Cara Menanam Cherry

2 min read

Cara Menanam Cherry

Cara Menanam Cherry – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Cherry. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Menanam Cherry


Ceri ataupun Cherry ialah tumbuhan buah dari marga Prunus. Daripada itu bunga serta buah ceri pula dijadikan hiasan hidangan santapan ataupun minuman.

Buah ceri mempunyai isi antosianin, ialah melamin corak merah yang baik buat kesehatan karena ialah antioksidan.

Masa tanam Ceri sangat pendek serta bisa berkembang didaerah beriklim sedang. Masa puncak buat panen ceri ialah di masa panas.

Ada banyak tipe buah ceri, namun tipe ceri yang kerap kita konsumsi ialah Prunus avium serta Prunus cerasus.

Manfaat Buah Cherry

  • Melindungi badan dari radikal bebas serta penyakit serius.
  • Memiliki isi vit C serta kalium.
  • Mempunyai isi serat buat melindungi berat tubuh.
  • Kurangi resiko diabet.
  • Menghindari efek kanker.
  • Kaya antioksidan serta nutrisi.
  • Bisa mengeluarkan toksin.
  • Menanggulangi asam urat.
  • Penghilang rasa sakit.
  • Membuat tidur nyenyak.
  • Menjaga kulit.

Metode Menanam Tumbuhan Buah Ceri Yang Baik

Mempersiapkan Bibit Buah Cherry

Buat mempersiapkan bibit buah cherry dari biji mampu dicoba dengan mengambil biji dari buah cherry yang betul-betul tua, apalagi ambil dari buah yang sangat matang di tumbuhan ataupun yang jatuh.

Bilas daging buahnya, serta pisahkan bijinya. Jemur biji diterik matahari sepanjang 1 hari buat kurangi kelembaban bijinya. angkat serta letakkan di tempat teduh.

Saat sebelum melakukan penyemaian, buah cherry wajib didinginkan di lemari pendingin. Letakkan buah cherry di lipatan kertas tissue mudah-mudahan tertutup.

Baca Juga:  Cara Menanam Daun Kari Dan Perawatannya Yang Tepat

Kemudian masukkan di lemari pendingin (jangan di frezzer). Perkenankan sampai 1 minggu, metode ini buat memesatkan biji cherry bertunas.

Siapkan media semai dengan mengenakan pot ataupun polybag yang diisi adonan tanah, sekam padi yang terbakar, serta pupuk kandang.

Sehabis biji dikeluarkan dari lemari pendingin, perkenankan sepanjang 1 jam saat sebelum ditanam. Sehabis itu semai biji tersebut ke media semai yang disiapkan.

Letakkan semaian cherry di zona yang teduh. Jalani penyiraman buat senantiasa melindungi kelembaban media semai, lumayan mengenakan sistem penyiraman spray saja.

Bila kamu tidak mau menunggu lama, maka kamu dapat menemukan bibit buah cherry di kios-kios yang menjual bibit tumbuhan.

Umumnya bibit tanaman ini hasil cangkok ataupun okulasi. Buat membenarkan perihal tersebut, cek batang bibit yang hendak kamu beli, jikalau hasil okulasi maka terdapat sisa sayatan di pohonnya.

Tetapi perihal yang sangat penting ialah memastikan bibit tanaman yang memiliki wujud yang menawan serta kesuburan bibit yang nampak dari daun serta batangnya.

Mempersiapkan Lahan Tanam

Buat menanam buah ceri (cherry) mampu dicoba di tanah secara individu serta pula bila ditanam di dalam pot.

Buat menciptakan tumbuhan cherry yang dapat berbuah banyak, maka tanamlah bibit cherry individu ke tanah.

Perihal ini diakibatkan nutrisi yang didapat jikalau ditanam di tanah secara individu hendak lebih banyak dibandingkan di dalam pot.

Buatlah lubang tanam dengan mengenakan cangkul dengan dimensi 50cm x 50cm dengan kedalaman dekat 50cm.

Isi lubang dengan mengenakan pupuk sangkar sampai 2/3 penggalan terisi. Perkenankan lubang tanam sepanjang 3 minggu saat sebelum ditanami.

Bila kamu mau membudidayakan tumbuhan buah cherry di dalam pot, maka dimensi pot wajib besar ataupun dapat menggunakan potongan drum sisa.

Isi pot dengan adonan tanah serta pupuk kandang. Serta perkenankan terlebih dulu saat sebelum ditanami mudah-mudahan pupuk betul-betul menyatu dengan tanah.

Baca Juga:  Cara Menanam Pohon Kersen

Cara Menanam Cherry


Menanam Bibit Cherry

Sehabis bibit hasil semaian ataupun hasil cangkokan sudah siap ditanam, maka jalani penanaman pada media tanam yang sudah disiapkan.

Buka ataupun lepaskan bibit dari wadah semaian, jalani secara perlahan mudah-mudahan tanah semaian tidak rusak.

Masukkan ke lubang tanam serta jalani penutupan. Jalani penyiraman sehabis bibit buah cherry simpulan ditanam.

Melaksanakan Perawatan Tanaman

Perawatan yang dicoba pada tanaman buah cherry terbilang lumayan gampang, lumayan dengan mensterilkan tanaman ataupun rumput yang terdapat disekitar tumbuhan.

Jalani pemupukan secara terencana dengan mengenakan pupuk kandang. Ataupun jikalau kamu lebih kreatif, pupuk sangkar mampu dirubah ke pupuk cair dengan merendam pupuk sangkar ke air sepanjang sebagian hari, Setelah itu air rendaman mampu disiramkan ke penggalan pangkal tumbuhan.

Pemangkasan pula diharapkan buat memesatkan tumbuhan cherry berbunga serta berbuah.

Tetapi perlu mencermati teliti berkembang tanaman mudah-mudahan tidak membatasi perkembangan tumbuhan cherry.

Masa Panen Buah cherry

Tumbuhan cherry terbilang tumbuhan yang unik, tanaman ini tidak menentu dalam berbuah. Tumbuhan ini tidak dapat ditentukan mampu berbuah tiap setahun sekali.

Tumbuhan cherry mampu menciptakan buah pada usia tanaman hampir 3-4 tahun, tetapi terdapat pula yang mampu berbuah pada usia 1,5 tahun jikalau perwatannya baik serta ditanam dari bibit hasil cangkok ataupun okulasi.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Cherry, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.