√ Ilmu Cara Menanam dan Merawat Bunga Geranium (Panduan Lengkap)

2 min read

√ Ilmu Cara Menanam dan Merawat Bunga Geranium (Panduan Lengkap)

Ilmu Cara Menanam dan Merawat Bunga Geranium (Panduan Lengkap) – Untuk kesempatan kali ini berkebun.co.id akan membahas mengenai cara menanam dan merawat bunga geranium yang akan kita bahas secara lengkap dan terperinci melalui artikel berikut ini :

Ilmu Cara Menanam dan Merawat Bunga Geranium (Panduan Lengkap)

Sobat berkebun, Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan tanaman hias yang satu ini, pasalnya bunga jenis ini banyak ditampilkan di berabagai macam iklan komersial, yang ditayangkan di televisi suwasta. Tanaman hias jenis ini banyak dijadikan bahan utama produk lotion untuk mengusir nyamuk ataupun sebagai obat.

Tanaman bunga jenis geranium ini dapat tumbuh kurang lebih 6 inci – 4 meter tergantung dari jenis varietasnya. Tanaman bunga geranium ini dapat di perbanyak dengan cara stek dan biji. Bunga geranium ini biasanya digunakan untuk membuat minyak baik itu parfum, sabun atau juga salep.

Selain dimanfaatkan untuk menjadi parfum, sabun atau salep tanaman ini juga dapat digunakan sebagai penghias ruangan dan yang sering Kita gunakan yaitu sebagai pengusir nyamuk. Karena nyamuk atau serangga lain tidak menyukai aroma dari bunga geranium ini.

Di Indonesia, bunga jenis geranium ini banyak ditemui di sekitar wilayah Sukabumi dan Bandung. Jenis bunga geranium ini merupakan tanaman yang sangat cocok untuk ditanam di dalam pot. Jika Anda berminat untuk menanam bunga jenis ini, berikut ini adalah langkah untuk mengetahui cara menanam dan merawat bunga geranium yang indah.

Baca Juga:  Cara Menanam Serai : Menanam, Perawatan Dan Panen

1. Mempersiapkan Media Tanam yang Baik

Bunga geranium ini akan tumbuh dengan baik ditanah yang gembur, untuk mendapatkan tanah yang gembur Anda bisa menggunakan tiller atau alat garu untuk menggemburkan tanah yang akan di olah, dengan kedalaman 12-15 inci. Setelah itu anda beri campurkan pupuk kompos 2-4 inci dalam tanah untuk memberi supplay nutrisi pada media tanam.

Bunga geranium ini merupakan tanaman yang sangat handal dengan perawatan yang rendah untuk dapat tumbuh di dalam pot meskipun ditanam melalui biji atau stek. Cukup pastikan bahwa tanah yang Anda gunakan untuk menanam bunga geranium ini tidak terlalu lembab atau terlalu banyak air, dan lakukan pemupukan secara berkala, Anda sudah dapat menikmati keindahan bunga geranium saat mekar.

2. Peilih Tempat yang Baik

Meskipun bunga geranium ini relatif mudah untuk ditanam dan dirawat, namun Anda harus mempertimbangkan terlebih dahulu tempat yang akan anda gunakan untuk menanam bunga geranium ini. Biasanya bunga geranium akan tumbuh dengan maksimal jika ditempatkan pada tempat yang terkena paparan sinar matahari langsung selama kurang lebih lima sampai enam jam setiap harinya. Selain itu juga, tanah dengan drainase yang baik juga akan membuat bunga geranium tumbuh dengan baik. Pastikan agar akar tanaman tidak terlalu basah, sebab hal ini akan menimbulkan penyakit.

3. Perawatan Bunga Geranium

Penyiraman, Tanaman hias geranium memang bukanlah tanaman yang harus diberikan penyiraman secara rutin, akan tetapi anda harus tetap memperhatikan pemberian air pada tanaman granium, agar tidak kering dan mengakibatkannya menjadi layu. Untuk mengetahui apakah media tanam tanaman granium anda masih baik atau tidak, Cobalah lakukan langkah berikut ini. Masukan satu jari anda ke dalam tanah yang menjadi media tanam bunga geranium. Kemudian rasakan apakah tanah tersebut terasa lembab atau tidak. Jika tidak, itu tandanya anda harus memberikan penyiraman air.

Baca Juga:  √ Ilmu Cara Menanam Timun yang Baik dan Benar (Panduan Lengkap)

Pemupukan, Untuk mebuat tanaman hias bunga geranium tetap subur, maka anda harus memberikan pupuk kompos secara teratur sebab pupuk kompos mengandung unsur hara yang baik bagi pertumbuhan tanaman. Unsur hara yang dibutuhkan bunga geranium pun dapat terpenuhi dengan maksimal jika kompos diberikan secara teratur.

Membuang bagian tanaman yang layu, Menghilangkan bagian tanaman geranium yang layu atau yang sudah mati, dapat membuat bunga geranium tumbuh lebih sehat. Bagian tanaman yang layu ataupun sudah mati dapat menjadi sumber penyakit bagi bunga geranium, seperti contohnya tempat tumbuhnya jamur.

Demikian ulasan mengenai Ilmu Cara Menanam dan Merawat Bunga Geranium (Panduan Lengkap) yang dapat dijelaskan dengan terperinci dan lengkap oleh berkebun.co.id, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang membaca, selamat mencoba semoga sukses dan trimakasih.

Budidaya Kacang Tunggak

admin
3 min read

Makanan Yang Mengandung Fosfor

admin
2 min read

Budidaya Talas Jepang

admin
2 min read