Cara Menanam Bunga Tulip Sukses

4 min read

Cara Menanam Bunga Tulip Sukses

Cara Menanam Bunga Tulip Sukses – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Bunga Tulip. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Menanam Bunga Tulip Sukses


Tulip atau bahasa Latin: Tulipa yakni nama genus buat 100 spesies tumbuhan berbunga yang tercantum ke dalam keluarga Liliaceae.

Tulip berasal dari Asia Tengah, tumbuh liar di kawasan pegunungan Pamir dan pegunungan Hindu Kush dan stepa di Kazakhstan.

Negeri Belanda terkenal bagaikan negeri bunga tulip. Tulip yakni bunga nasional Iran serta Turki.

Bunga tulip yang mempunyai nama latin Tulipa Puchella, bunga yang terkenal dari negara Belanda berasal dari kawasan Pegunungan Hindu Kush dan Pegunngan Pamir di Negara Kazakhstan yang terletak di Asia Tengah.

Bunga ini mempunyai warna yang bermacam- berbagai, serta pasti disukai buat wanita maupun laki- laki yang sangat ingin memanjakan mata sebab keelokan bunga tulip.

Bunga tulip ialah salah satu bunga yang jenisnya banyak dan tersebar di dunia, semacam kehidupan bunga pada umunya, Tulip pula memiliki daun dan hidup di tanah serta memerlukan air buat kelangsungan hidupnya.

Asia Tengah umumnya tumbuh liar di kawasan pegunungan Pamir dan pegunungan Hindu, stepa di Kazakhstan dan Kush.

Tidak cuma jenis- jenisny yang banyak, bunga ini pula mempunyai motif yang unik jadi jangan heran apabila kalian memandang banyak sekali tulip di berbagai tempat.

Bukan hanya gradasi warnanya saja yang bisa menarik atensi, tetapi tulip pula memiliki bau yang sangat harum. ekstrak dari bunga tulip pula sering dijadikan parfum dan sudah banyak tersebar di pasaran.


Morfologi Tumbuhan Bunga Tulip

Tulip yakni tumbuhan tahunan berumbi yang tingginya antara 10–70 cm, daunnya berlilin, berbentuk kecil memanjang bercorak hijau nuansa kebiru- biruan, dan bunganya berukuran besar terdiri 6 helai daun mahkota.

Tulip hasil persilangan menghasilkan bunga bercorak tunggal, merah, oranye, kuning, hijau, biru, ungu, maupun berbagai bermacam kombinasi dan gradasi warna.

Tulip menghasilkan biji- biji berbentuk bundar pipih yang dibungkus kapsul kering.

Bunga ini pula bereproduksi dengan tata cara menekan spora yang ada di mahkota bunganya, penekanan bisa lewat kumbang maupun lewat angin yang meniup nya.

Bunga ini pula memiliki gradasi warna yang sangat pekat dan kental sehingga dapat menarik atensi segala orang yang memandang.

Tulip memiliki bahasa Latin yakni Tulipa yang yakni salah satu nama buat 100 spesies genus tumbuhan berbunga yang tercantum pula ke dalam familly Liliaceae.

Tulip yakni tumbuhan berumbi yang tingginya antara 10–70 cm, daunnya berlilin, berbentuk kecil dan memanjang serta bercorak hijau nuansa kebiru- biruan, memiliki bentuk bunga yang unik dan berukuran besar serta terdiri dari 6 helai daun mahkota.

Baca Juga:  Cara Mencangkok Pohon Alpukat Untuk Pemula (Sukses)

Namun Tulip yang yakni hasil persilangan menghasilkan bunga bercorak tunggal yakni merah, oranye, kuning, hijau, biru, ungu, maupun berbagai bermacam kombinasi dan gradasi warna yang lain.

Tulip menghasilkan biji- biji umbi umbian dengan bentuk bundar pipih yang dibungkus kapsul kering. Bunga tulip ini berasal dari


Langkah Cara Tanam Bibit Bunga Tulip

Ada 2 tahap sangat berarti apabila ingin sukses menanam tulip di hawa tropis, yakni bagaikan berikut ini:


  • Proses Mendinginkan maupun Cold Treatment

Tulip ini biasanya ditanam kala cuaca dingin, sampai di wilayah Indonesia yang tidak menguasai masa salju, perlu dicoba cold treatment( perlakuan dingin) terhadap umbi- umbi tulip yang ingin ditanam.

Cold treatment yang dimaksudkan disini yakni dengan salah satu tata cara menyimpan bulb maupun umbi tersebut di dalam kulkas.

Proses Menanam biar akar dengan sehat :

    • Cuci bersih umbi tulip, keringkan setelah itu bungkus umbi tulip dengan plastik.
    • Masukkan kedalam freezer maupun kulkas.
    • Atur temperatur pendinginnya atara 1, 8– 12°C.
    • Biarkan umbi tulip ini tetap didalam pendingin sejauh dekat 1, 5– 4 bulan.
    • Jauhkan penyimpanan umbi dari buah- buahan yang lain.
    • Check secara tertib buat membersihkan umbi apabila berjamur.
    • Biasanya umbi hendak mencuat tunas sehabis 1, 5 bulan keatas( meski ini tidak tetap terjalin). Baik mencuat tunas ataupun tidak, apabila sudah mencapai 2 bulan lebih umbi boleh dikeluarkan buat ditanam.

  • Proses Media Tanam Bunga Tulip

Lebih baik apabila terletak didataran besar maupun di daerah pegunungan dengan temperatur yang dingin.

    • Tanahnya gembur.
    • Dekat dengan sumber air.
    • Jauh dari tepi laut biar tidak terkena aerosol air asin.
    • Mempunyai cukup aspek hara.
    • pH tanah normal( antara 5, 5– 7, 5).

Buat kalian yang terletak di dataran rendah dengan salah satu temperatur hawa yang cenderung panas kalian bisa menyiasatinya dengan sebagian tata cara semacam berikut ini:

Tanamlah umbi bunga tulip pada tempat yang teduh( rindang) dan tenang( bebas dari hembusan angin kencang).

Gunakan air penyiram otomatis yang disetel aka menyemprot aerosol( kabut air) masing- masing 20– 40 menit sekali.Mengenai ini hendak mendinginkan temperatur hawa di dekat.

Buatlah sesuatu air mancur maupun kolam mengalir didekat posisi tanam yang bisa menyerap temperatur hawa dekat serta menaikkan kelembaban zona dekat.

  • Proses Menanam Bunga Tulip

Menanam umbi tulip cukup dengan dekat 2- 3 cm saja dari permukaan media tanam yang digunakan.Di luar negeri bunga tulip ditanam hingga 10 cm di dasar permukaan tanah buat menghindari temperatur yang sangat ekstrim kala masa salju tiba.

Lebih baik mengenakan media tanam yang telah dicampur dengan kompos.

Dikala saat sebelum meletakkan umbi tulip, mengadakan selapis tipis pasir kasar pada sesuatu media tanam setelah itu letakkan umbinya. Mengenai ini hendak membuat umbi lebih sejuk.

Perhatikan drainase wadah yang digunakan buat menanam tulip. Pada dasarnya wadah harus memiliki lubang di dasar biar air yang kelewatan bisa keluar. Umbi tulip sangat rentan busuk.

Menyiram umbi tulip ini sebaiknya jangan dari atas biar tidak langsung kena umbi tulip.

Baca Juga:  Jenis-Jenis Bunga Kertas : Cara Menanam Dan Merawatnya

Sebaiknya rendam bagian sangat dasar pot yang berlubang ke wadah berisi air sejauh 2- 3 menit, air hendak merembes masuk ke media tanam dari dasar dan langsung kena pangkal.Mengenai ini meminimalisir efek umbi busuk.


Perawatan Tanaman Tulip


  • Penyiraman

Apabila umbi bunga tulip ini sudah tumbuh sampai kalian bisa pula melakukan penyiraman secara berkala. Bunga tulip ini tidak boleh sangat sering disiram mengingat lokasinya sendiri sudah sejuk maupun dingin sampai otomatis penguapan air pula tidak sangat kilat.

Bunga tulip malah hendak malah membusuk pada akarnya apabila kelewatan disirami.

Apabila kalian menanam bunga tulip dimusim hujan, sampai kalian harus membuat saluran drainase yang baik biar nantinya air yang terserap ditanah kilat tuntas dan tidak menggenang.

Buatlah banyak parit disekeliling lahan tanamnya buat dapat mengalirkan air berlebih.

  • Penyiangan Lahan

Lahan yang ditanami bunga tulip perlu buat disiangi secara berkala. Kalian bisa melakukan penyiangan sebulan sekali saja buat menjauhi tumbuhnya gulma sangat lebat yang dapat mencuri nutrisi tanah dan menghalangi masuknya cahaya matahari ke dasar tanah.

  • Penyejukan Posisi Tanam

Buat yang menanam di dataran besar sampai lokasinya sudah cenderung sejuk sepanjang hari.

Buat yang menanam di daerah dataran rendah di Indonesia yang suhunya tentu tidak sedingin di daerah pegunungan dan terlebih cenderung panas,perlu manambahkan suatu perlakuan istimewa berupa penyejukan.

Tidak cuma dengan menanam bunga tulip di posisi teduh maupun rindang, kalian bisa membuat sesuatu sistem penyiram otomatis yang hendak menyemprotkan aerosol masing- masing 15 menit sekali.

Mengenai ini hendak mendinginkan temperatur hawa dekat. Kalian pula bisa membuat air mancur didekat tanaman bunga tersebut sehingga temperatur hawa dekat tanaman bunga pula jadi lebih dingin dan tidak kering.

  • Perawatan Masa Berbunga

Kondisikan biar bunga tulip ini tetap sejuk dan dingin sebagaimana yang sudah dipaparkan diatas.

Semprotkan ZPT auxin buat merangsang munculnya bunga.

Penyemprotan auxin dicoba pagi hari biar lekas terserap tanaman dengan mendengarkan dosis yang tertera di label.

Cara Menanam Bunga Tulip Sukses


Masa Panen Bunga Tulip

Sehabis dirawat sejauh 8 bulan, tanaman yang sudah Kalian tanam hendak mulai berbunga. Terdapat pula buat merangsang pembungaan, taruh, tanaman ini dibawah sinar matahari pagi sejauh 1 jam.

Kebalikannya apabila ditanam dilahan, pemberian naungan berupa rumah jaring diperlukan buat mengurangi penguapan disaat siang hari.

Bunga tulip ini hendak mekar sejauh 3 minggu dikala saat sebelum akhirnya mahkota bunganya jadi rontok.

Pada masa dikala saat sebelum mahkotanya jadi rontok inilah, bunga tulip sebaiknya lekas dipotong, diawetkan, maupun pula langsung lekas dijual. Buat mengidentifikasi gimana tata cara mengawetkan bunga tulip potong.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Bunga Tulip, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.