Langkah Mudah Cara Menanam Cengkeh

2 min read

Langkah Mudah Cara Menanam Cengkeh

Langkah Mudah Cara Menanam Cengkeh – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Cengkeh. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Langkah Mudah Cara Menanam Cengkeh


Cengkeh atau Cengkih ialah tangkai bunga kering yang memiliki aroma dari famili Myrtaceae. Cengkih yakni tanaman asli Indonesia yang banyak digunakan bagaikan bumbu masakan.

Cengkeh jadi salah satu komoditi pertanian yang berarti dalam perdagangan, jadi banyak orang yang membudidayakan cengkeh karena rempah ini tidak cuma buat memenuhi permintaan lokal, rempah ini pula buat memenuhi permintaan luar negeri.

Klasifikasi ilmiah Cengkeh merupakan sebagai berikut:

  • Kerajaan: Plantae
  • Divisi: Angiospermae
  • Klas: Eudikotils
  • Ordo: Myrtales
  • Famili: Myrtaceae
  • Genus: Syzygium
  • Spesies: S. aromaticum

Syarat Tumbuh Cengkeh

Cengkeh dapat tumbuh dengan baik pada daerah beriklim panas dengan curah hujan merata.

Temperatur hawa yang baik buat budidaya cegkeh ialah dekat 22°C hungga 30°C dengan curah hujan dekat 1500 milimeter– 4500 mm/ tahun.

Tanah yang baik buat menanam cengkih ialah tanah yang gembur, tidak berpadas, berlapis tanah liat dan tanah berpasir.


Langkah Cara Tanam Cengkeh yang Baik

  • Pemilihan Benih

Gunakanlah benih bermutu besar biar hasil panen jadi lebih optimal dan maksimal. Pastikan buat mendapatkan benih unggulan yang sudah terbukti kualitasnya.

Kalian dapat mencarinya di toko pertanian yang sudah terpercaya maupun membelinya langsung di sentra budidaya tanaman cengkeh.

  • Penyiapan Lahan

Langkah selanjutnya ialah mempersiapkan lahan tanam buat menana bibit cengkeh bermutu tersebut. Bilas lahan dari gulma dan pula rumput liar yang ada di dekat lahan tanam.

Baca Juga:  √ Cara Merawat Tanaman Manggis yang Benar (Panduan Lengkap)

Bajak tanah maupun bisa dengan mencangkulnya biar tanah jadi gembur dan diamkan sejauh 1 minggu biar racun yang terdapat didalam tanah menguap.

Tanah yang sangat asam tidak baik buat pertumbuhan cengkeh sampai Kalian dapat tingkatkan kapur dolomite kala mencangkulnya.

Buatlah lubang tanam dengan ukuran 75 x 75 cm dan panjang sesuai dengan lahan yang Kalian gunakan. Sehabis itu masukkan pupuk kandang kedalam lubang tanam buat memperkaya aspek hara pada tanah.

Seletah itu diamkan lubang tanam dengan paparan sinar matahari yang cukup sejauh 3 maupun 4 minggu buat menyatukan pupuk dan tanah.

Tidak cuma itu, proses ini berguna buat melenyapkan gas beracun yang tercantum di dalam tanah.

  • Penanaman

Tanamlah bibit kedalam lubang tanah yang sudah disiapkan. Proses penanaman cengkeh ini hendak lebih baik apabila dicoba pada dini masa penghujan biar bibit cengkeh mendapatkan kebutuhan air yang cukup.

  • Pemeliharaan

Lakukan penyiangan lahan dari berbagai bermacam gulma ataupun rumput liar yang dapat mengusik pertumbuhan tanaman cengkeh.

Tidak cuma itu, penyulaman pula sangat dibutuhkan buat mengganti tanaman cengkeh yang mati dengan bibit cengkeh yang baru biar tanaman dapat tumbuh secara seragam.

Jangan lupa buat melakukan penyiraman, sangat utama kala masa kemarau. Lakukan masing- masing pagi dan sore hari secara tertib dan tertib sampai berusia 2 tahun.

Sehabis berusia 2 tahun penyiraman bisa dikurangi intensitasnya.

Pemupukan susulan pula amat diperlukan, lakukanlah masing- masing 6 bulan biar aspek hara tercukupi dengan tata cara memberikan pupuk kandang ke dalam lubang tanaman dan tutup kembali dengan sedikit tanah.

Langkah Mudah Cara Menanam Cengkeh

  • Pemanenan

Masa panen inilah yang sangat ditunggu- tunggu. Kalian dapat memanennya kala usia cengkeh sudah mencapai 5 hingga 7 tahun sehabis cengkeh menghasilkan bunga yang dapat dipanen.

Baca Juga:  Cara Menanam Jambu Madu Deli Hijau (Panduan Lengkap)

Terdapat pula bukti diri cengkeh yang bisa buat dipanen ialah bercorak kecokelatan, berisi, dan panenlah cengkeh dikala saat sebelum bunga cengkeh mekar.

Kala sudah dipanen, jemurlah cengkeh dibawah paparan sinar matahari secara langsung hingga mengering setelah itu sehabis itu bisa Kalian simpan di tempat yang kering.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Cengkeh, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih