Cara Menanam Kacang Kapri Cepat Berbuah

4 min read

cara menanam kacang kapri tanah, budidaya kacang kapri di dataran rendah, pohon kacang kapri tanah, gambar pohon kacang kapri tanah, budidaya kacang kapri pdf, pasca panen kacang kapri, cara menanam kacang merah, cara menanam kacang hijau, bibit kacang kapri, cara menanam kacang kedelai, cara menanam kacang merah,

Cara Menanam Kacang Kapri Cepat Berbuah – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Kacang Kapri. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Menanam Kacang Kapri Cepat Berbuah


Kacang kapri atau Pisum sativum. L merupakan sayur- mayur yang tergolong dalam jenis kacang- kacangan, tanaman semusim yang menyerupai semak ini tingginya bisa mencapai 2 cm.

Tumbuhan kapri tumbuh dengan baik di dataran besar, tumbuh merambat sehingga memerlukan penopang dalam budidayanya.

Ada 2 tipe kacang kapri. Tipe yang dini berbiji pipih( snow pea) tipe ini populer di Indonesia. Tipe kedua ialah yang berbiji bulat dikenal dengan nama snap pea.

Buah ini dipanen kala masih muda, sehingga bijinya masih berbentuk pipih dan lunak karena belum berkembang secara utuh. Kacang kapri biasa dijadikan pernak- pernik capcay, nasi goreng dan berbagai sayur- mayur yang lain.

Kapri maupun kacang kapri( Pisum sativum L. ssp. sativum, suku kacang- kacangan maupun Fabaceae) ialah sejenis tumbuhan sayur yang mudah ditemui di pasar- pasar tradisional Indonesia.

Kapri tercantum dalam golongan sayur buah, artinya buahnya yang dimakan bagaikan sayur dan tidak digolongkan bagaikan buah- buahan, semacam pula tomat maupun cabai.

Buah ini, yang bertipe polong( legume), dipanen kala masih muda dan bijinya belum berkembang penuh, sehingga berbentuk pipih dan masih lunak. Apabila sangat tua dipanen polong kapri berserat tebal dan tidak nyaman lagi buat dimakan.

Kapri masih satu jenis dengan ercis( kadang- kadangkala dicampuradukkan) dan tercantum salah satu sayur- mayur yang sangat dini dimakan manusia.

Terdapat sebagian kenyataan budidaya di wilayah perbatasan Thailand dan Myanmar 12 ribu tahun yang setelah itu..

Tumbuhan kapri, yang tumbuh baik di dataran besar, tumbuh merambat sehingga memerlukan penopang dalam budidayanya. Di Indonesia ia biasanya ditopang dengan tongkat- tongkat tipis dari bambu.


Syarat Tumbuh Tanaman Kacang Kapri


  • Iklim

Tanaman kacang kapri yakni salah satu jenis tanaman yang bisa bertumbuh di 2 hawa, yakni tropis maupun sub tropis.

Namun, lebih banyak orang yang membudidayakan tanaman ini di wilayah yang memiliki hawa sub tropis. Diakibatkan, tanaman ini lebih menggemari dengan hawa yang diiringi dengan temperatur yang cukup dingin.

  • Suhu

Tanaman yang bernama kacang kapri ini lebih menggemari dengan temperatur yang lebih dingin sehingga tanaman ini bisa bertumbuh dengan baik.

Biasanya temperatur dingin hendak membuat proses pembuahannya bisa berjalan dengan baik dibandingkan kalian menanam tanaman ini di temperatur yang semacam masa semi.

Mengenai ini pula semacam kalian menanam tanaman dengan temperatur tanah yang hangat.

Dalam Mengenai ini, temperatur yang terbaik buat menanam tanaman ini ialah temperatur yang bisa dikisaran semacam 13- 18 derajat celcius, ini ialah temperatur buat pertumbuhannya.

Nah, apabila tanaman ini ditanam pada hawa suhunya mencapai 29 derajat celcius maupun dapat jadi lebih dari itu, sampai pertumbuhannya hendak jadi lebih sulit.

  • Kelembaban

Perlu diketahui oleh kalian bila jenis tanaman yang satu ini lebih menggemari dengan kelembaban yang hanya mencapai sekitaran 70% hingga 91%.

Baca Juga:  Cara Menanam Kacang Hijau Untuk Pemula (Jamin Berhasil)

Kebalikannya buat kelembapan tanahnya, dimana kacang kapri tidak terbiasa ditanam pada tanah yang lembab.

Hendak tetapi, tanaman ini memerlukan air maupun mineral sehingga pertumbuhannya bisa berjalan dengan baik dan bisa menghasilkan buah yang baik pula.

  • Curah Hujan

Sudah dipaparkan diatas, bila tanaman ini tidak menggemari dengan tanah yang lembab, namun memerlukan air yang seperlunya.

Tanaman kacang kapri ini dapat bertumbuh dengan curah hujan yang hanya ditaksirkan sebanyak 750 hingga sampai dengan 1. 200 mm dalam satu tahunnya.

Biasanya, curah hujan yang telah melebihi 1. 500 maupun 2. 000 mm per tahunnya, sampai hendak membuat tanaman ini tidak bisa sempurna dalam proses pertumbuhannya.

  • Kondisi Tanah

Tertarik buat menanam tanaman yang serba hijau ini? Sampai cobalah buat memandang kondisi tanah yang hendak ditempatkan oleh tanaman ini.

Pada umumnya, kondisi tanah bisa mempengaruhi proses pertumbuhan dari tanaman kacang kapri ini. Tentu saja pertumbuhan yang baik hendak jadi lebih baik di tanam pada kondisi yang cocok dan cocok dengan tanaman ini pula.

Umumnya, tanaman ini lebih menggemari dengan kondsi tanah yang gembur. Dan, di tanah gembur tersebut kalian dapat mencangkul buat kedalaman tanahnya, kurang lebih mencapai 25 cm buat tanaman ini.

Tidak cuma itu, kalian pula dapat memberikan pelubangan di tanah tersebut dengan ukuran yang bisa diperkirakan mencapai 10 cm.

Tidak hanya itu saja, tanaman yang satu ini pula menggemari dengan tanah yang produktif dan mempunyai pupuk kompos.

Mengenai ini bertujuan biar tanaman ini bisa bertumbuh dengan baik, karena ini pula hendak jadi sesuatu alibi dari pertumbuhan yang baik maupun tidak. Kebalikannya buat keasaman tanah ini bisa mencapai sekitaran pH 5. 5 hingga sampai dengan 6. 5.

  • Ketinggian Tempat

Menanam tanaman ini bukan jadi sesuatu yang mudah, dalam Mengenai ini kalian pula harus mencari sesuatu tempat maupun daerah dengan ketinggian yang cocok buat tanaman kacang kapri ini.

Kalian bisa menanamnya di suatu tempat dengan ketinggian yang mencapai sekitaran 700 hingga sampai dengan 1. 500 mdpl.

Dengan adanya ketinggian yang telah disebutkan tadi, Mengenai ini hendak membuat tanaman kacang kapri bisa menghasilkan buah yang baik.

Perhatikanlah Mengenai ini karena ketinggian tempat bisa mempengaruhi proses pertumbuhannya.


Langkah Cara Tanam Kacang Kapri


  • Persiapan Benih

Benih kacang kapri dapat diperoleh dengan membelinya di toko pertanian maupun kalian dapat mempersiapkannya sendiri. Memilah tanaman yang sehat dan produktif buat diambil polongnya bagaikan benih.

Polong yang diambil ialah polong yang telah tua yakni berumur dekat 3 hingga 4 bulan, sehabis polong diperoleh keluarkan biji dari polong sehabis itu jemur sejauh 3 hari hingga isi air didalamnya jadi 10- 15%.

Apabila belum hendak ditanam sampai biji benih dapat di simpan. Dalam 1 hektar lahan dibutuhkan dekat 30 kg biji benih.

  • Persiapan Lahan Tanam

Lahan yang hendak digunakan buat menanam kacang kapri, dibersihkan dahulu dari gulma ataupun tanaman pengganggu yang lain.

Sehabis itu, gemburkan tanah pada lahan tanam dengan tata cara dicangkul maupun dibajak sedalan 30 cm setelah itu ratakan.

Baca Juga:  Cara Menanam Wortel Yang Baik 100% Berhasil

Buatlah bedengan dengan ukuran lebar dekat 80 cm, besar dekat 30 cm dan panjang dapat disesuaikan dengan lahan tanam.

Jarak antar bedengan yakni dekat 20 hingga 30 cm, Mengenai ini pula diperuntukan bagaikan parit.

Apabila tanah pada lahan kurang dari 5, 5 sampai perlu dicoba pengapuran. Pengapuran ini dicoba dekat 2 minggu dikala saat sebelum tanam.

Lakukan pemupukan dasar pada lahan tanam mengenakan pupuk kandang maupun pupuk kompos, buat dekat 1 hektar lahan dibutuhkan dekat 10- 15 ton pupuk.

Pupuk tersebut dibberikan dengan tata cara ditebarkan secara merata pada lahan maupun bedengan. Pemupukan ini dicoba dekat 2 hingga 3 minggu dikala saat sebelum tanam.

  • Penanaman Tanaman Kapri

Waktu penanaman yang baik buat kacang kapri ialah pada akhir masa penghujan yakni pada bulan Maret hingga April.

Kacang kapri dapat ditanam langsung tanpa melalui persemaian, namun sebelumnya biji benih direndam dalamn air terlebih dahulu biar lebih memesatkan perkecambahan.

Sehabis itu, tanam biji benih dalam lubang tanam yang dibuat dengan tata cara ditugal dengan kedalaman dekat 2, 5 hingga 5 cm, jarak antar lubang ialah dekat 15- 20 cm dan jarak

lubang tanam antar baris ialah dekat 50 cm. Masing- masing lubang tanam diisi dekat 2 biji benih, sehabis itu timbun kembali dengan tanah. Biasanya 5 hari sehabis tanam, buiji benih mulai tumbuh.

Bersamaan dengan penanaman lakukan pula pemupukan dengan campuran antara pupuk Urea, TSP, dan pula KCl.

Pupuk tersebut diberikan dengan tata cara meletakkannya dalam lubang yang dibuat dengan car ditugal dengan jarak dekat 5 cm dari lubang tanam.

  • Pemanenan Kacang Kapri

Kacang kapri mulai dapat dipanen sehabis berumur dekat 60 hari. Pemanenan tersebut dapat dicoba masing- masing 3 hari sekali sehabis panen dini hingga tanaman tidak dapatberbuah lagi.


Perawatan Tanaman Kapri


  • Penyiangan

Lakukan penyiangan sebanyak 2 kali yakni pada disaat tanaman bertumur 3 minggu dan disaat tanaman berumur 6 minggu. Penyiangan tersebut dapat dicoba dengan tangan maupun pula bisa dengan mengenakan kored.

  • Penggemburan Dan Pembubunan

Penggemburan tanah dicoba biar hawa dan air tanah dapat tersebar secara gampang. Bersamaan dengan penggemburan lakukan pula pembubuna biar pangkal yang tumbuh tidak mencuat ke permukaan.

  • Pemupukan

Lakukan pemberian pupuk daun pada disaat tanaman berumur dekat 20 hingga 30 hari sehabis tanam.

Sehabis tanaman berumur dekat 3 minggu, lakukan pemupukan dengan pupuk Urea dengan tata cara ditabur pada larikan sehabis itu ditutup kembali dengan tanah.

  • Penyiraman

Apabila tidak turun hujan sampai penyiraman dapat dicoba masing- masing hari, namun jangan sampai air menggenang.

cara menanam kacang kapri tanah, budidaya kacang kapri di dataran rendah, pohon kacang kapri tanah, gambar pohon kacang kapri tanah, budidaya kacang kapri pdf, pasca panen kacang kapri, cara menanam kacang merah, cara menanam kacang hijau, bibit kacang kapri, cara menanam kacang kedelai, cara menanam kacang merah,

  • Pemasangan turus maupun ajir

Tanaman yang telah berumur 3 minggu diberi media rambat maupun diucap dengan turus maupun ajir yang terbuat dari katu maupun bilah bambu berukuran panjang dekat 150 cm.

  • Pemangkasan

Biar tanaman lebih banyak memiliki buah, sampai butuh dicoba pemangkasan. Pemangkasan tersebut dicoba sebanyak 2 kali yakni disaat tanaman berumur 3 minggu bdan berumur 5 minggu.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Kacang Kapri , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih