Cara Menanam Bunga Sepatu

3 min read

Cara Menanam Bunga Sepatu

Cara Menanam Bunga Sepatu – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Bunga Sepatu. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Menanam Bunga Sepatu


Bunga Kembang Sepatu ini diketahui pula dengan sebutan ilmiah ialah Hibiscus rosa-sinensis L. Bunga sepatu ialah salah satu tumbuhan semak yang digolongkan ke dalam suku Malvaceae.

Konon bunga menawan ini berasal dari tanah Asia Timur. Sebagai tumbuhan hias, bisa ditemukan bunga kembang sepatu dalam bermacam corak, mulai dari merah muda sampai, ungu sampai merah tua.

Bunga tumbuhan ini terdiri atas sebagian daun kelopak pula kelopak tambahan ataupun epicalyx. Bagian mahkota bunganya sebanyak 5 lembar.

Tangkai putiknya mirip dengan silinder yang memanjang serta dikelilingi oleh tangkai sari oval. Tumbuhan kembang sepatu ini pula dapat mencapai ketinggian hampir 2 sampai 5 m.

Tidak hanya hiasan, tumbuhan ini menyamai dengan bunga seragam terompet ini pula nyatanya ditanam bagaikan herbal obat. Kembang sepatu ini pula hidup pada negara beriklim tropis serta sub tropis.

Kembang sepatu ini tidak bisa ditemui pada suatu negara yang beriklim dingin sebab itu bukan tempatnya.

Dengan kata lain kalau banyak kembang sepatu tidak dapat ditemui pada sembarangan dari beberapa negara.


Ciri Fisik Bunga kembang Sepatu

Lemon

Ciri-cirinya ialah mempunyai corak engna campuran antara kuning lembut yang bercampur putih.

Reva

Ciri-cirinya ialah mempunyai corak merah bercampur dengan orange. Mempunyai kelopak yang besar serta tidak gampang rontok bunganya.

Blue Berry

Ciri-cirinya ialah mempunyai corak ungu semacam corak blue berry. Corak unggu pada blue berry ini tercantum corak ungu yang sangat jarang.

Cute canyon

Ciri-cirinya ialah mempunyai corak merah muda yang lembut.

Baca Juga:  Cara Merawat Bunga Sepatu

Manfaat Bunga Sepatu Untuk Kesehatan Serta Kecantikan

  • Menyembuhkan demam tinggi.
  • Menyembuhkan batuk serta sariawan.
  • Menyembuhkan bronkitis.
  • Menyembuhkan penyakit Gonorrhea.
  • Menyembuhkan gondokan.
  • Menyembuhkan sakit kepala.
  • Mengeluarkan toksin.
  • Melindungi kesehatan kulit.
  • Menyembuhkan pilek.
  • Merendahkan berat tubuh.
  • Menyembuhkan rasa perih pada PMS.
  • Menaikkan Energi.

Jenis-Jenis Tumbuhan Kembang Sepatu

Kembang Sepatu Albus

Bunga sepatu tipe ini mempunyai corak putih bersih dan pula mempunyai mahkota tunggal. Tipe bunga ini sangat banyak di tanam pada wilayah yang tropis pada dataran rendah sampai besar.

Kembang Sepatu CV-Natal

Varietas bunga sepatu ini sangat banyak di budidayakan di Natal (Afrika Selatan). Ciri bunga ini bercorak putih serta pula mempunyai corak merah tua pada bagian tengah kelopak bunga.

Bunga Sepatu Plenus

Bunga sepatu ini mempunyai banyak kelopak bunga yang unik semacam bunga mawar.

Corak merah muda serta mempunyai diameter hampir 10 centimeter ini kerap pula diucap bagaikan bunga Tiongkok. Bunga sepatu plenus pula mempunyai corak lain ialah merah hitam.

Bunga Sepatu Schizopelatus

Tipe bunga sepatu ini pula mempunyai sebagian ciri tangkai bunga yang mirip semacam lentera dan berupa panjang.

Metode menanam kembang sepatu pada tipe ini biasanya memakai tata cara stek batang.

Cara Menanam Bunga Sepatu


Langkah-Langkah Menanam Kembang Sepatu Di Pot

Tentukan cuaca penanaman

Kembang sepatu merupakan bunga semak yang bisa hidup sampai lebih dari 40 tahun lamanya.

Tumbuhan ini memanglah tercantum tumbuhan yang kuat, tetapi wajib diingat kalau tumbuhan ini tidak tahan wilayah bersuhu sangat dingin.

Dia cuma bisa berkembang pada wilayah bersuhu 15–32°C. Jadi hendaknya, jangan pernah mengawali penanaman dikala masa dingin.

Siapkan media tanam

Media tanam berbentuk wadah pot yang berisi kombinasi tanah serta pupuk rendah fosfor serta besar kalium.

Kembang sepatu pada dasarnya menggemari tanah yang asam. Apabila pH tanah sangat basa, maka tambahkan tanah gambut yang berasal dari lumut.

Penanaman benih kembang sepatu

Lubangi media tanam sedalam 1–2 centimeter. Masukkan benih kembang sepatu secara perlahan ke dalam lubang kemudian tutupi kembali dengan tanah tipis-tipis.

Sehabis penanaman, Kamu perlu melaksanakan perawatan paling utama di awal-awal masa pertumbuhannya.

Perawatan kembang sepatu tidak susah, kurang lebih sama dengan perawatan tumbuhan bunga yang lain.

Baca Juga:  Menanam Kiwi Di Dataran Rendah

Penyiraman serta pemupukan

Pastikan kalau tumbuhan kembang sepatu Kamu senantiasa dalam kondisi lembab. Siramlah secara teratur tanpa buatnya basah kuyup.

Tanah yang kering dikala matahari bersinar begitu terik bisa membuat tumbuhan kembang sepatu yang Kamu tanam mati lambat- aun saat sebelum tiba umur tua.

Buat nutrisi pupuk, dapat diberikan pupuk kompos ataupun NPK secara berkala.

Pengendalian hama serta gulma.

Hama ialah musuh dari tiap tumbuhan. Bila Kamu mengalami daun kembang sepatu Kamu busuk serta berbintik-bintik,maka lekas ambil aksi menyemprot tumbuhan dengan insektisida.

Setelah itu, bila ada banyak rumput liar di dekat tumbuhan kembang sepatu Kamu, maka lekas cabuti rumput liar tersebut.

Ataupun tambahkan susunan mulsa pada permukaan tumbuhan kembang sepatu buat membatasi tumbuhnya rumput liar. Tidak hanya itu, mulsa pula bisa melindungi kelembaban tanah tanaman.

Pemangkasan

Pemangkasan dicoba buat melindungi supaya tumbuhan Kamu senantiasa nampak apik serta tidak kacau balau.

Tidak hanya itu, pemangkasan pada ranting ataupun dahan pula bisa memacu timbulnya bunga lebih banyak lagi.

Bila Kamu mengalami terdapat bagian tumbuhan Kamu rusak ataupun mati, segeralah pangkas ataupun potong bagian tersebut, dengan begitu, tunas baru hendak terpancing buat bermunculan.

Panen

Sehabis lewat proses yang panjang dari kala masih terletak di dalam bibit sampai tumbuhan bunga sepatu telah bermekaran, kamu bisa dapat menikmati keelokan dari pesonanya.

Apabila kamu hendak memakai bunga sepatu buat keperluan penjualan, maka kamu bisa memanennya secara hati-hati, jangan sampai mengganggu tanamannya.

Tetapi apabila kamu cuma hanya buat tumbuhan hias, maka kamu wajib terus memantau baik perawatannya serta upayakan supaya senantiasa bebas dari serbuan hama pengganggu yang tiba.

Bunga sepatu hendak berbunga sepanjang beberapa bulan.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Bunga Sepatu, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.