Cara Menanam Coklat

4 min read

Cara Menanam Coklat

Cara Menanam Coklat – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Coklat. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Menanam Coklat


Coklat ialah tipe makanan olahan yang sangat digemari banyak orang sebab rasanya yang sangat lezat.

Bermacam berbagai makanan olahan juga banyak memakai coklat bagaikan bahan campurannya.

Mulai dari anak-anak apalagi lanjut usia sangat menggemari coklat, serta nyaris seluruh makanan yang mereka konsumsi mayoritas mempunyai isi coklat.

Buat mengenali lebih lanjut, berikut sedikit data menimpa coklat. Coklat ialah makanan yang berasal dari biji buah kakao yang diproses sedemikian rupa sampai jadi bahan olahan yang lezat.

Tumbuhan kakao sendiri mempunyai nama latin Theobroma cacao L, ialah salah satu tipe tumbuhan perkebunan yang berasal dari Amerika selatan yang setelah itu tersebar di beberapa Negara tropis salah satunya di Indonesia.

Sebab termasuk tanaman perkebunan, maka kakao mempunyai waktu panen yang musiman semacam tanaman perkebunan yang lain, kako bisa dipanen dalam waktu tahunan.

Tidak hanya sangat banyak peminatnya, biji kakao yang dijadikan bahan olahan coklat sendiri mempunyai banyak sekali isi gizi yang baik buat badan.


Isi Gizi Biji Kakao (Coklat)

  • Kalori
  • Lemak
  • Natrium
  • Kalium
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Protein
  • Vit A, D, B12
  • Glukosa

Banyaknya isi gizi pada coklat membuat terus menjadi banyak orang yang mengkonsumsinya.

Tidak hanya berguna bagaikan peningkat nutrisi maupun kesehatan badan semacam melindungi isi gula darah, membantu proses diet.

Tingkatkan daya kerja otak, coklat pula banyak sekali dimanfaatkan sebagai bahan kombinasi perawatan badan.

Semacam yang kita tahu banyak sekali industry basar sampai rumahan yang membuat bermacam produk kecantikan berbahan dasar coklat.

Semacam lulur coklat, hand and body lotion coklat, masker coklat serta masih banyak lagi.

Ini sebab dengan isi yang ada pada coklat, sanggup memperindah kulit, membuat kulit jadi kencang, awet muda apalagi bebas dari bermacam penyakit kulit.

Tetapi sebab harga coklat yang mahal, sebagian orang memilah buat mencegah jumlah konsumsinya terhadap coklat.

Tetapi kamu tidak perlu takut sebab kamu bisa menanam tanaman coklat sendiri sehingga kamu bisa membuat coklat buatan kamu sendiri.


Metode Menanam Tumbuhan Cokelat Yang Baik serta Benar

Mempersiapkan Lahan

Habitat tumbuhan cokelat merupakan hutan dengan iklim tropis dengan banyak naungan. Cokelat hendak berkembang dengan baik pada tanah yang memiliki humus dengan pH antara 6,1-7.

Ketinggian lahan yang baik ialah 1-600 mdpl, akan namun ketinggian lahan yang dipadati cokelat maksimumnya dapat mencapai 1.200 mdpl.

Di Indonesia, tumbuhan cokelat hendak berkembang produktif di wilayah yang bercurah hujan lebih dari 3.000 milimeter ataupun 1.700 milimeter.

Baca Juga:  Cara Menanam Bibit Bidara

Pastikan lahan tersebut bebas dari ilalang yang merupakan gulma utama di areal pertanian. Persiapkan pula tumbuhan pelindung di areal dekat penanaman tumbuhan cokelat.

Memilih bibit kakao yang bagus

Karakteristik bibit kakao yang bagus ialah, benihnya sehat tidak dimakan tungau, bebas dari penyakit, memiliki daun, serta pangkal batang yang tidak cacat.

Bibit kakao dapat didapatkan dengan menggunakan biji kakao yang ada kemudian disemai di ladang yang hendak ditanam.

Metode berikutnya dapat memakai metode vegetatif dengan tata cara stek ataupun okulasi buat memperoleh bibit yang di idamkan. Bibit kakao yang baik buat ditanam yang berumur 4-5 bulan

Jarak tanam yang baik

Sehabis menanam tumbuhan pelindung sampai berumur 12-18 bulan. Perihal berikutnya yang wajib dicoba merupakan pembuatan lubang tanam.

Pembuatan lubang ini diawali dengan pengaturan jarak tanam dengan menyimpan ranting kayu ditempat yang hendak jadi lubang tanam.

Pengaturan jarak tanam disesuaikan dengan sifat perkembangan tumbuhan, sumber bahan tanam, serta kesuburan tanah.

Perihal yang lain yang perlu dicermati merupakan luas tumbuhan cokelat yang umumnya terbentuk. Berikut ini ada tabel jarak tanam serta jumlah tumbuhan kakao per hektar.

Jarak tanam (m×m)Jumlah tumbuhan per hektar
2,4 × 2,41680
3 × 31100
4 × 4625
5 × 5400
3,96 × 1,831380
2,5 × 31333
4 × 21250
3 × 21250

Penanaman Benih Coklat

Sehabis lahan penanaman siap serta benih sudah mencapai umur 4 sampai 6 bulan, metode menanam serta menjaga tumbuhan kakao selanjutnya ialah waktu menanam bisa dilakukan.

Terdapat 2 metode menanam kakao, ialah metode menanam di darat serta metode menanam dalam pot.

Media tanamnya sendiri sama, ialah tanah produktif serta dicampur dengan pupuk ataupun sekam. Berikut metode menanam cokelat:

  • Sebelumnya pertimbangkan bibit siap tanam yang bermutu baik serta sesuai buat ditanam dengan daun tumbuhan bercorak hijau serta hijau muda pada daun muda serta keadaan batang yang kuat.
  • Buat menanam dalam pot, sajikan pot berdimensi besar serta tempatkan kombinasi dengan pupuk serta sekam ke dalamnya hingga menggapai setengahnya.
  • Sehabis itu, buat lubang seukuran polybag di bibit coklat serta masukkan benih bersama dengan polybag.
  • Lambat-laun duduk polybag hingga betul-betul robek serta dikupas dengan tanah bibit perlahan serta setelah itu buang polybag serta tambahkan dengan tanah hingga agak penuh serta kompak. Setelah itu siram hingga tanahnya lembab.
  • Buat menanam di zona penanaman semacam pekarangan ataupun pekarangan, Kamu cuma butuh membuat lubang di lahan penanaman.
  • Sama semacam menanam dalam pot, sehabis lubang dibuat, Kamu cuma perlu meletakkan bijinya dengan metode yang sama.
  • Merobek polybag di lubang tanam serta menanamnya bersama dengan media pembibitan bertujuan buat membuat tumbuhan kakao sanggup menyesuaikan diri dengan baik serta tidak stress. Ini sebab tidak semacam tumbuhan lain, tumbuhan kakao gampang tekanan stress.
  • Bila tata cara penanaman salah walaupun pembibitan dicoba dengan benar serta sukses. Ini tidak bisa menjamin kesuburan serta daya tahan tumbuhan cokelat, jadi pastikan Kamu melaksanakan langkah ini dengan benar.
Baca Juga:  Panduan Cara Menanam Daun Beluntas

Cara Menanam Coklat


Pemeliharaan Tumbuhan Kakao ataupun Coklat

Penyiangan Tanaman

Lakukan penyiangan terhadap gulma ataupun tumbuhan pengganggu yang lain yang berkembang disekitar tumbuhan kakao supaya faktor hara yang diperlukan buat perkembangan tumbuhan tidak berebut dengan gulma tersebut.

Penyiangan tersebut bisa dicoba dengan melaksanakan pencabutan secara langsung ataupun memakai cangkul ataupun kored, dapat pula dengan metode melaksanakan penyemprotan secara herbisida.

Penyulaman

Jalani penyulaman terhadap tumbuhan yang mati ataupun berkembang tidak maksimal dengan tumbuhan yang baru. Penyulaman ini bisa dicoba saat sebelum tumbuhan berusia 2 minggu sehabis tanam.

Pemupukan

Pemupukan dicoba sehabis tumbuhan berusia 2 bulan sehabis tanam. Pemupukan ini biasa dicoba sehabis penyiangan.

Pupuk yang diberikan ialah pupuk Urea, SP-36 serta KCl dengan dosis yang diberikan bersumber pada usia tumbuhan ialah bagaikan berikut:

  • Dikala berusia 1 tahun dapat diberi 15 gr Urea, 15 gr SP-36 serta 10 gr KCl per tumbuhan.
  • Dikala berusia 2 tahun bisa diberi 22 gr Urea, 20 gr SP-36 serta 25 gr KCl per tumbuhan.
  • Dikala berusia 3 tahun hendak diberi 44 gr Urea, 41 gr SP-36 serta 50 gr KCl per tumbuhan.
  • Dikala berusia 4 tahun dapat diberi 89 gr Urea, 83 gr SP-36 serta 100 gr KCl per tumbuhan.
  • Dikala berusia 5 tahun bisa diberi 150 gr Urea, 100 gr SP-36 serta 200 gr KCl per tumbuhan.
Pemangkasan

Pemangkasan dimulai dengan memangkas tumbuhan pelindung secara berkala sampai tumbuhan kakao bisa berkembang wajar tanpa tumbuhan pelindung.

Jalani pemangkasan cabang ataupun ranting pada tumbuhan kakao yang berkembang sangat lebat.

Pemangkasan ini bertujuan supaya tajuk berkembang balance serta kuat dan kurangi kelembapan sehingga tumbuhan bebas dari hama serta penyakit.


Panen Buah Kakao

Buah kakao yang telah siap panen ialah buah yang telah matang, ialah hampir usia 5,5–6 bulan terhitung semenjak buah kakao tersebut berbunga.

Karakteristik buah yang telah matang merupakan buah yang kulitnya telah bercorak kuning ataupun merah.

Pemetikan bisa dicoba terhadap buah yang telah masak namun jangan sangat masak. Potong tangkai buah dengan menyisakan 1/3 bagian tangkai buah.

Pemetikan hingga pangkal buah ini hendak dapat mengganggu bantalan bunga sehingga pembuatan bunga tersendat serta bila perihal ini wajib dicoba terus menerus, maka produksi buah hendak jadi menyusut.

Pemetikan bisa pula dicoba pada pagi hari serta pemecahan siang hari. Pemecahan buah dengan memukulkan pada batu sampai rusak.

Setelah itu biji dikeluarkan serta dimasukkan dalam karung buat berikutnya dibersihkan dari pulp (daging buah). Berikutnya biji dikeringkan saat sebelum dijual kepengepul.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Coklat, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.