Cara Menanam Jambu Madu Deli Hijau (Panduan Lengkap)

2 min read

Cara Sukses Menanam Buah Jambu Madu Deli Hijau

Cara Menanam Jambu Madu Deli Hijau (Panduan Lengkap) – Salam jumpa kembali sobat anda adalah para petani sukses yang pastinya cinta akan tumbuhan yang bermanfaat bagi kita semua, kali ini kita akan menjelaskan bagaimana Cara Sukses Menanam Buah Jambu Madu Deli Hijau (Panduan Lengkap) yang akan berkebun jelaskan dan terperinci.

Cara Menanam Jambu Madu Deli Hijau (Panduan Lengkap)

Jambu madu deli hijau ini sangat manis dan segar lo sobat, mungkin anda tertarik untuk membudidayakan buah jambu jenis ini, secara umum jenisnya sama dalam salah satu jenis jambu air lainnya. Jambu madu ini memang bukanlah varietas asli dari alam Indonesia lo sobat. Jambu air ini merupakan hasil rekayasa teknologi pertanian sehingga tercipta jambu air dengan bentuk dan rasa yang berbeda.

Ukurannya lebih kecil dan bentuk buahnya pun lonjong memanjang dengan warna hijau. Jika jambu air pada umumnya masih memiliki sedikit rasa keasaman atau sepat saat dimakan, maka jambu madu ini memiliki rasa manis tulen segar yang pastinya lumer dilidah lo sobat. Anda akan langsung menyukai rasa buah jambu madu ini begitu memakannya, dan berikut adalah proses yang harus anda lakukan :

1. Persiapan Lahan Untuk Kebun Jambu Madu

Pertama adalah anda harus memiliki pekarangan yang cukup untuk menanam pohon jambu dalam pot ini, anda harus siapkan pot atau polybag tanam yang berukuran besar dengan diameter sekitar 50 cm atau wadah lain seperti drum bekas yang dipotong menjadi 2 untuk menanam jambu madu.

Baca Juga:  15 Cara & Langkah Menanam Cabai Keriting Dengan Tepat

Siapkan juga media tanam berupa campuran tanah, sekam padi dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1, campurkan ketiga bahan media tanam tersebut hingga tercampur rata lalu anda masukkan kedalam pot yang sudah anda siapkan.

2. Memepersiapkan Bibit Jambu Madu Deli Hijau

Selanjutnya anda harus sudah mempersiapkan bibit jambu madu ini dengan bibit yang unggul, dan hasil dari cangkokan yang berkualitas, pastikan bahwa tanaman yang dicangkok ialah varietas yang unggul yakni sehat da berbuah lebat produktif, sebab bibit yang baik akan mempengaruhi kualitas buah yang dihasilkan.

3. Proses Penanaman Dalam Pot

Setelah semuanya anda siapkan dengan baik, maka selanjutnya adalah proses penanaman kedalam pot atau polibag yang sudah anda siapkan, Masukkan media tanam tersebut ke dalam pot tanam hingga setengah bagian. Lalu, masukkan bibit jambu madu ke dalam pot, namun sebelumnya lepaskan plastik polybag bibit jangan sampai hancur tanah yang ada dalam polybag. Timbun kembali tapi jangan terlalu penuh, lakukan penanaman pada sore hari agar tanaman tidak langsung terkena sinar matahari, lakukan penyiraman pada pada bibit yang sudah tertanam didalam pot.

4. Perawatan Jambu Madu

Dalam merawat jambu madu anda harus lakukan dengan maksimal, sebab dengan perawatan yang maksimal maka hasilnyapun akan maksimal, lakukan penyiraman setiap hari, lakukan juga pemberian pupuk, pemupukan tersebut dilakukan sebanyak 2 kali satu bulan dengan menggunakan pupuk kandang dan pupuk NPK secukupnya, agar tetap tepenuhi zat yang dibutuhkan oleh pertumbuhan yang dibutuhkan oleh jambu madu tersebut, setelah jambu madu anda mulai tumbuh tunas, lakukan pemangkasan, jangan biarkan pohon jambu anda terlalu banyak tangkai, atau bisa di sebut juga tangkai air, sebab akan mengakibatkan tidak berbuah, hanya subur pohonnya saja. sisakan setiap tangkai memiliki 2 cabang saja.

Baca Juga:  Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma Yang Baik Dan Benar

Selanjutnya jika tanaman huah jambu madu anda sudah mulai berbunga, lakukan pembungkusan dengan menggunakan plastik putih yang sudah di lubangi, biasanya jambu madu akan berbuah setelah berumur 2-2,5 tahun tergantung dari perawatannya. Buah jambu madu ini tak kenal dengan musim, buah ini dapat dipanen hingga 10-20 kg per pohon.

5. Pemanenan Jambu Madu

Pemanenan adalah kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh setiap petani, buah jambu madu yang sudah bisa dipanen akan memiliki ciri-ciri sebagai berikut, perubahan warna menjadi merah disebagian besar sisinya, bulu hidung jambu sudah menghitam. dan lakukan pemetikan jambu dengan menggunakan gunting agar tetap terjaga dari buah jambu yang belum siap panen, sekedar informasi buah jambu ini sangat banyak peminatnya lo, harganya pun cukup lumayan mahal, sekitar Rp. 35.000/kg.

Demikian penjelasan dari berkebun mengenai Cara Menanam Jambu Madu Deli Hijau (Panduan Lengkap) mudah-mudahan bermanfaat selamat mencoba dan sukses selalu.