Cara Menanam Daun Kari Dan Perawatannya Yang Tepat

5 min read

Cara Menanam Daun Kari Dan Perawatannya Yang Tepat

Cara Menanam Daun Kari Dan Perawatannya Yang Tepat – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Daun Kari. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Menanam Daun Kari Dan Perawatannya Yang Tepat


Daun kari yang ialah daun dari tumbuhan kari diucap pula bagaikan salam koja ataupun temuru. Daun kari mempunyai nama latin Murraya koenigii( L) Sprengel.

Daun kari ialah tipe tumbuhan berdimensi kecil dengan besar optimal kurang lebih menggapai 4 sampai 6 m saja dengan diameter batang optimal kurang lebih dari 4ocm.

Daun kari sendiri mempunyai wujud menyirip nyaris mirip daun belimbing, cuma saja ukurannya lebih kecil serta bercorak hijau tua mengkilap.

Bunga tumbuhan kari bercorak putih serta mempunyai dimensi kecil dan berkelompok, aromanya juga pula harum.

Serta buah kari mempunyai wujud yang bundar sebesar kacang tanah bercorak hijau kala masih mentah serta berganti ungu tua kala sudah masak tumbuhan.

Tumbuhan daun kari ataupun curry tree( tumbuhan kari), diucap pula salam koja, ialah tumbuhan yang daunnya digunakan bagaikan penyedap masakan kari.

Tumbuhan ini berhabitus tumbuhan dengan daun menyamai daun belimbing.

Daun- daunnya menghasilkan aroma khas. Bunganya pula mempunyai aroma yang khas. Tumbuhan ini berkerabat dekat dengan bunga kemuning.


Morfologi Daun Kari

Tumbuhan kari mempunyai rimbunan dahan yang kecil serta menyebar sampai 2, 5m besar tumbuhan sehingga bisa jadi tumbuhan pelindung.

perkembangan tumbuhan ini terkategori agak kilat pada umur 4 tahun diameter batangnya bisa menggapai kurang lebih 3 sampai 5 centimeter.

Curry tree ataupun tumbuhan kari mempunyai besar 4- 6 m. Batang pohonnya berdiameter dekat 40 centimeter. Daunnya berupa menyirip dengan 11 sampai 12 anak daun. Panjang anak daun dekat 2- 4 centimeter serta lebarnya 1- 2 centimeter.

Daun salam koja menghasilkan aroma khas. Bunganya bercorak putih yang menciptakan buah semacam berry bercorak gelap mengkilat berdimensi kecil dengan biji tunggal berdimensi besar.

Pulp buah berry salam koja bisa dimakan serta mempunyai rasa manis serta bisa dijadikan obat pula. Curry tree ataupun tumbuhan kari ataupun salam koja ini mempunyai daun menyamai daun belimbing.

Daun bercorak hijau tua. Bunganya kecil serta bercorak putih serta beraroma harum semacam bunga kemuning( Murayya paniculata) dari suku jeruk- jerukan( Rutaceae).

Tumbuhan ini acapkali terdapat di masakan kari, masakan India, serta masakan Aceh. Pemakaian daun salam koja hendaknya dalam kondisi fresh.

Daunnya sedikit beraroma langu serta gampang sekali layu. Tumbuhan ini pula berguna bagaikan obat tradisional serta buat bahan kosmetik di India.

Tumbuhan ini bisa bertabiat antimikrobial, anti peradangan, mengendalikan gula darah, antioksidan, penyubur rambut. Daunnya pula kaya hendak zat besi.


Langkah Cara Menanam Daun Kari


  • Pembibitan/ benih

Tumbuhan kari ialah tumbuhan tropis yang tercantum tipe tumbuhan rempah. Oleh sebab itu metode awal buat menanam tumbuhan kari ialah dengan melaksanakan pembibitan. Triknya ialah:

Pembibitan sendiri dicoba dengan metode mengambil biji dari buah tumbuhan kari yang sudah dibersihkan terlebih dulu dari kulit serta daging buah yang menutupinya.

Sehabis dibersihkan serta dicuci dengan air, biji setelah itu dijemur sampai kering serta terserang cahaya matahari sepanjang kurang lebih 1 sampai 2 malam.

Sehabis itu letakkan biji kari kedalam wadah berisi air maupun wadah yang lembab kemudian perkenankan sampai akar- pangkal dari tunas kari bermunculan.

Kemudian taruhlah biji berakar pada tempat yang agak hitam serta jauh dari cahaya matahari, perihal ini bertujuan buat memesatkan proses perkembangan tunas.

Baca Juga:  Panduan Lengkap Cara Budidaya Kurma Untuk Pemula Di Indonesia

Apabila tunas kari telah menggapai kurang lebih 3 sampai 5cm hingga tunas tumbuhan kari siap buat di semaikan ataupun dipindah ke tanah.

  • Lahan tanam tumbuhan kari

Semacam yang telah disebutkan kalau tumbuhan kari ialah tipe tumbuhan tropis, tetapi lebih baik bila di tanam di hawa lagi semacam dataran besar.

Jadi saat sebelum mempersiapkan lahan tanam, memilih tempat dengan temperatur yang sejuk serta tidak sangat panas. Ini hendak baik terhadap perkembangan dan isi zat yang terdapat pada daun kari nantinya.

Perihal ini disebabkan apabila temperatur sangat panas hingga proses fotosintesis hendak tersendat serta daun hendak kilat layu serta rusak sebab proses fotosintesis yang kelewatan.

temperatur yang baik buat daun kari ialah kisaran 22 sampai maksimalnya 25 derajat selsius.

Ataupun bila kalian ragu serta bimbang gimana mengukur temperatur yang cocok, kalian dapat menanam tumbuhan kari di tempat yang sekiranya sejuk serta tidak sangat panas ataupun kalian dapat mencocokkan dengan temperatur ruang di kamarmu.

Sebab kamar mempunyai temperatur ruang kisaran 20 sampai 25. Sebaliknya buat lahan tanam tumbuhan kari sendiri dengan besar 3 sampai 5cm kalian cuma butuh sediakan polibag maupun pot.

Sehabis itu gabungkan tanah humus, dengan pupuk tipe pupuk kandang dengan perbandingan 2: 1 serta sedikit air.

Kemudian masukkan kombinasi tanah tersebut ke dalam polibag ataupun pot dengan dimensi separuh besar polibag ataupun pot.

Sehabis itu masukkan tumbuhan kari serta tambahkan kombinasi tanah tersebut sampai penuh.

Letakkan ditempat yang sejuk serta perkenankan sampai berkembang kurang lebih setinggi 30 sampai 50cm serta sehabis itu tumbuhan siap buat dipindahkan dalam ladang.

  • Penanaman Kari

Proses penanaman tumbuhan kari nyaris sama dengan proses pemindahan, ialah sehabis memilah lahan yang sesuai dengan temperatur yang baik.

Semacam di pekarangan rumah maupun ladang yang mempunyai hawa serta temperatur yang sejuk pastinya. Tetapi tadinya, wajib dicermati pula pemilihan tempat dengan mencermati tanah di tempat tersebut.

Perhatikanlah tanah yang hendak ditanami tersebut apakah lumayan produktif ataupun tidak, perihal ini sangatlah mempengaruhi bukan cuma pada proses pertumbuhannya namun pula isi zat yang terdapat pada daun kari tersebut.

Tanah yang kering serta tandus hendak mengusik proses penyerapan air serta zat hara oleh pangkal tumbuhan sehingga tumbuhan kari hendak kilat mati serta kering.

tetapi apabila tanah lumayan produktif serta sedikit gembur hingga tumbuhan hendak terpelihara dengan baik serta berkembang dengan kilat dan beraun lebat.

Tetapi terdapat metode buat menanggulangi tanah yang kering serta tandus, kamu dapat menyirambya terlebih dulu memakai air cucian beras yang sudah didiamkan sepanjang kurang lebih 2 sampai 3 hari.

Sehabis itu gabungkan pupuk kandang serta baliklah tanak memakai cangkul, metode ini efisien buat menyuburkan tanah dan menutrisi tanah sehingga tanah hendak lebih produktif. Metode menanam daun kari, ialah:

Sehabis proses pemilihan ladang tanam berakhir, hingga tumbuhan siap buat ditanam di lahan tersebut.

Triknya, cangkul tanah lahan terlebih dulu supaya gembur serta gampang menanamnya, kemudian galilah lubang sebesar pangkal yang menyebar pada tumbuhan kari yang mulai berkembang serta sedalam 20 sampai 30cm.

Sehabis itu kubur pangkal tumbuhan kari dengan pupuk kandang sebanyak separuh besar lubang kemudian kubur lagi dengan tanah humus yang dicampur pupuk kandang dengan perbandingan 1: 2 serta yang terakhir kubur lagi dengan tanah humus.

Kemudian padatkan tanah supaya tumbuhan berdiri dengan kuat serta tidak gampang tumbang.

Perawatan Tumbuhan Daun Kari

Buat tipe tumbuhan kari sendiri mempunyai metode perawatan yang sangat gampang, apalagi kamu tidak butuh menghasilkan duit banyak buat menjaga tumbuhan ini semacam jenis- tipe tumbuhan yang lain.

Cuma dengan menyiram. Memupuk, dan mensterilkan hama yang bisa mengusik proses perkembangan dari tumbuhan kari. Serta buat lebih jelasnya lagi, berikut penjelasannya.

  • Pemupukan

Pemupukan ini ialah perihal berarti yang wajib dicoba demi melindungi kesuburan pada tumbuhan.

Baca Juga:  Daun Tespong

Sama semacam tumbuhan tipe pohon- pohonan, pemupukan pada tumbuhan kari wajib dicoba secara teratur ialah 2 kali dalam seminggu.

kala tumbuhan kari baru dipindahkan ke ladang tanam sampai menggapai besar kurang lebih 1 sampai 2 m.

Serta sehabis menggapai besar kurang lebih 1 sampai 2 m, pemupukan bisa dikuramgi jadi sekali seminggu secara teratur.

Buat tipe pupuk yang baik digunakan, sesungguhnya pupuk organik semacam pupuk kandang maupun kompos serta pupuk tipe kimiawi pula sangatlah bagus.

Tetapi hendak lebih baik bila kamu memakai pupuk tipe organik semacam pupuk kandang maupun kompos. Tidak hanya biayanya lebih murah.

Dengan memakai pupuk organik yang ramah area, pupuk organik pula tidak membagikan akibat negatif semacam pupuk tipe kimia.

Dengan memakai jeenis pupuk organic pula hingga isi zat yang terdapat dalam daun kari tidak hendak berganti malah hendak jadi terus menjadi baik.

  • Penyiraman

Perihal terutama tidak hanya pemupukan ialah penyiraman. Penyiraman sendiri wajib dicoba secara teratur serta tertib tiap harinya. ialah dengan metode menanam daun kari bagaikan berikut:

Kala tumbuhan masih mempunyai besar dibawah 1 m, kamu bisa menyiramnya dengan memakai air cucian beras yang baru maupun yang telah didiamkan sepanjang 2 sampai 3 hari.

Air cucian beras memiliki bermacam berbagai zat semacam vit b, mineral serta sedikit karbohidrat yang sangat baik untuk perkembangan dan kesuburan tumbuhan yang baru berkembang.

Ini hendak memesatkan proses perkembangan serta melindungi supaya tumbuhan kari senantiasa produktif sehingga berdaun rimbun serta rindang nantinya.

Tetapi bila tumbuhan kari telah menggapai besar diatas 1 m, kamu dapat menyiramnya cuma mengggunakan air biasa secara teratur serta tertib ialah satu hari 2 kali kala masa panas datang.

Serta kala masa hujan kamu cuma butuh menyiramnya satu hari sekali saja ataupun apalagi bila curah hujan kelewatan, kamu tidak butuh menyiramnya. Gampang sekali bukan.

Sepanjang perkembangan serta pada umur produktif ialah mulai dari umur 4 tahun, tumbuhan kari hendak berbunga pada masa semi serta dini masa panas.

Cara Menanam Daun Kari Dan Perawatannya Yang Tepat

  • Penyiangan

Semacam halnya bila kamu menanam tumbuhan tipe yang lain, penyiangan sangat butuh dicoba.

Proses penyiangan sendiri ialah membersikan zona dekat lahan tanam tumbuhan kari terhadap gulma semacam rumput maupun tumbuhan- tanaman liar yang lain.

Perihal ini bertujuan supaya proses pemupukan dan penyiraman yang dicoba bisa diserap oleh hendak tumbuhan kari secara efisien.

Dengan terdapatnya gulma yang berkembang di dekat tumbuhan kari, hingga proses penyerapan pangkal hendak tersendat sebab berebut dengan proses penyerapan pangkal gulma maupun tanaman liar yang lain.

Serta kesimpulannya kesuburan dan perkembangan tumbuhan juga hendak tersendat apalagi terhambat serta kesimpulannya mati.

  • Pemotongan Dahan ataupun Ranting

Dalam menjaga tumbuhan kari, terdapat satu perihal lagi yang wajib kalian jalani ialah pemotongan dahan ataupun ranting yang dirasa sangat mengusik.

Pemotongan dicoba secara teratur minimun setahun sekali, tidak hanya buat merapihkan wujud tumbuhan, ini dicoba buat senantiasa melindungi kemaksimalan dari proses fotosintesis sehingga kesuburan tumbuhan hendak senantiasa terpelihara.

Metode memotongnya dapat memakai gunting halaman ataupun apabila butuh memakai gergaji bila dirasa batang maupun ranting tumbuhan kari sangat besar serta susah dipotong dengan gunting halaman.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Daun Kari , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih