Cara Menanam Cabe Dengan Polybag 100% Berhasil (Lengkap)

2 min read

5 Cara Menanam Cabe Dengan Polybag 100% Berhasil

Cara Menanam Cabe Dengan Polybag 100% Berhasil (Lengkap) – Hai sobat berkebun.co.id kali ini kita akan bahas mengenai cara menanam cabai dengan polybag. Cabai adalah salah satu bahan bumbu makanan atau racikan bumbu yang sangat diminati oleh seluruh masyarakat di indonesia bahkan dimancanegarapun cabai adalah salah satu bumbu makanan yang sangat populer, cabai juga biasanya digunakan untuk mencampur sayuran, gorengan, dan bahan  untuk membuat sambal, hal seperti ini tidak bisa lepas dari fakta bahwa masyarakat indonesia adalah pecinta rasa pedas.

Cara Menanam Cabe Dengan Polybag 100% Berhasil (Lengkap)

Berikut ini adalah cara menanam cabai dengan menggunakan polybag:

Mengenal lebih dalam tentang buah cabai

Cabai adalah salah satu buah penyedap rasa meski buah cabai rasanya pedas, cabai adalah sejenis sayuran buah semusim yang termasuk dalam anggota genus Capsicum yang selalu diperlukan oleh masyarakat sebagai penyedap rasa masakan setiap harinya.

Cabai merupakan komoditas bumbu sayuran yang sangat digemari oleh masyarakat diseluruh dunia. Ciri khas dari jenis sayuran ini adalah rasanya yang pedas dan aromanya yang khas, sehingga bagi orang-orang yang suka dengan rasa pedas dapat membangkitkan selera makan. Cabai ini merupakan sayuran yang dikonsumsi setiap saat, sehingga cabai akan terus dibutuhkan oleh masyarakat dengan jumlah yang semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk di indonesia dan perekonomian nasional.

Baca Juga:  √ Manfaat Jamur Sawit dan Cara Budidayanya (Bahas Lengkap)

Cabai merupakan komoditi sayuran mempunyai nilai ekonomi yang sangat tinggi dibanding sayuran lainya. Cabai mempunyai banyak kegunaan dalam kehidupan manusia. Pada umumnya cabai dikonsumsi atau diperlukan oleh seluruh lapisan masyarakat untuk bahan penyedap berbagai macam bahan masakan, cabai juga banyak digunakan sebagai bahan baku industri makanan,sebagai penghasil minyak atsiri dan bahan ramuan obat tradisional, cabai juga dapat dimanfaatkan selain untuk bahan baku obat-obatan tapi juga sebagai bahan baku kosmetik.

Selanjutnya kita masuk ke dalam proses menanam cabai dengan polybag

Berikut ini adalah langkah-langkah cara menanam cabai di polybag:

1. Mempersiapkan Tempat

Tempat adalah salah satu bidang yang harus kita siapkan, karna tempat yang strategis sangat dibutuhkan oleh setiap tumbuhan, diusahakan tempet jauh dari pepohonan yang rimbun karna tanaman cabai ini butuh sinar  matahari dan air yang cukup, oleh karna itu tempat yang lapang sangat dibutuhkan.

2. Mempersiapkan Tanah untuk Penyemaian Benih Cabe

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan adonan tanah yang telah dihancurkan dan di campur dengan pupuk kandang, dengan perbandingan 3:1, tanah yang halus dan subur sangat membantu untuk proses pertumbuhan benih cabai, setelah tanah sudah tercampur rata dengan pupuk kandang, maka ratakan tanah tersebut dan diberi pembatas, sekitar 3×2 meter persegi, dan diberi atap ilalang agar tidak terkena sinar matahari langsung, setelah itu sebarkan benih yang unggul dipermukaan tanah yang sudah tercampur dengan pupuk.

3. Mempersiapkan Tanah dalam  Plastik/Polybag

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan tanah yang sudah hancur, proses pencampuran tanah dengan pupuk  kandang ini sama dengan proses persiapan untuk penyemaian benih, tetapi tanah ini akan dimasukkan kedalam plastik  polybak, setelah tanah selesai dimasukkan kedalam palstik/polybag maka dilakukan penyusunan di tempat yang sudah di siapkan sebelumnya, dan diusahan diberi pagar agar terhindar dari hewan pengganggu.

Baca Juga:  Cara Menanam Melon Dengan 12 Langkah 100% Berhasil

4. Menanam Bibit Cabe dalam Polybag dan Perawatannya

Setelah berumur sekitar 4-5 minggu, pindahkan benih cabe pada polybag yang telah disiapkan. Jangan lupa untuk menggemburkan tanah lahan dan memberikan pupuk. Berhati-hatilah saat mengangkat bibit yang sudah tumbuh dari tempat penyemaian agar akar tidak rusak.

Setelah dilakukan penanaman bibit cabai lakukan penyiraman secara rutin pagi dan sore, agar tanaman cabai sehat dan segar,  dan juga seringlah melihat apakah ada tanaman lain yang tumbuh yang akan mengganggu pertumbuhan cabe. Jika ada tanaman  yang mengganggu cabut secara rutin agar cabe bisa tumbuh dengan baik.

Selama dalam proses pertumbuhan berilah pupuk secara rutin, dengan pupuk kompos sehingga tanaman terlihat segar dan sehat.

5. Pemanenan

5 Cara Menanam Cabe Dengan Polybag 100% Berhasil
5 Cara Menanam Cabai Dengan Polybag 100% Berhasil

Pemanenan ini adalah tahapan yang ditunggu tunggu oleh setiap petani, jika tanaman cabai sudah menghasilkan buah yang lebat maka pemanenan dilakukan dengan cara memetik buah cabai secara berkala pilihlah buah yang sudah tua atau biasanya mulai berwarna kecoklatan atau berwarna merah. jadi bagaimana, apakah anda tertarik untuk melakukan penanaman cabai di sekeliling rumah anda, demikian lah penjelasan singkat mengenai Cara Menanam Cabe Dengan Polybag 100% Berhasil (Lengkap) semoga bermanfaat  bagi pembaca trimakasih salam  sukses.

Cara Membuat Bibit Brokoli

admin
1 min read

Budidaya Kacang Tunggak

admin
3 min read

Makanan Yang Mengandung Fosfor

admin
2 min read