Cara Menanam Kecipir

4 min read

Cara Menanam Kecipir

Cara Menanam Kecipir – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Kecipir. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Menanam Kecipir


Kecipir merupakan tumbuhan setahun yang berupa perdu. Tumbuhan kecipir sepintas menyamai kara, namun buahnya berbeda.

Tumbuhan ini membentuk umbi dan bersifat membelit ke kiri. Umumnya kecipir bisa berumbi besar yang lezat dimakan.

Daunnya tidak berbau langu. Buah kecipir bercorak hijau, panjangnya 15-40 centimeter, berupa segi 4, dan tiap seginya berusuk serta bersayap.

Rasanya lezat dan lunak. Biji kecipir ialah sumber protein nabati serta banyak memiliki vit A, B, serta C, dan lemak.

Wujud bijinya bundar serta bercorak kuning sewaktu masih muda, namun sehabis tua jadi cokelat dan rasanya jadi kelat/pahit. Kecipir (Psophocarpus tetragonolobus A. DC) termasuk famili Papilionaceae.

Kecipir dibedakan bersumber pada corak bunganya jadi 2 macam, ialah kecipir berbunga ungu serta kecipir berbunga putih.

Kecipir berbunga ungu panjang buahnya antara 15-20 centimeter serta bijinya besar.

Kecipir berbunga putih panjang buahnya antara 30-40 centimeter serta bijinya kecil (lebih kecil dibanding kecipir berbunga biru).


Bertanam Kecipir

Tumbuhan kecipir belum diusahakan secara komersial, namun baru jadi tumbuhan pekarangan buat penuhi kebutuhan sendiri.

Kecipir bisa ditanam didataran rendah ataupun tinggi. Tumbuhan ini tidak memerlukan tempat yang produktif, sebab seperti itu tumbuhan ini sangat baik ditanam di pekarangan serta lahan-lahan kritis.

Syarat-syarat supaya tumbuhan kecipir bisa berkembang dengan baik merupakan tidak terdapat genangan air, iklimnya kering, serta pH tanah antara 5,5-6,5.

Oleh sebab itu, tumbuhan kecipir lebih baik bila ditanam pada awal masa kemarau.

Meski demikian, kecipir bisa pula ditanam pada masa hujan, namun produksinya hendak menyusut, apalagi bila curah hujan sangat besar, tumbuhan tidak hendak ingin berbuah.

Bila perihal ini terjadi, maka tumbuhan hendak berbuah pada masa kemarau selanjutnya. Maksudnya, usia tumbuhan hendak jadi lebih panjang.


Metode Menanam Kecipir dalam Pot ataupun Polybag

Tanaman kecipir bisa berkembang di wilayah mana saja, baik di wilayah dataran rendah ataupun di wilayah dataran tinggi.

Budidaya kecipir bisa pula dicoba di rumah paling utama untuk Kamu yang tidak mempunyai lahan yang luas, dengan metode menggunakan pot ataupun polybag.

Berikut langkah-langkah menanam kecipir dalam pot ataupun polybag:

Perlengkapan serta bahan yang dibutuhkan

  • Benih kecipir
  • Pot ataupun Polybag
  • Pupuk kompos
  • Sekop kecil

Langkah-langkah menanam

Memilih benih yang varietasnya bagus, Kamu dapat mendapatkannya di toko pembibitan tumbuhan maupun di toko online pertanian.

Baca Juga:  Cara Mempercepat Ayam Bertelur : Trik Mudah Ayam Kampung dan Ayam Petelur

Benih kecipir bisa pula diperoleh dari pohonnya langsung. Memilih buah kecipir yang telah tua, petik, kupas serta jemur dibawah cahaya matahari sampai kering.

Seleksilah benih dengan metode merendamnya terlebih dulu. Benih yang baik merupakan benih yang tidak mengambang dalam air.

Campurlah pupuk kompos dengan tanah, perbandingan 2:1, aduk hingga menyeluruh serta masukkan ke dalam pot ataupun polybag. Setelah itu siramlah media tanam dengan baik hingga menyeluruh.

Tanamlah 2-3 benih pada media tanam dengan kedalaman dekat 3 centimeter. Tutupi kembali benih dengan tanah.

Cara Menanam Kecipir


Perawatan

Buat tumbuhan yang masih kecil jalani penyiraman tiap pagi serta sore, tetapi jangan sangat kelewatan, perkirakan cocok dengan kebutuhan tumbuhan.

Cabutlah rumput liar yang terdapat disekitarnya. Sebab kecipir ialah tipe tumbuhan yang merambat hingga butuh dipasangi dengan ajir/tajuk kala tumbuhan telah berusia 2 minggu.

Ajir bisa terbuat dari belahan bambu yang kokoh serta kuat. Perihal ini dibutuhkan supaya tumbuhan bisa merambat, berkembang dengan baik serta tertata apik.

Memasang ajir kecipir

Apa itu ajir? Ajir ialah suatu tempat merambatnya tumbuhan. Apakah seluruh tipe tumbuhan dipasang ajir? Tidak seluruh tipe tumbuhan yang bisa dipasangi ajir. Cuma sebagian tumbuhan saja yang dipasangi ajir.

Tipe tumbuhan apa saja yang bisa dipasangi ajir? Tipe tumbuhan merambatlah yang bisa dipasangi ajir. Salah satu tumbuhan merambat merupakan tumbuhan kecipir.

Tumbuhan kecipir ialah tumbuhan yang wajib dipasangi ajir sebab tumbuhan kecipir ialah tumbuhan merambat.

Tumbuhan kecipir bisa dipasangi ajir pada dikala telah mempunyai panjang 12 centimeter. Ajir yang digunakan dibuat dari belahan bambu dengan panjang 150 centimeter.

Pupuk terbaik buat tumbuhan sayur kecipir

Pemupukan yang diberikan pada tumbuhan kecipir terdapat 2 tipe, ialah pemupukan dasar serta pemupukan anorganik. Pemupukan dasar dicoba pada dikala pengolahan lahan.

Pupuk yang dipakai merupakan pupuk kandang. Metode melakukan pemupukan dasar merupakan dengan menaburkan pupuk kandang diatas lahan.

Sebaliknya pemupukan anorganik bisa dicoba kala usia tumbuhan menggapai 7 hari sehabis tanam serta 3 puluh hari sehabis tanam.

Pupuk yang diberikan merupakan kombinasi dari pupuk urea, pupuk KCl, serta pupuk SP-36.

Bagikan pupuk sesuai dengan dosis yang sudah diajarkan, ialah hampir 2,4 gr tiap tipe pupuknya.

Metode memberikan pupuk anorganik ini merupakan dengan memasukkan pupuk ke dalam lubang pupuk. Sehabis itu barulah lubang pupuk ditutup dengan memakai tanah.


Penyiraman Setiap hari kecipir

Buat tumbuhan yang telah besar penyiraman yang baik bisa dicoba 2 kali dalam satu hari. Serta buat tumbuhan yang masih kecil penyiraman yang baik bisa dicoba satu kali dalam satu hari.

Tumbuhan kecipir ialah tumbuhan yang tahan terhadap kering. Bila tidak disiram dalam satu hari tidaklah permasalahan.

Tetapi, jangan perkenankan tumbuhan ini kekeringan. Tumbuhan kecipir bila telah kekeringan hendak mati.

Buat seperti itu, jangan perkenankan tumbuhan kecipir hingga kekeringan. Meski kecipir tahan terhadap kekeringan, tetaplah jalani penyiraman supaya tumbuhan kecipir tidak kekeringan.

Baca Juga:  Panduan Pemula Budidaya Ikan Butterfly Fish Mudah Dan Tepat

Pendangiran serta penyiangan

Sesi pendangiran serta penyiangan bisa dicoba bersamaan. Pendangiran ialah tahap dimana tanah yang terdapat di dasar bedengan dinaikkan di atas bedengan.

Sebaliknya tahap penyiangan ialah tahap dimana gulma yang terdapat disekitar tumbuhan dicabuti dengan metode dicangkul.

Gimana metode melaksanakan pendangiran serta penyiangan secara bertepatan? Triknya merupakan dengan mencangkul tanah hingga gembur.

Sehabis itu, angkat tanah yang turun dibawah bedengan dinaikkan ke atas bedengan. Tanah-tanah yang dicangkul menimbulkan gulma jadi naik ke atas. Dengan begitu gulma bisa dicabut serta setelah itu dikubur.


Pengendalian Hama Penyakit Kecipir

Banyak perihal yang hendak terjadi bila petani memelihara kecipir dengan tidak baik. Salah satunya merupakan hama serta penyakit.

Hama serta penyakit ialah 2 perihal yang sangat ditakuti oleh seluruh petani sayur-mayur, termasuk petani kecipir.

Hama serta penyakit bisa melanda tumbuhan kecipir sebab petani tidak melindungi kebersihan area dekat penanaman.

Contohnya semacam gulma-gulma liar yang tidak sempat dicabut. Gulma ataupun rumput liat yang tidak sempat dicabut hendak menimbulkan hama serta penyakit berdatangan.

Perihal ini disebabkan gulma umumnya dijadikan tempat buat bersembunyi untuk hama serta penyakit.

Terdapat banyak sekali tipe hama serta penyakit yang kerap melanda tumbuhan kecipir. Apa- pa saja tipe hama serta penyakit yang kerap melanda tumbuhan kecipir?

Jenis-jenis hama serta penyakit yang kerap melanda tumbuhan kecipir antara lain merupakan bagaikan berikut:

  • Penyakit cendawan Worunella psophocarpi. Penyakit cendawan ini kerap kali melanda tumbuhan kapri. Penyakit ini melanda pada bagian buah tumbuhan kecipir. Apa dampaknya bila penyakit cendawan Worunella psophocarpi ini melanda tumbuhan kecipir? Akibat yang hendak ditimbulkan bila penyakit ini melanda tumbuhan kecipir merupakan salah satu bagian buah terdapat yang bengkak. Pembengkakan pada salah satu bagian buah tumbuhan kecipir merupakan sebab di dalam bagian yang bengkak tersebut memiliki air. Tidak hanya itu, akibat yang lain merupakan buah jadi keriput serta buahnya gampang patah.
  • Hama ulat keket. Hama ulat keket ini melanda pada bagian daun serta bunga tumbuhan kecipir. Apa akibat yang hendak ditimbulkan? Yang hendak ditimbulkan merupakan daun hendak jadi rusak, apalagi apabila penyerangan telah lama hendak menyebabkan seluruh daun rusak serta cuma tertinggal tulang daunnya saja. Apabila melanda bunga tumbuhan, hingga hendak menyebabkan perkembangan bunga jadi tidak wajar.

Gimana metode mengatasi hana serta penyakit? Metode menanggulanginya merupakan dengan menyemprotkan cairan fungisida ataupun cairan insektisida sesuai dengan dosis yang sudah diajarkan.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Kecipir, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.