Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma Yang Baik Dan Benar

2 min read

Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma Yang Baik Dan Benar

Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma Yang Baik Dan Benar – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma . Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma Yang Baik Dan Benar


Bunga Wijayakusuma maupun diucap pula Bunga Wiku( Epiphyllum oxypetalum) tercantum jenis tanaman kaktus yang mempunyai kelas dicotiledoneae.

Tanaman ini berasal dari Kabupaten Cilacap( Amerika tropika( Venezuela dan Karibia)) dan dapat hidup pada daerah dengan hawa lagi sampai beriklim tropis.

Bunga Wijayakusuma maupun yang memmiliki nama latin Epiphyllum oxypetalum tercantum salah satu jenis tanaman kaktus yang dari golongan dicotiledoneae.

Tanaman ini berasal dari Amerika tropika( Venezuela dan Caribia) dan bisa bertahan hidup pada daerah dengan hawa lagi sampai beriklim tropis.

Bunga Wijayakusuma hanya mekar dalam tadi malam, kecuali pada jenis hibrida yang dapat bertahan 2- 3 hari.

Biasanya tanaman jenis kaktus sedikit sulit ditentukan morfologinya, namun berbeda halnya dengan wijayakusuma. Tanaman ini mudah sekali buat dikenalin pada usia tua.

Kenop bunga ini mulai terbuka sehabis matahari terbenam, dan mekar sempurna mulai jam 22: 00 wib.

Meski begitu, tidak segala jenis tanaman ini bisa berbunga karena Mengenai ini dipengaruhi oleh keadaan hawa, kesuburan tanah pula tata cara pemeliharaan.

Bunga Wijayakusuma hanya merekah dalam tadi malam, kecuali yang jenis hibrida bisa bertahan 2- 3 hari. Pada umumnya tanaman jenis kaktus agak sulit ditentukan morfologinya, berbeda halnya dengan wijayakusuma.

Tanaman ini mudah diidentifikasi sehabis berusia tua, kita dapat memandang mana daunnya, mana batangnya, dan bagian- bagian yang lain.

Baca Juga:  Jenis Bonsai : Media Tanam, Kriteria Bibit dan Perawatan Bonsai

Kenop bunga ini mulai terbuka sehabis matahari terbenam, dan mekar sempurna mulai jam 22: 00 wib. Bunga wijayakusuma mempunyai khasiat buat meredam rasa sakit serta menetralisir pembekuan darah.


Khasiat Serta Mitologi Bunga Wijaya Kusuma

Bunga ini pula mempunyai tenaga memesatkan penyembuhan luka abses. Caranya mudah, tinggal menumbuk satu helai daun wijayakusuma setelah itu oleskan pada luka dan sehabis itu gunakan perban buat membungkus luka yang telah diolesi tumbukan daun.

Tidak cuma itu, bunga ini pula dapat mengobati bisul, cukup melekatkan bunganya pada bisul tersebut dikala saat sebelum tidur dan melaksanakannya secara tertib.

Tidak cuma itu, Wijayakusuma bisa digunakan bagaikan obat anti radang, obat batuk, pula pendarahan( hemostatis).

Khasiat yang lain ialah mengatasi tuberkulosis paru dengan batuk asma, batuk darah dan muntah darah

Dalam mitologi Jawa, tumbuhan ini dikira tanaman sakti dan dapat menghidupkan orang mati.

Kalangan masyarakat Yogyakarta dan Surakarta, spesialnya keraton, percaya jika seorang raja yang hendak naik tahta haruslah memiliki bunga wijayakusuma bagaikan ketentuan.

Bunga ini pula dipercaya bagaikan pusaka keraton Dwarawati titisan Wisnu sang pelestari Alam, Batara Kresna.


Karakteristik Ciri Bunga Wijaya Kusuma

  • Memiliki bunga bercorak putih bersih maupun merah muda( spesies merah muda tidak kerap)
  • Memiliki daun yang sedikit lebar dan panjang menjalar
  • Berbunga hanya pada malam hari
  • Bunganya tumbuh dipinggir daun
  • Waktu mekar totalnya bunga sangat kilat dan langsung gugur

Langkah Cara Menanam Bunga Kusuma Wijaya


  • Persiapan Bibit dan Media Tanam

Bibit bunga wijaya kusuma dapat diperoleh melalui stek batang. Potong batang tanaman yang sehat dengan panjang 12 centimeter– 18 cm. Sehabis itu batang didiamkan sepanjang 2 hingga 3 hari

Siapkan media tanam berupa campuran pasir, pupuk kandang, cacahan pakis halus, dan tanah humus bersama perbandingan 2: 3: 1: 4 maupun 1: 3: 2: 4.

Aduk media tanam sampai tercampur rata. Setalah itu masukkan ke dalam pot bersama diberi alas bersifat pecahan genteng bagaikan penahan.

  • Pemberian Hormon Wijaya Kusuma

Pemberian hormon dicoba guna merangsang pertumbuhan pangkal, dengan tata cara memberikannya pada permukaan daun yang telah dipotong.

Baca Juga:  Manfaat Ketan Putih

Tunggu sejauh 7- 10 hari, sehabis itu taruh daun pada tempat yang tidak terkena sinar matahari maupun tempat yang sedikit teduh.

Diamkan kembali, apabila hadapi daun sedikit kering dan kaku itu Mengenai ini biasa dalam proses ini. Karena Mengenai ini tidak membuat daun jadi busuk.

  • Penanaman Wijaya Kusuma

Masukkan bibit yang sudah dipilih sebelumnya ke dalam tanah. Setelah itu, tutup kembali bibit dengan mengenakan tanah. Tanam bibit tersebut dengan kedalaman sedalam 5cm.

Sehabis melakukan penanaman, jangan kurang ingat buat menyiram dengan mengenakan air biar bibit yang telah ditanam dapat melakukan pertumbuhan sesuai sebagaimana sepatutnya.

Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma Yang Baik Dan Benar

Perawatan Tanaman Wijaya Kusuma

Lakukan penyiraman seminggu sekali sebab bunga wijaya kusuma tahan dengan kekeringan dan panas.

Ganti pot masing- masing 6 bulan sekali biar pertumbuhannya optimal

Bagikan pupuk NPK daun, sehingga nutrisi tanaman dapat tercukupi dan lakukan pemupukan masing- masing 2 bulan sekali.

Stek yang baru ditanam sebaiknya ditaruh di tempat teduh dan dinaungi, namun tetap harus mendapatkan cahaya matahari dengan intensitas dekat 50% maupun lebih kecil dari itu.

Sehabis 2 bulan, pindahkan secara lama- lama tanaman baru itu ke tempat yang menciptakan cahaya matahari secara langsung dengan intensitas 50%- 75%.

Kerjakan pembersihan pot dari tanaman gulma yang bisa mengusik dan menghalangi tumbuh kembang bunga wijaya kusuma secara tertib.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.