapat di seluruh daerah tropis dan tercantum kedalam angiospermae.

Kedondong( Spondias dulcis Parkinson) yakni suatu tanaman buah berupa tanaman dan memiliki daging buahnya dengan rasa yang manis, sedikit asam, daging buah yang tebal, renyah, berbiji kecil dan juga tidak mempunyai banyak serat.

Kedondong yakni tanaman buah berupa tanaman yang dalam bahasa inggris diucap ambarella, otaheite apple, maupun great hog plum.

Lagi di Asia Tenggara diucap: kedondong( Indonesia& Malaysia), hevi( Filipina), gway( Myanmar), mokah( Kamboja), kook kvaan( Laos), makak farang( Thailand), dan coc( Vietnam).

Kedondong berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara. Tanaman ini telah tersebar ke seluruh daerah tropik.

Tanaman kedondong banyak ditanam di negara- negeri Asia Tenggara. Salah satu negara yang jadi sentra penanaman kedondong ialah Filipina yang memiliki satu jenis kedondong unggul yakni jenis Spondias purpurea L.

Di Indonesia daerah penghasil kedondong salah satu antara lain ialah Karimunjawa( Jepara, Jawa Tengah).

Buah kedondong ini dapat dimakan langsung dalam kondisi segar dan dapat diolah jadi rujak, asinan, manisan dan dapat dijadikan selai.

Tumbuhan ini pula dapat penuhi kebutuhan vit C dan mineral. Isi vit C pada buah kedondong kira- kira 30 mg. Daun kedondong pula mempunyai senyawa flavonoid, saponin, alkaloid, dan tannin yang berperan bagaikan antioksidan.


Ketentuan Berkembang Kedondong

Menanam kedondong sangatlah mudah, karena kedondong bsa tumbuh di segala tempat dengan tanah mulai lempung hingga berpasir asalkan memiliki aspek hara yang mencukupi, memiliki curah hujan lagi, sinar matahario 80%, dan memiliki temperatur hawa dekat 20°C- 32°C.

Baca Juga:  Cara Merawat Bunga Mawar

Tanaman ini tetap dapat tumbuh di tanah di daerah batu kapur maupun tanah berpasir yang asam asalkan sistem pengairannya baik dan gampang.

Tanah yang cocok buat ditanami tanaman kedondong ialah tanah yang porous, gembur, dan kaya hendak humus. Derajat keasaman( pH) tanah yang sesuai dengan karakteristik tanaman kedondong berkisar antara 5, 5- 6, 2.

Tanah dengan isi air tanah sejauh 50- 200 cm lebih disukai oleh tanaman kedondong biar hasil panennya bisa melimpah.

Tanaman kedondong dapat tumbuh dengan baik di daerah tropis. Curah hujan yang dibutuhkan oleh tanaman kedondong berkisar antara 1. 000- 1. 500 mm per tahun.

Tanaman ini mempunyai cabang yang rapuh dan mudah patah sehingga kecepatan rata- rata anginnya tidak boleh sangat kuat.

Tanaman kedondong dapat tumbuh dengan baik di daerah dataran rendah dengan ketinggian 0- 650 mdpl.

Dareah ini hendak bagikan keleluasaan buat tanaman kedondong buat menerima intensitas penyinaran matahari sebanyak 40 persen sebab tanaman ini membutuhkan cahaya matahari sejauh masa pertumbuhannya.

Temperatur hawa yang cocok buat zona tanaman kedondong berkisar antara 30- 400C, kebalikannya kelembaban hawa yang cocok buat zona tanaman kedondong berkisar antara 14- 20 persen.

Ini hendak membantu tanaman kedondong buat tetap berdiri dengan tegak.


Langkah cara Menanam Kedondong


  • Persiapan Tempat dan Media Tanam

Tempat tanam yang digunakan buat menanam kedondong dapat berupa polybag maupun pot tanam berukuran besar dengan diameter dekat 50 cm dan besar dekat 50 cm.

Bahan media tanam yang perlu disiapkan ialah tanah dan bokashi dengan perbandingan dekat 1: 1.

Selanjutnya campurkan kedua bahan media tanam tersebut dicampur dengan Furadan 3g yakni insektisida buat menjauhi hama tanah setelah itu campurkan seluruhnya hingga tercampur merata.

  • Persiapan Bibit Kedondong

Menanam kedondong dapat melalui biji( generatif) maupun melalui stek, cangkok, dan sambung pucuk( vegetatif).

Namun diajarkan mengenakan bibit dondong melalui stek, cangkok maupun sambung pucuk karena lebih kilat berbuah dan lebih identik dengan tanaman induk. Memilah bibit yanh sehat maupun terbebas dari hama penyakit.

  • Penanaman Kedondong Dalam Pot/ Polybag

Sehabis seluruhnya siap, lekas lakukan penanaman. Masukkan media tanam kedalam pot/ polybag tanam setinggi 25 cm setelah itu siram hingga basah merata, sehabis itu masukkan bibit kedondong dan atur akarnya hingga menyebar rata.

Baca Juga:  Cabai Gendol

Sehabis itu, masukkan kembali media tanam setelah itu lakukan penyiraman secara merata. Apabila sudah, pasang tajuk dan ikat dengan mengenakan tali biar tanaman tidak bergerak.

  • Pemanenan Kedondong

Kedondong dapat dipanen sehabis berumur 1- 1, 5 tahun sehabis tanam. Ciri buah kedondong yang siap panen yakni warna kulit buahnya sudah hijau tua dan sudah beraroma harum.


Perawatan Tanaman Kedondong


  • Penyiraman

Lakukan penyiraman secara tertib pada pagi dan sore hari pada tanaman kedondong yang baru ditaman. Apabila tanaman kedondong sudah tumbuh dengan baik, penyiraman dapat dicoba 2 hari sekali dan apabila sudah mulai besar bisa dicoba penyiraman masing- masing 4- 6 hari sekali dengan memandang kondisi tanah.

  • Penyulaman

Apabila ada tanaman yang mati maupun pertumbuhannya kurang baik sampai lekas lakukan penyulaman dengan mengubahnya dengan bibit yang baru biar tanaman tumbuh serempak.

Cara Menanam Kedondong Dan Perawatannya Yang Tepat

  • Penyiangan

Lakukan penyianagna pada gulma yang tumbuh disekitar tanaman kedondong dalam pot. Penyiangan ini dapat dicoba masing- masing 2 minggu sekali.

  • Pemupukan

Lakukan pemupukan dini pada tanaman kedondong disaat tanaman kedondong berumur 2 minggu dengan mengenakan pupuk dengan isi nitrogen besar semacam urea dan NPK maupun pupuk cair dengan dosis dekat 20 gram maupun 1 sendok makan.

Pupuk tersebut disebar disekitar batang tanaman kedondong setelah itu lakukan penyiraman hingga pupuk larut.

Pemupukan berikutnya dicoba disaat tanaman kedondong berumur 1 bulan, 2 bulan, 4 bulan, 8 bulan dan seterusnya.

Pemupukan tersebut ditambah dengan pupuk bokashi masing- masing kali pemupukan dicoba dengan dosis disesuaikan dengan umuer tanaman kedondong dan jangan kurang ingat masing- masing sehabis pemupukan lakukan penyiraman hingga pupuk larut dan meresap dalam tanah.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Kedondong , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.