Cara Menanam Bunga Telang Dan Perawatannya

3 min read

Cara Menanam Bunga Telang Dan Perawatannya

Cara Menanam Bunga Telang Dan Perawatannya – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Bunga Telang . Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Menanam Bunga Telang Dan Perawatannya


Bunga telang memiliki nama ilmiah Clitoria ernatea yang yakni salah satu jenis dari tanaman liar merambat dan yakni anggota dari suku polong- polongan.

Bunga telang sendiri yakni bunga yang dini mulanya berasal dari Asiatropis dan telah menyebar ke daerah tropika.

Bertepatan dengan berkembangnya masa perdagangan dan IPTEK di bidang pertanian dan tanaman sampai bunga telang tidak hanya terdapat di Indonesia tetapi pula dapat ditanam di Indonesia.

Terdapat pula ciri utama dari bunga telang yang terletak pada warna dan bentuk bunganya, bunga telang memiliki warna biru terang walaupun tidak tidak kerap kita pula menjumpai bunga telang bercorak putih.

Biasanya bunga telang digunakan bagaikan bahan pewarna santapan ataupun sirup dengan berbagai rasa karena warna biru yang dihasilkan oleh bunga ini yang secara alami menarik banyak atensi orang.

Tidak hanya warnanya saja yang membuat bunga telang menarik berbeda apabila kalian memandang Tata cara Budidaya Entok Pedaging, isi zat yang ada pada bunga telang telah jadi tenaga tariknya tertentu.

Ciri khas bunga telang ini ialah biru terang. Oleh sebab itu orang pula memberinya nama lain dengan sebutan si‘ bunga biru.’

Bentuknya unik, mirip peralatan kelamin perempuan. Nama ilmiahnya clitoria ternatea L. Diucap pula bunga teleng, bunga telang maupun bunga talang/ bisi.

Bunga tersebut dikira berasal dari Indonesia asli dan Malaysia. Meski sebagian berpendapat apabila sebelumnya bunga ini telah ada di wilayah Amerika, Afrika dan Australia.

Di negeri jiran populer dimanfaatkan bagaikan pewarna santapan pada nasi kerabu. Apabila di tanah air ini mirip nasi uduk.

Di Thailand, biasa digunakan buat bahan campuran minuman. Setelah itu adapula kue manis terbuat dari ketan yang diwarnai dengan bunga ini.

Tanaman ini bisa ditemui di pekarangan rumah. Hawa tropis ialah temperatur kesukaan mereka tumbuh baik.

Banyak mempunyai zat: Fenol, delphirridin, triglucoside, alkaloid, flavonoid, saponin, sulfur dan ca- oksalat.

Dan tampaknya tidak hanya bermanfaat di bidang kuliner saja, tetapi buat kesehatan pula bermanfaat.

Antara lain:

  • Buat memperlancar buang air seni
  • Detoksifikasi pencernaan sekaligus melindungi kulit, apabila diminum bagaikan teh
  • Buat obat bisul maupun jerawat pada mengkonsumsi luar, dengan tata cara dibalurkan pada kulit yang terinfeksi
  • Membersihkan sekaligus menjernihkan mata debngan air rendaman bunga ini
  • Ramuan yang diminum buat penderita bronchitis
Baca Juga:  Cara Menanam Terong Hijau Di Polybag

Tumbuhan tersebut sangat sering bisa ditemui di daerah- wilayah dekat pematang sawah maupun kebun. Tumbuh produktif pada tanah lembap dan netral.

Banyak pula dimanfaatkan bagaikan tanaman pagar. Tata cara tumbuhnya dengan merambat. Sangat mempesona dan indah apabila digunakan bagaikan tanaman hias.

Banyak sekali orang malah mencari bunga telang tidak cuma karena keindahannya malah karena kandungan zat penting yang ada padanya.

Mereka komsumsi bunga telang dengan menjadikannya bagaikan the ataupun sirup, terlebih ada pula yang menjadikannya bagaikan selai ataupun bahan campuran pembuatan roti.

Tidak cuma itu bunga telang memiliki keelokan yang luar biasa apabila kalian mampu menanamnya dan menjadikannya bagaikan bahan riasan ruang ataupun taman.

Buat kalian yang penasaran dengan gimana tata cara menanam bunga telang, berikut kami sampaikan tata cara yang mudah dan praktis.


Langkah Tepat Cara Menanam Bunga Telang


  • Benih Bunga Telang

Langkah dini dalam tata cara menanam bunga telang yakni mempersiapkan benih bunga telang.

Buat mempersiapkan benih kalian bisa membelinya di berbagai toko benih secara langsung, maupun buat kalian yang ingin lebih praktis kalian bisa membelinya di toko online dan berikut yakni penjelasannya:

Dini memilah benih bunga telang yang bermutu dan memiliki kelayakan tanam. Buat itu kalian pula perlu memandang review toko ataupun bertanya pada penjualnya mengenai bibit bunga yang ingin kalian beli.

Sehabis itu lakukan pengecekkan terlebih dahulu, perhatikan kondisi benih yang kalian beli.

Pastikan jika benih terbungkus dengan apik dalam kondisi yang kering dan terbungkus apik.

Sehabis itu buka bungkusnya dan sediakan air bersih dalam wadah berupa mangkuk dan tuangkan benihnya ke dalam mangkuk berisi air.

Buat mengidentifikasi benih layak di tanam, rendam benh sejauh kurang lebih 3 hingga 5 menit. Perhatikan apabila ada benih yang mengapung sampai singkirkan dari wadah.

Sehabis itu, rendam kembali benih yang masih terendam di dalam air dan dalam kondisi tenggelam.

Rendam benih sejauh 12 jam, ini berfungsi buat menghentikan proses dolmansi pada benih biar lebih mudah bertunas.

  • Bibit Bunga Telang

Sehabis kalian mempersiapkan benih bunga telang dengan baik, saatnya kalian melakukan langkah berikutnya dalam tata cara menanam bunga telang.

Langkah berikutnya yakni pembibitan yang berbeda apabila kalian memandang Tata cara Budidaya Gurame di Kolam Tanah, dimana kalian menanam benih bunga telang pada media semai hingga menghasilkan bibit bunga telang yang bermutu baik:

Baca Juga:  Manfaat Daun Pandan

Buang air pada mangkuk berisi benih bunga telang dan simpan terlebih dahulu pada temperatur yang normal berkisar antara 230c hingga 250c.

Setalah itu siapkan peralatan dan bahan yang berarti buat melakukan proses penyemaian, antara lain tray maupun kalian bisa mengenakan polybag berukuran lagi.

Sediakan pula tanah humus dan pupuk kandang ataupun kompos. Sebisa dapat jadi hindari konsumsi pupuk kimia karena dapat mengusik tekstur dan nutrisi pada tanah.

Campurkan tanah humus dan pupuk dengan perbandingan 2: 1 dan masukkan ke dalam wadah berupa tray semai ataupun polybag.

Angin- anginkan benih yang telah kalian simpan sebelumnya terlebih dahulu setelah itu tabur secara merata pada media semai.

Lembabkan tanah pada media semai mengenakan tata metode sprai. Lakukan penyiraman hingga tanaman benih bertunas dan jadi bibit dengan ketinggian dekat 5cm.

Biasanya kecambah pada benih bunga telang hendak mencuat disaat 1 hingga 2 minggu sehabis masa semai. Biarkan sejauh 5 minggu sampai kecambah hendak jadi bibit yang siap di tanam di media tanam.

Cara Menanam Bunga Telang Dan Perawatannya


Perawatan Bunga Telang

Sehabis benih tumbuh jadi bibit dan siap buat ditanam, berikut yakni langkah memindahkan bibit dan melindungi bunga telang dalam tata cara menanam bunga telang.

Dini kalian harus memindahkan bibit, kalian bisa memindahkannya di dalam pot ataupun di pekarangan, berikut penjelasannya:

Caranya sangat mudah kalian hanya perlu mengisi pot dengan tanah yang dicampur dengan pupuk dan pasir berbanding 2: 1: 1.

Apabila kalian ingin menanamnya di pekarangan sampai kalian hanya perlu langsung menanamnya begitu saja sehabis kalian melakukan proses penggemburan tanah dan pemupukan.

Sehabis kalian membuat media tanam yang cocok, jangan kurang ingat buat menancapkan pancang berupa kayu ataupun besi dengan ketinggian dekat 30 hingga 50 cm.

Mengenai ini sangat berarti buat melindungi biar bunga telang mampu tumbuh kokoh dan tidak mengusik bentuknya.

Buat melindungi bunga telang sangat mudah dan murah, kalian hanya perlu menyiramnya dengan air dan melakukan pemupukan lanjutan masing- masing 2 hingga 3 minggu sekali.

Lakukan pula pemangkasan dan penyiangan buat melindungi kebersihan bunga telang.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Bunga Telang , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.