Cara Menanam Kacang Merah Yang Baik Dan Benar

4 min read

Cara Menanam Kacang Merah Yang Baik Dan Benar

Cara Menanam Kacang Merah Yang Baik Dan Benar – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Kacang Merah. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Menanam Kacang Merah Yang Baik Dan Benar


Kacang merah maupun Phaseolus vulgaris L. berasal dari Negara Amerika. Penyebarluasan tanaman kacang merah dari Amerika ke Eropa dimulai sejak abad 16.

Daerah pusat penyebaran yakni Negara Inggris dan pengembangan dimulai dari tahun 1594, ke Negara Eropa dan Afrika hingga ke Indonesia.

Tanaman kacang merah tercantum dalam tanaman semak merambat yang memerlukan penyangga kala tumbuh. Kacang merah dapat tumbuh mencapai besar dekat 3, 5 m hingga 4, 5 m.

Kebalikannya buahnya berbentuk polong serta memanjang. Didalam satu polong biasanya ada 2 hingga 3 biji kacang merah.

Bentuk biji kacang merah mempunyai ukuran lebih besar daripada biji kacang hijau ataupun kacang panjang dengan kulit biji bercorak merah tua maupun merah bata.

Kacang merah biasa digunakan buat bahan banyak olahan santapan. Salah satunya ialah menjadikan kacang merah bagaikan bahan utama Es Kacang Merah dan pula salah satu bahan dasar salad.

Salah satu alibi banyaknya olahan santapan yang berbahan dasar kacang merah ialah karena kacang merah memiliki nilai gizi yang besar.


Syarat Tumbuh Tanaman Kacang Merah

Jenis hawa yang sempurna buat budidaya kacang merah ialah hawa basah. Ketinggian antara 1300- 2300 meter dpl. Temperatur yang sempurna buat budidaya kacang merah ialah berkisar antara 19- 24 derajat celcius.

Tanah yang sangat bagus buat budidaya kacang merah ialah jenis tanah androsol yang mempunyai isi bahan organik yang besar.

PH tanah sempurna buat budidaya kacang merah antara 5, 5– 6. Curah hujan buat tanaman kacang merah berkisar antara 1500– 2500 mm/ tahun.


Langkah Cara Menanam Kacang Merah


  • Persiapan Benih

Tata cara menanam kacang merah yang dini ialah kalian harus mempersiapkan benih. Buat mendapatkan benih kacang merah, ada 2 tata cara yang bisa kalian lakukan.

Pertama, membelinya di toko pertanian. Dan yang kedua, kalian bisa mengenakan biji kacang merah yang sudah tua di tanaman.

Namun Mengenai berarti lain yang harus kalian persiapkan ialah membenarkan jenis kacang merah yang ingin di budidaya.

Secara umum, ada 3 jenis kacang merah. Yakni kacang merah kecil, kacang merah lagi dan kacang merah besar.

Walaupun memiliki isi yang sama, apabila tujuan kalian membudidaya kacang merah ialah buat menjualnya kembali, besarnya ukuran kacang hendak sangat membenarkan harga jual.

  • Persiapan Lahan Tanam

Kacang merah tercantum jenis kacang- kacangan yang membutuhkan tempat yang beriklim sejuk. Buat semacam itu kenapa kacang merah hanya dibudidaya di dataran besar.

Tidak cuma alibi hawa, curah hujan yang besar pula hendak sangat mempengaruhi pertumbuhan kacang merah.

Kacang merah tercantum jenis kacang yang membutuhkan curah hujan yang besar buat dapat tumbuh. Untuk studi, kacang merah hanya bisa tumbuh pada kisaran temperatur 20- 25 derajat celcius.

Baca Juga:  Budidaya Kacang Tunggak

Apabila kacang merah ditanam diluar temperatur tersebut, sudah pasti pertumbuhan kacang merah hendak ternganggu.

Semacam misalnya apabila kacang merah ditanam dibawah temperatur 20 derajat celcius.

Apabila kacang merah ditanam pada temperatur tersebut, pertumbuhan hendak tersendat akibat proses fotosintesis tanaman kacang merah ini tersendat karena di tempat yang suhunya dibawah 20 derajat celcius biasanya yakni tempat yang tidak kerap terkena sinar matahari.

  • Penanaman

Ada 2 jenis lahan dimana kacang merah biasa ditanam. Dini di zona persawahan, dan yang kedua di lahan pertanian biasa.

Kacang merah yang ditanam di zona persawahan biasanya ditanam sehabis panen padi dicoba. Buat zona persawahan ini, kacang merah biasanya ditanam pada disaat masa kemarau.

Karena lahan persawahan tercantum lahan yang memiliki isi air yang cukup, pananamn kacang merah di masa panas tidak hendak jadi permasalahan. Mengenai ini berbeda kala menanam kacang merah di lahan pertanian biasa.

Buat menanam kacang merah di zona pertanian biasa, tanah biasanya digemburkan terlebih dahulu biar nanti pangkal dari benih kacang merah dapat dengan leluasa bergerak dan air mudah menyerap kedalam tanah.

Namun tentu saja tidak hanya sebatas tanah yang gembur, penanaman benih kacang merah di lahan pertanian biasanya dibuatkan bedeng sehingga meski tanah disiram dengan air, tanah tidak hendak jadi sangat basah karena air lekas turun dari bedeng.

Menanam kacang merah di lahan pertanian biasanya dicoba dengan tata cara menugal maupun membuat lubang- lubang sedalam 4 cm dengan dorongan kayu di atas bedeng.

Satu lubang tugal bisa diisikan 2 benih kacang merah.

Namun biar benih dapat tumbuh dengan maksimal, ada baiknya lubang tugal dimasukkan pupuk kandang dikala saat sebelum dimasukkan benih dan dibiarkan sejauh 2 hari biar tanah kaya hendak aspek hara.

Catatan apabila kalian menanam di lahan pertanian biasa, ada baiknya kalian menanam pada awal- dini masa kemarau.

Karena semacam dipaparkan diawal, kacang merah tercantum jenis kacang- kacangan yang membutuhkan banyak air dan hawa yang sejuk biar dapat tumbuh.


Perawatan Tanaman Kacang Merah

Buat perawatan tanaman kacang merah, ada sebagian Mengenai yang bisa dicoba. Yakni pemupukan, penyiraman, peyulaman serta penyiangan

Dan biar mudah dimengerti, berikut penjelasan tiap- masing- masing jenis perawatan dalam tata cara menanam kacang merah.

  • Pemupukan

Pemupukan ialah satu Mengenai berarti yang harus dicoba apabila kalian lagi membudidaya tanaman. Pemupukan biasanya dicoba kesekian kali sampai akhirnya masa produktif tanaman habis.

Begitu pula dengan kacang merah ini. Sehabis dicoba pemupukan dasar pada dini penanaman, sehabis 21 hari pemupukan lanjutan bisa dicoba buat merangsang pertumbuhan kacang merah.

Ada 2 jenis pupuk yang bisa kalian gunakan buat pemupukan lanjutan ini. Dengan pupuk organik maupun dengan mengenakan pupuk kimiawi.

Apabila kalian ingin mendapatkan kualitas yang sempurna dari kacang merah ini, walaupun sedikit merepotkan, pupuk organik yakni jenis pupuk yang cocok buat dijadikan pupuk lanjutan.

Walaupun terbilang simpel, pemupukan dengan bahan kimiawi sebaiknya tidak dicoba secara kelewatan. Karena hendak memiliki akibat negatif baik buat tanaman yang ditanam ataupun buat tanah tempat tanaman kalian ditanam.

  • Penyiraman

Semacam dipaparkan diawal buat tata cara menanam kacang merah, kacang merah tercantum tanaman yang membutuhkan cukup banyak air. Jadi, kalian harus sering menyiramnya.

Baca Juga:  Penyakit Tanaman Cabe Cara Pengendaliannya (Sukses)

Biasanya, tanaman kacang merah disiram sebanyak 2 kali dalam satu hari biar kelembapan tanahnya terpelihara.

Namun apabila masuk masa penghujan, kalian tidak perlu menyiramnya sering- kerap karena penyiraman sudah dibantu oleh air hujan.

Yang kalian perlu perhatikan ialah jangan sampai terjalin penggenangan air di lubang tugal yang sudah kalian masukkan benih.

Inilah guna dari bedengan dimana air tidak hendak menggenang karena hendak lekas turun dan mengalir lewar saluran irigasi yang ada diantara bedengan.

  • Penyulaman

Penyulaman perlu dicoba buat mendapatkan hasil panen yang maksimal. Kegiatan penyulaman biasanya dicoba sehabis tunas baru dari benih yang kalian tanam bermunculan dekat 14 hari sehabis bersamaan pada tanam

Yang perlu kalian lakukan hanya mengganti maupun memasukkan benih baru kedalam lubang tugalan yang benihnya tidak tumbuh maupun mati.

Dengan penyulaman ini, tanaman kacang merah kalian hendak menghasilkan panen sesuai yang kalian targetkan karena segala tanaman sukses berbuah.

  • Penyiangan

Penyiangan pada kacang merah biasanya lebih difokuskan pada disaat tanaman mulai menciptakan kuncup bunga.

Karena apabila mengkonsumsi nutrisi tanaman kacang merah tersendat kebalikannya tanaman sudah memasuki fase berbunga, bisa jadi pertumbuhan buah tersendat hendak terjalin.


Hama Tumbuhan Kacang merah

Kacang merah tampaknya pula tidak lepas dari serbuan hama.

Hama yang biasanya mengusik pertumbuhan tanaman kacang merah biasanya ialah kumbang daun maupun Henosa Pilachna Signatipennis dan ulat pengerek daun maupun Etiella Zinckenella.

Buat dapat menjauhi ataupun mengatasi tanaman yang sudah terserang hama- hama ini bisa mengenakan insektisida organik maupun kimiawi.

Insektisida ialah tata cara ampuh buat mengatasi permasalahan tanaman karena hama serangga karena memiliki bau dan rasa yang tidak disenangi oleh serangga. Konsumsi insektisida bisa dicoba 4 hari sekali.


Cara Menanam Kacang Merah Yang Baik Dan Benar

Masa Panen Kacang Merah

Ada sebagian ciri tanaman kacang merah yang sudah memasuki masa panen. Sebagian ciri tersebut ialah:

  • Kulit polong terlihat maupun terasa kasar,
  • Polong belum sangat menonjol, dan
  • Polong bercorak kumal.

Disaat memasuki masa panen, kacang merah biasanya berusia 2 bulan sehabis bersamaan pada tanam.

Dan walaupun sudah panen, kalian tetap tidak bisa memanen maupun memetik polong kacang merah dengan sembarangan. Pemetikan polong kacang panjang biasanya dicoba dengan tangan kosong.

Tanaman kacang merah tercantum tanaman yang sangat sensitif, jadi kala kalian memanen dengan mengenakan peralatan yang tidak steril, bisa jadi tanaman hendak sakit sangat besar karena bakteri dari peralatan potong kalian bisa dengan mudah masuk.

Namun walaupun semacam itu, sekali memasuki masa panen, kalian bisa memanen kacang merah masing- masing 3 hari sekali sampai dengan usia tanaman 3 bulan.

Semacam itu sebagian tata cara budidaya kacang merah yang bisa kalian jadikan acuan apabila kalian ingin membudidaya kacang merah.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Kacang Merah , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.